Hati-Hati Ditegur Atasan, Kenali Stres Kerja pada Karyawan

Penulis: Alifenda Irodatu Juniorusis

Editor: Ella Dyan Septianing Tyas

Stres kerja adalah kondisi yang dialami karyawan ketika mendapat tekanan pekerjaan. Keadaan ini ditandai dengan pikiran yang kalut dan fisik yang mudah lelah.

Stres kerja dapat menimbulkan penurunan performa kerja. Keadaan ini akan berakibat fatal terhadap kelanjutan Anda di perusahaan. Atasan akan menegur Anda karena banyaknya tugas yang tidak terselesaikan. Padahal sikap profesional harus Anda lakukan di pekerjaan.

Oleh karena itu, ketahuilah penyebab dan cara mengatasi stres kerja. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Penyebab Stres Kerja

Stres dalam kerja bisa karena beberapa faktor. Umumnya ada 4 (empat) penyebabnya seperti di bawah ini:

1. Jam Kerja yang Berlebihan

Jam kerja yang berlebihan membuat karyawan hanya memiliki sedikit waktu untuk menikmati hidupnya. Hal ini membuat mereka mudah merasa burnout

Baca juga

2. Masalah Dengan Rekan Kerja

Memilih rekan kerja tidak semudah yang kita bayangkan. Tak jarang mereka merasa tidak cocok dengan rekan kerjanya. Ketidak cocokan ini sangat rentan menimbulkan masalah antar pegawai dan menimbulkan stres kerja.

3. Lingkungan Kerja yang tidak Harmonis

Terkadang, seseorang berada di lingkungan kerja dengan kompetisi yang tidak sehat membuat lingkungan kerja tersebut menjadi tidak nyaman. 

Seringkali, stres kerja adalah akibat dari lingkungan kerja yang tidak sehat. Seseorang merasa tidak enak untuk berbincang dengan rekan kerjanya. Tentunya hal ini berpeluang meningkatkan stres kerja.

4. Atasan yang tidak Suportif

Dukungan dari atasan adalah “suntikan” semangat bagi karyawan. Mereka akan menjalankan tugasnya tanpa beban sehingga mudah untuk diselesaikan.

Karyawan membutuhkan atasan yang selalu memberikan masukan yang positif terhadap pekerjaannya. Selain itu, atasan yang baik adalah yang selalu mengapresiasi tiap kerjaan karyawannya. Hal ini akan meningkatkan semangat bekerja karyawan karena adanya rasa saling menghargai.

Mengatasi Stres Kerja

Jika terlihat beberapa faktor di atas, segera atasi stres kerja tersebut dengan menggunakan cara-cara ini:

1. Hindari Stres Dalam Bekerja Dengan Mengatur Waktu Sebaik Mungkin 

Cara yang dapat anda lakukan untuk belajar mengelola waktu adalah dengan tidak menunda pekerjaan. Selain itu, hindari juga menumpuk pekerjaan di akhir pekan.

Selesaikan pekerjaan anda sesegera mungkin dan sisihkan waktu di akhir pekan untuk melakukan olahraga dan berlibur dengan orang terdekat.

2. Bicara dengan Orang yang Dipercaya

Dalam lingkup kantor, HRD adalah orang yang Anda percaya. Dia menjadi jembatan atas permasalahan Anda di kantor. Jangan pendam permasalahan kantor sendiri. Hal itu akan berdampak kepada diri sendiri dan orang lain.

Dengan melakukan ini, Anda akan mendapat solusi dari masalah tersebut. Di samping itu juga, bercerita juga membuat anda tidak merasa sendirian.

3. Ambil Waktu Cuti Untuk Mengurangi Stres Kerja

Perusahaan memberikan hak cuti pada tiap karyawan. Itu adalah peluang yang harus diambil untuk mengurangi stres selama bekerja.

Cuti ini dapat Anda manfaatkan untuk berlibur dengan kerabat dan atau beristirahat. Dengan melakukan itu, Anda kembali siap untuk bekerja karena pikiran yang sudah lebih segar.

Hindari Stres Mencari Karyawan Dengan Aikrut.id!

Sebagai HRD bukan hal yang mudah untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas. Mungkin Anda sudah menemukan kandidat yang tepat, tetapi tidak sesuai budget perusahaan atau alasan lainnya. Tentunya hal ini akan membuat HRD merasa cemas karena tak kunjung mendapatkan karyawan yang dibutuhkan.

Dengan demikian Aikrut hadir untuk membantu para HRD di perusahaan agar lebih mudah mencari karyawan. Dengan berteknologi artificial intelligence (AI), perusahaan Anda terbantu dalam memilih kandidat yang sesuai dengan kriteria dan kebutuhan perusahaan Anda.

Sumber:

http://repository.unimus.ac.id/1850/3/BAB%20II.pdf

http://kompetensi.info/kompetensi-kerja/defisnisi-kategori-dan-faktor-penyebab-dari-stres-kerja.html