side job untuk karyawan | aikrut

Patut Dicoba, Ini 5 Side Job untuk Karyawan Paling Mudah

Penulis: Alifenda Irodatu Juniorusis

Editor: Ella Dyan Septianing Tyas

side job untuk karyawan | aikrut

Terkadang bekerja kantoran sangat melelahkan karena waktu yang tetap. Akan tetapi disisi lagi Anda mendapatkan gaji yang tidak mencukupi kebutuhan hidup. Dengan demikian, Anda perlu mempertimbangkan pekerjaan side job untuk karyawan.

Penghasilan dari pekerjaan sampingan ini dapat menjadi tabungan Anda. Berikut ini side job yang kamu rekomendasikan untuk Anda meskipun telah memiliki pekerjaan tetap.

Job Side untuk Karyawan Menjadi Pengemudi Ojek Online

Jasa transportasi online menjadi bidang pekerjaan yang menarik selama beberapa tahun terakhir. Gojek, Grab, dan Uber, mereka adalah pionir jasa ojek online di Indonesia.

Menjadi driver ojek online merupakan salah satu side job untuk karyawan yang patut Anda coba. Pekerjaan sampingan ini tidak perlu meluangkan waktu khusus dalam bekerja. Hal itu karena pengemudi ojek online bisa bekerja dengan waktu yang Anda tentukan sendiri.

Persyaratan menjadi driver ojek online juga relatif mudah. Anda hanya perlu menyiapkan kendaraan yang layak, Surat Izin Mengemudi (SIM) dan pemberkasan penting lainnya. Dengan menjadi driver ojek online, Anda berpeluang memperoleh penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah tiap bulannya.

Menarik bukan?

Fotografer

Punya hobi mengabadikan momen tertentu dengan profesional? Side job untuk karyawan ini dapat Anda lakukan sembari melanjutkan kegemaran Anda.

Sejatinya, fotografi memiliki beragam jenis seperti wedding photography, food photography dan lain sebagainya. Seluruh jenis tersebut dapat menjadi side job yang menjanjikan. Hal itu sejalan dengan kebutuhannya yang terus meningkat.

Mungkin pekerjaan sampingan ini tidak ada setiap saat. Namun percayalah, jasa ini selalu dibutuhkan oleh setiap orang pada momen-momen tertentu.

Tidak hanya itu, Anda dapat menjual karya tersebut kepada kolektor foto. Anda dapat menjualnya di beberapa situs seperti salah satunya adalah Shutterstock.

Event Organizer

Sama seperti Fotografer, side job untuk karyawan ini akan berguna pada acara tertentu seperti pernikahan. Tak terbatas hanya itu saja, Anda mungkin dapat menawarkan jasa ini kepada orang-orang yang membutuhkan jasa pembuatan acara yang profesional.

Klien Anda akan mempercayai acaranya terselenggara dengan baik. Mereka percaya bahwa Event Organizer mampu merealisasikan acara yang baik dan terkendali. Hal itu karena menggunakan jasa ini banyak menguntungkan para klien.

Dalam menjalankannya, Anda mungkin membutuhkan tenaga orang lain. Dengan demikian side job untuk karyawan ini memungkinkan Anda untuk membangun lapangan kerja bagi jobseeker yang sedang mencari pekerjaan.

Penulis Lepas

Menulis adalah kemampuan dasar yang hampir setiap orang memilikinya. Hanya saja yang membedakan adalah gaya cara mereka dalam menyampaikan ide kepada pembaca. Selain itu menjadi penulis lepas dapat mengerjakan tugasnya kapanpun dan dimanapun sehingga cocok menjadi side job bagi karyawan.

Menjadi penulis lepas dimulai dari menulis blog pribadi. Namun, apabila Anda merasa sudah memiliki kemampuan menulis yang cukup, Anda dapat mendaftar menjadi pekerja lepas di beberapa portal online

Kemampuan ini dapat mengantarkan Anda menjadi Editor. Dengan demikian Anda mendapatkan kepercayaan untuk menulis beberapa karya tulis lainnya.

Bisnis Toko Online

Dengan maraknya fenomena jual-beli online, Anda dapat menyalurkan jiwa “wirausaha” Anda dengan berdagang. Ada banyak marketplace yang dapat Anda gunakan antara lain Facebook, Instagram, Shopee, dan Tokopedia. Dengan demikian pekerjaan ini dapat menjadi side job Anda. 

Akan tetapi, ada beberapa hal yang menjadi perhatian penting yaitu seperti modal yang tidak sedikit dan memastikan produk yang Anda jual.

Side job untuk karyawan ini mengabaikan jarak antara penjual dan pembeli. Dengan demikian, Anda perlu memperhatikan persaingan yang marak bermunculan. Oleh karena itu lakukanlah riset pasar yang baik agar dapat menghasilkan barang jualan yang berbeda dengan kompetitor Anda.

Mana Job Side untuk Karyawan yang Cocok?

Tidak salahnya memiliki job side selagi tidak meninggalkan tugas utama sebagai karyawan. Namun tidak semua job side sesuai dengan kepribadian Anda.

Untuk itu, Mintalah HRD perusahaan Anda melakukan pengecekan berkala terhadap potensi Anda menggunakan Aikrut.

Kepribadian Anda akan dianalisa menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) pada beberapa fitur. HRD akan membantu Anda memilih job side yang sesuai.

Tentang Penulis

Admin Aikrut