penyebab mood berubah ubah | aikrut

Waspada Penyebab Mood Berubah Ubah Ini Bagi HRD!

Tiap orang pernah merasakan suasana hati atau mood yang berubah dalam kondisi tertentu. Perubahan itu tidak berdampak baik untuk aktivitas setiap hari. Pahamilah penyebab mood berubah ubah ini agar Anda dapat mewaspadainya.

Sebagai HR, tugas yang menumpuk adalah tugas yang kerap Anda temukan dan rentan mengalami perubahan mood. Apa lagi jika Anda sedang dalam tahapan proses rekrutmen, konsentrasi dan waspada adalah hal yang penting untuk dapat menilai seseorang secara objektif. Penilaian itu bertujuan untuk mendapatkan karyawan yang presisi dengan perusahaan.

Oleh karena itu, wujudkan karyawan yang presisi dengan cara yang tanpa bias dengan menghindari penyebab mood yang berubah ubah berikut ini:

1. Tiga Penyebab Mood Berubah Ubah dari Perempuan

Jika Anda bekerja dalam kondisi hamil dapat memicu meningkatnya perubahan mood Anda yang tidak stabil. Hal itu terjadi Anda sedang mengalami perubahan hormonal.

Penyebab mood berubah ubah pada perempuan yang kedua adalah saat sedang mengalami Sindrom Pramenstruasi (PMS). Selain mood, Anda akan mengalami beberapa kondisi badan yang tidak nyaman untuk Anda bekerja seperti sakit kepala, nyeri pada bagian tertentu, letih, lesu dan lain sebagainya.

Jika hal itu tengah Anda rasakan, pengambilan keputusan terkait calon kandidat dapat tertunda. Hal itu akan mengakibatkan proses rekrutmen menjadi lama dan susah mendapatkan kandidat yang presisi dalam waktu yang sudah ditentukan.

Ada permasalahan lain yang dirasakan oleh perempuan dan mempengaruhi proses rekrutmen, yaitu Menopause. Hal ini akan menimpa oleh seluruh perempuan mulai usia 45 tahun. Namun tidak semua perempuan mengalami menopause di usia tersebut.

Jika demikian, jumlah hormon lebih sedikit daripada perempuan di bawah umur tersebut. Pengurangan hormon terseut menyebabkan beberapa permasalahan seperti gangguan suasana hati hingga gangguan tidur.

Ketiga gangguan tersebut akan terjadi sehingga Anda perlu mengandalkan teknologi Artificial Intelligence dalam proses rekrutmen. Teknologi AI dapat membantu Anda dalam proses rekrutmen yang cepat dan tepat. Artificial Intelligence (AI) telah ada pada beberapa fitur tahapan rekrutmen. Kemudian Anda dapat cocokkan dengan value perusahaan.

Aikrut sudah mengembangkan teknologi AI yang dimasukkan dalam beberapa fitur. Teknologi membantu Anda untuk mengetahui kepribadian calon kandidat yang tidak pernah terungkap yaitu dengan menggunakan pergerakan panca inderanya.

2. Gula Darah yang Tidak Stabil

Pernahkan Anda merasa marah karena lapar? Jika demikian, itu tandanya Anda sedang mengalami kekurangan gula darah. Apalagi jika Anda sedang diharapkan dengan tugas HR yang menumpuk, marah hingga menangis bisa Anda rasakan.

Meskipun dianggap berbahaya, naun di sisi lain kadar gula juga mempengaruhi perasaan hati setiap manusia. Hal itu karena kinerja otak tergantung dengan kandungan Glukosa pada tubuh.

Selain itu, kadar darah yang berlebihan juga dapat menjadi penyebab mood berubah ubah. Beberapa suasana hati yang mungkin akan Anda rasakan jika mengalami kadar gula yang tidak stabil, seperti:

  • Mudah marah
  • Sulit konsentrasi
  • Merasa lemas, dan
  • Merasa mudah gelisah

3. Konsumsi Obat-Obat Tertentu

Apa yang Anda konsumsi dapat menjadi penyebab mood berubah ubah. Jika Anda sedang mengonsumsi obat secara terus-menerus, imbangilah dengan konsultasi oleh dokter. Hal itu karena segala jenis obat-obatan mengandung bahan kimia.

Di samping menyembuhkan penyakit Anda, di sisi lain kandungan bahan kimia tersebut menjadi pemicu terjadi perubahan mood. Salah satu kandungan bahan kimia tersebut adalah Kortikosteroid.

4. Beberapa Jenis Makanan

Makanan seharusnya dapat menjadi energi dalam menjalankan berbagai aktivitas. Jika tidak berhati-hati dalam memilihnya, makanan tersebut akan mempengaruhi mood Anda dalam bekerja.

Bahkan menurut Lauren Taylor Edwards, makanan dan mood saling berkaitan dalam sektor kesehatan secara keseluruhan hingga kesehatan mental. Menurutnya, terdapat beberaa jenis makanan yang menyebabkan gangguan suasana hati seperti yang terdapat pada sumber terpercaya berikut ini:

  • Makanan kemasan yang memiliki kandungan lain
  • Minuman dengan pemanis buatan
  • Makanan berjenis panggangan
  • Kopi,
  • Margarin, dan
  • Alkohol

5. Ekspektasi yang Terlalu Tinggi

HR adalah manusia biasa yang mempunyai harapan yang tinggi. Dalam hal ini, mungkin saja Anda sangat berharap dengan salah satu calon kandidat. Bahkan harapan itu timbul karena penilaian yang subjektif yang hanya berdasarkan pengalaman saja. Hal itu yang menyebabkan Anda berekspektasi tinggi terhadap kandidat tersebut.

Sayangnya pada proses rekrutmen ternyata tidak sesuai dengan harapan Anda selama ini. Hal itulah yang menyebabkan kekecewaan yang mendalam terhadap kejadian tersebut.

Kekecewaan tersebut yang membuat Anda marah dan sedih. Bahkan jika berlanjut, hal itu akan mempengaruhi produktivitas Anda dalam bekerja.

Penyebab Mood Berubah Ubah Mengancam Keberadaan Karyawan yang Presisi!

Mood yang berubah bisa didasari oleh faktor eksternal dan internal. Perubahan itu tidak dapat Anda hindari, namun patut untuk menguranginya.

Perubahan mood yang cepat sangat mengganggu produktivitas kerja dan menyebabkan beberapa tugas menjadi tidak terlaksana. Apa lagi seorang HR sangat memerlukan kedua hal itu.

Oleh karena itu penting untuk mengenali 3 penyebab mood berubah ubah di atas agar dapat mengambil keputusan objektif saat proses rekrutmen.

Bicara soal rekrutmen, penilaian objektif dan tanpa bias adalah hal yang penting. Cara ini berguna untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan budaya perusahaan. Oleh karena itu, gunakanlah teknologi Artificial Intelligence (AI) milik Aikrut.

Anda akan dipermudah oleh Aikrut karena platform HR tools ini mampu menganalisis kepribadian calon kandidat lewat gerakan panca indera yang spontan. Gerakan yang dilakukan secara spontan akan langsung dianalisis menggunakan AI dan kami proses untuk mengetahui kepribadian calon kandidat. Kemudian, Anda dapat menghasilkan keputusan terkait kelanjutan proses rekrutmennya.

Segera realisasikan proses rekrutmen bebas bias bersama kami!

Referensi:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3626477/penyebab-anda-mengalami-mood-swing

https://hellosehat.com/mental/gangguan-mood/penyebab-mood-swing/

Tentang Penulis

Ella Dyan Septianing Tyas