ramah lingkungan di kantor | aikrut

Cara Menerapkan Ramah Lingkungan di Kantor yang Praktis

ramah lingkungan di kantor | aikrut

Gaya hidup yang kita miliki mempengaruhi kesehatan diri sendiri dan orang lain. Gaya hidup ini juga banyak diadopsi orang-orang dalam perkantoran dan dunia kerja. Oleh karena itu ramah lingkungan di kantor adalah hal yang perlu menjadi perhatian oleh para pekerja.

Menerapkan gaya hidup sehat bukan karena keterbatasan biaya, hal ini dapat dijalankan untuk meningkatkan produktivitas kerja yang lebih baik. Jika Anda dan rekan kerja sama-sama berkomitmen untuk menjaga lingkungan, maka kalian dapat merasakan dampak positifnya.

Menurut penelitian luar negeri dalam situs Forbes. mengatakan bahwa, sebanyak 15% karyawan mengalami peningkatan produktivitas kerja. Bahkan sebanyak 26% karyawan berhasil meningkatkan fungsi kognitifnya.

Lalu, apa saja hal-hal yang perlu Anda siapkan saat memulainya? Cari tahu pada bacaan ini.

1. Hindari Penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM)

Salah alternatif lain yang dapat Anda coba adalah bisa mencoba untuk menggunakan sepeda atau berjalan kaki. Terdapat alternatif lain ketika Anda berusaha menerapkan ramah lingkungan di kantor. Namun pemilihan itu disesuaikan dengan kondisi Anda saat ini.

Jika Anda bertempat tinggal yang dekat dengan kantor, cobalah untuk menerapkan cara ini. Namun jika lokasinya jauh, maka transportasi umum bisa jadi solusi dalam menerapkan ramah lingkungan di kantor.

Mungkin beberapa karyawan merasa bahwa ini susah untuk dilakukan. Jika sudah demikian, Anda tidak perlu memaksanya. Lakukanlah yang menurut Anda bisa berdampak baik untuk diri sendiri dan orang lain.

Kami yakin, orang-orang akan meniru kebiasaan baik jika hal itu telah terbukti.

2. Memanfaatkan Tanaman untuk Ramah Lingkungan di Kantor

Cobalah menambah tanaman yang ada di dalam dan luar kantor. Fungsinya adalah untuk menambah ketenangan bekerja.

Jika Anda menanam tanaman dalam ruangan, maka rawatlah dengan baik dan berikan pupuk dan air sesuai dengan jadwalnya.

Memiliki tanaman dalam ruangan punya manfaat tersendiri. Beberapa jenis tumbuhan bahkan bisa menurunkan resiko alergi dan batuk pilek.

Selain itu, menurut artikel Alodokter, tanaman-tanaman tersebut dapat menjadi aromaterapi alami. Maka dari itu Anda tidak perlu menyemprotkan pengharum ruangan untuk menenangkan pikiran karena tanaman bisa menciptakan ramah lingkungan pada ruangan kantor Anda.

3. Paperless

Dulu mengurangi penggunaan kertas di kantor adalah hal yang mustahil. Namun saat ini hal tersebut adalah salah satu keharusan untuk menjaga lingkungan yang bersih dan nyaman. Perkembangan teknologi memberikan kemudahan segala aktivitas sehingga kini banyak pekerjaan yang menggunakan gawai, tanpa harus menggunakan kertas lagi.

Selain itu, internet juga memberikan kemudahan untuk melakukan perpindahan data antar pekerja.

Bahkan hal-hal yang krusial seperti tanda tangan pun dapat dilakukan secara digital. Gaya hidup Paperless memungkinkan kita untuk menyimpan file dalam gawai dan dapat mengunggahnya ke dalam penyimpanan awan (cloud server).

Kurangi banyak mencatat menggunakan kertas. Cobalah untuk beralih menggunakan aplikasi Note di laptop atau smartphone. Selain menghemat kertas, perangkat elektronik itu bisa memberikan notifikasi jika ada acara sesuai dengan jadwal yang Anda buat. Mana yang menguntungkan menurut Anda? Komen di bawah, ya.

Perlu Anda tahu bahwa tidak semua pemberkasan bisa dengan paperless. Semua itu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing divisi dan perusahaan.

Namun tidak serta merta membuat Anda mengalihkan dokumen ke gawai. Hal itu karena terdapat beberapa dokumen-dokumen penting yang harus dicetak untuk keperluan arsip perusahaan seperti surat-surat perusahaan, sertifikat dan lain sebagainya. 

Meskipun demikian, setidaknya Anda telah berusaha untuk mengurangi limbah kertas yang bisa menyebabkan kerusakan alam.

4. Bawa Bekal Dari Rumah

ramah lingkungan di kantor | Aikrut

Cara lain dalam menerapkan ramah lingkungan di kantor adalah membawa makanan dan minuman dari rumah. Selain lebih terjamin dari segi kesehatan dan kebersihan, Anda juga berkontribusi dalam mewujudkan ramah lingkungan di kantor. Hal itu karena Anda mengurangi pembelian makanan dan minum dari luar yang menggunakan plastik untuk penyimpanannya.

Namun bukan berarti Anda tidak boleh membeli makanan dan minuman di luar. Bawa tempat sendiri sehingga Anda tidak perlu lagi membuang sampah plastik yang bisa mencemari lingkungan.

Anda juga dapat meminimalisir penggunaan plastik dengan membawa tas kain. Itu dipilih karena mudah digunakan untuk apa saja dan dapat dicuci kembali.

Ramah Lingkungan di Kantor Mendukung Produktivitas Kerja

Ciptakanlah ruang kerja yang nyaman dengan menerapkan konsep ramah lingkungan.

Namun tidak semata-mata ramah lingkungan di kantor adalah kunci utama produktivitas kerja. Salah satu faktor pendukungnya adalah beban kerja yang Anda lakukan.

Sebagai seorang HRD, tugas Anda pasti lebih banyak karena berkaitan dengan proses rekrutmen. Padahal tahapan ini cukup krusial untuk perusahaan.

Maka dari itu kami hadir untuk membantu proses rekrutmen dengan menggunakan Artificial intelligence (AI). Bersama Aikrut, Anda dapat mengerjakan tugas lain dan proses penyaringan kandidat pun akan sesuai dengan yang diharapkan.

Referensi:

https://glints.com/id/lowongan/kebiasaan-ramah-lingkungan/#.Yt31G3ZBxPZ

https://id.hrnote.asia/orgdevelopment/7-kiat-menerapkan-kantor-ramah-lingkungan-211210/

Tentang Penulis

Ella Dyan Septianing Tyas