peralatan kantor | Aikrut

5+ Perlengkapan & Peralatan Kantor yang Wajib Dimiliki

peralatan kantor | Aikrut

Bekerja tidak hanya mengandalkan otak. Anda perlu dukungan beberapa fasilitas berupa peralatan kantor. Pemilihan perlengkapan itu dapat menunjang keberlangsungan produktivitas Anda.

Dengan demikian, jadikan artikel ini sebagai sumber informasi alat-alat kantor yang disarankan untuk ada di ruangan Anda.

Sebelum lebih jauh, ketahui perbedaan peralatan dan perlengkapan dan kemudian Anda bisa lebih mengetahui apa saja perlengkapan kantor yang harus ada.

Perbedaan Dari Perlengkapan dan Peralatan Kantor

Sekilas mirip, namun keduanya berbeda. Seperti namanya, perlengkapan hanya sebagai penunjang. Maka tak jarang, perlengkapan kantor cenderung berbentuk kecil.

Sederhananya, peralatan adalah kebalikan dari sebelumnya. Bentuknya yang cenderung lebih besar berkaitan dengan fungsinya yang berjangka panjang.

Meskipun berbeda, namun keduanya sama-sama saling mendukung untuk produktivitas kerja Anda. Inilah benda-benda yang disarankan untuk ada.

Peralatan Kantor

Kami awali dengan macam-macam peralatan kantor seperti berikut ini:

1. Meja

Dengan berbagai ukuran dan bahan baku, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Kini meja dapat berguna untuk hiasan ruangan dengan bentuk yang estetik. Jadi, jangan salah dalam memilih meja untuk peralatan kantor Anda.

2. Kursi

Ada meja, pasti ada kursi sebagai pasangannya. Namun untuk perkantoran, umumnya dilengkapi dengan roda yang berfungsi untuk memudahkan pergerakan.

Namun kursi tanpa roda pun juga masih menjadi opsi yang baik. Semua itu tergantung dengan kegunaan dan tentunya biaya yang dikeluarkan.

3. Peralatan Listrik

Ini adalah benda yang harus dipertimbangkan kehadirannya. Pasalnya banyak peralatan kantor yang menggunakan listrik untuk menghidupkannya.

Letakkan alat ini pada tempat-tempat yang mudah dijangkau seperti di bawah meja dan sudut ruangan. Hal itu untuk memudahkan dalam pemakaiannya.

4. Lemari

Lemari memiliki fungsi yang berbeda sehingga bahan bakunya juga berbeda. Maka dari itu pastikan pemilihannya sesuai dengan kebutuhan penyimpanan Anda.

Jika peralatan kantor ini berfungsi untuk menyimpan berkas-berkas yang tebal, maka kami sarankan untuk memilih lemari dengan bahan dasar yang kokoh. Jika untuk menyimpan barang ringan, maka lemari berbahan ringan dan praktis adalah pilihan yang tepat.

5. Pendingin Ruangan

Bisa menggunakan kipas angin atau Air Conditioner (AC). Jika pada ruangan yang cukup besar, gunakan AC dengan Paard Kracht (PK) yang tinggi. Anda bisa tahu informasi tentang PK di sini.

Akan harga Ac cukup menguras isi dompet. Maka dari itu kipas angin blower bisa menjadi alternatif yang tak kalah baik.

6. Peralatan Kantor Berupa LCD Proyektor dan Monitor

Ini memudahkan Anda untuk melakukan presentasi projek bersama tim. Bayangkan jika kantor Anda tidak memiliki ini. Karyawan akan melakukan presentasi secara manual kepada tim-tim lainnya. Cara kuno ini malah menghabiskan banyak tenaga dan waktu.

Perlengkapan untuk Kantor

Benda-benda sederhana ini jadi pilihan yang mendukung produktivitas kerja Anda. Berikut ini benda-bendanya:

1. Kalender

Perlengkapan ini membantu Anda mengingat agenda penting pada kantor. Meskipun smartphone sudah memiliki kalender online, namun kalender ini masih banyak dipakai. Anda bisa memberikan tulisan tangan pada tanggal-tanggal tertentu untuk menandai agenda pada hari tersebut.

Gunakan kalender meja untuk kemudahan Anda dalam mengingat dan memberikan catatan.

2. Alat Tulis

Kecil namun sangat berguna untuk semua orang. Meskipun sudah serba digital, namun mencatat masih jadi kebiasaan banyak karyawan.

Perlengkapan untuk kebutuhan pemberkasan seperti maps, dan lain sebagainya juga sangat perlu. Hal itu karena saat ini semua masih belum bisa sepenuhnya terlaksana secara paperless.

3. Jam Dinding

Karyawan akan mudah mengetahui jam-jam penting bagi dirinya. Daripada sering cek handphone, lebih baik jika ada jam untuk pengingat waktu.

4. Tong sampah

Lingkungan kantor yang bersih akan menambah motivasi dalam bekerja. Maka dari itu, siapkan tong sampah pada sudut-sudut ruangan untuk menyingkirkan sesuatu yang mungkin bisa mengganggu kenyamanan.

Jika perlu sediakan lebih dari satu tong sampah. Hal itu untuk mengurangi kotoran menumpuk dan mengganggu kenyaman karyawan.

5. Pengharum Ruangan

Tidak seberapa penting, namun benda kecil ini bisa membantu terciptanya kenyamanan dalam kerja. Ragam wangi bisa Anda pilih sesuai selera. Saat ini sudah tersedia wangi aromatheraphy yang bisa menghadirkan ketenangan di ruang kerja.

Miliki peralatan dan perlengkapan kantor yang Dibutuhkan

Tidak perlu Anda beli semua pada artikel ini. Belilah seperlunya sesuai dengan kebutuhan. Hal itu karena berkaitan dengan produktivitas kerja Anda

Bicara soal produktivitas, ada faktor lain dalam menciptakannya. Hal itu karena produktivitas akan tercapai jika tidak adanya beban kerja yang berlebihan. Bagi seorang HRD, ini adalah “makanan sehari-hari” Anda. Anda bertugas untuk menyeleksi kandidat yang sesuai dengan keinginan perusahaan.

Untuk mengurangi beban kerja itu, kami adalah solusinya yang Anda butuhkan. Bersama Aikrut, kami bantu untuk menemukan kandidat yang tepat dengan bantuan Artificial Inteligent yang handal.

Pelajari sekarang!

Tentang Penulis

Ella Dyan Septianing Tyas