Kepribadian dan Rekomendasi Kerja Kandidat Melalui MBTI

Mencari dan mendapatkan kandidat yang sesuai dengan budaya perusahaan tidaklah mudah. Bagi para rekruter, Anda pasti memahami betul hal seperti ini, karena itu perlu memahami kepribadian dari kandidat yang melamar di perusahaan Anda. Dengan melakukan tes kepribadian MBTI atau Myers-Birggs Type Indicator yang bertujuan untuk mengukur sudut pandang psikologis seseorang dalam melihat dunia, menilai situasi, dan saat mengambil keputusan.

Melalui glints, MBTI membagi kepribadian seseorang berdasarkan beberapa bagian kategori atau dapat kita karakan sebagai dimensi psikologis, seperti Introversion (I) vs Extraversion (E), Intuitive (N) vs Sensory (S), Thinking (T) vs Feeling (F), dan Judging (J) vs Perceiving (P). Kombinasi 8 kategori tersebut menghasilkan 16 tipe kepribadian yang bisa setiap kandidat miliki.

Menurut Irwadi dan Ismail lewat risalah ilmiah yang dari Ekrut, menyebut bahwa tes MBTI mulanya menjadi salah satu aplikasi prilogi untuk mencari solusi dari permasalahan sumber daya manusia di suatu institusi. Dengan menggunakan tes MBTI Anda dapat mengidentifikasi potensi yang kandidat miliki, dan posisi yang relevan berdasarkan hasil tesnya.

Tes MBTI membagi kepribadian kandidat menjadi 16 tipe kepribadian, dan seluruh tipe ini nantinya akan sesuai dengan preferensi mereka berdasarkan aspek-aspek psikologis. Di bawah ini adalah 16 jenis kepribadian dari tes MBTI dan rekomendasi posisi yang cocok untuk mereka.

1.  ISTJ (Bertanggung jawab)

Introvension, Sensory, Thinking, dan Judging, menurut MBTI seseorang dengan tipe ISTJ pada umumnya adalah seseorang yang logis, bertanggung jawab, dan terstruktur. Tipe kepribadian ini dapat bekerja sendiri maupun menjadi seorang pemimpin, yang bisa Anda andalkan. Jenis pekerjaan yang cocok untuk tipe ini adalah tenaga medis, polisi, editor, manajer properti, software developer, dan pengacara.

2.  ISFJ (Setia)

ISFJ adalah perpaduan Introversion, Sensory, Feeling, dan Judging, seseorang dengan tipe ini sangat konvensional. Mereka memiliki pembawaan yang tenang, tekun, serta memiliki ketertarikan pada detail. Pekerjaan yang cocok untuk ISFJ adalah guru, manajer administratif, teller, akuntan, dan pengusaha.

3.  INFJ (Reflektif)

Seseorang dengan tipe INFJ umumnya berorientasi terhadap kebutuhan orang lain, biasanya tipe INFJ mencintai hal-hal yang berbau sosial namun cenderung lebih pendiam. Seorang INFJ menyukai hal-hal yang menantang, dan juga suka mencari solusi sendiri. Potensi karir yang bisa dimiliki oleh seorang INFJ adalah HR, terapis, psikolog, dosen, peneliti, dan konsultan.

4.  INTJ (Independen)

Kandidat yang memiliki tipe ini cenderung mandiri, percaya diri, visioner, skeptis, dan punya keinginan untuk berkembang. Pekerjaan yang cocok untuk tipe INTJ adalah business analyst, sistem analyst, pengacara, dan programmers.

5.  ISTP (Pragmatis)

Seorang kandidat dengan tipe ISTP umumnya memiliki sifat tenang, fleksibel, dan mampu menemukan solusi yang tepat. Mereka memiliki kelebihan yang percaya diri, tegas, dan problem solver saat terdapat masalah teknis mendadak. Pekerjaan yang cocok untuk tipe ini adalah sebagai ahli ekonomi, koki, konsultan manajemen, pilot, dan mekanik.

6.  IFSP (Artistik)

Tipe kepribadian IFSP memiliki kecenderungan senang bekerja dengan lingkupnya sendiri dengan jadwal yang lebih fleksibel. Perlu Anda ketahui, tipe ini bukanlah tipe pekerja konvensional yang bisa bekerja 8 jam perhari. Jika Anda menemukan kandidat yang memiliki kepribadian seperti ini mereka lebih memilih untuk bekerja sesuai dengan passion mereka, maka dari itu pekerjaan yang sesuai adalah sebagai fotografer, sutradara, dokter hewan, dan terapis.

7.  INFP (Idealis)

Kandidat dengan tipe INFP memiliki sifat yang ingin tahu, optimis, dan inovatif. Seorang kandidat yang memiliki kepribadian tipe ini dikenal kreatif dan menginspirasi, sehingga pekerjaan yang berhubungan dengan industri kreatif cocok dengan tipe INFP. Pekerjaan yang cocok untuk tipe ini adalah jurnalis, desainer grafis, dan editor film.

8.  INTP (Konseptual)

Tipe INTP sangat menghargai intelektualitas dan pengetahuan, orang-orang dengan tipe kepribadian ini menyukai bidang yang berhubungan dengan teori dan bidang ilmiah lainnya yang membuat mereka penasaran. Posisi yang cocok untuk tipe INTP dalam dunia kerja adalah sebagai system analyst, ahli forensik, jaksa, web developer, dan composer.

9.  ESTP (Spontan)

Ciri umum dari kandidat yang memiliki kepribadian ESTP adalah sikapnya yang fleksibel, energik, dan praktis. Disisi lain, seseorang dengan kepribadian ESTP juga senang bergaul sehingga cenderung memiliki banyak teman. Pekerjaan yang ideal untuk mereka adalah marketer, manajer penjualan, stock broker, dan wirausaha.

10.  ESFP (Murah hati)

Kandidat yang memiliki kepribadian ESFP memiliki karakter easygoing, ramah, menyenangkan, optimis, ceria, dan memiliki kemampuan interpersonal yang baik. Seorang kandidat dengan tipe ESFP cocok bekerja sebagai event planner, pramugari, marketing, tour guide, dan dokter anak.

11.  ENFP (Optimis)

Kandidat dengan tipe kepribadian ENFP memiliki energy yang besar serta mampu mengambil resiko. Seorang ENFP terlahir menjadi seorang pemimpin, saat menjadi pemimpin, mereka mampu mengambil tindakan yang efektif dan berempati terhadap bawahannya. Rekomendasi pekerejaan yang cocok untuk tipe ini diantaranya adalah campaign editor, agen perumahan, dan editor.

12.  ENTP (Inovatif – Kreatif)

Kandidat dengan tipe ENTP merupakan seseorang yang cekatan, cerdik, inovatif, pandai berargumen, dan punya banyak cara dalam menyelesaikan masalah. Di sisi lain, seseorang dengan tipe ini cenderung tidak bisa konsisten pada suatu hal. Rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk tipe ENTP adalah marketing, programmer, dan konsultan.

13.  ESTJ (Konservatif – Disiplin)

Seorang kandidat dengan tipe ESTJ memiliki dedikasi yang tinggi, jujur, dan mampu menemukan solusi dari permasalahan dengan cepat. Pekerjaan yang ideal untuk seseorang dengan tipe ESTJ adalah manajer hotel, pelatih, dan manajer pengembangan bisnis.

14.  ESFJ (Harmonis)

Seseorang dengan ESFJ memiliki kecenderungan banyak bicara, supportif, teliti dan rajin. Rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk tipe ESFJ bisa sebagai perencana keuangan, konselor, manajer, dan instruktur korporasi.

15.  ENFJ (Meyakinkan)

Tipe kandidat dengan ENFJ lebih cenderung sensitif, kreatif, peduli, loyal, dan menyukai tantangan. Seseorang kandidat dengan tipe ENFJ dapat memahami kebutuhan orang lain, sehingga mereka bisa menjadi seorang mediator, terapis fisik, asisten eksekutif, dan sales.

16.  ENTJ (Pemimpin alami)

Tipe kandidat ENTJ memiliki karakter yang tegas, objektif, kritis, disiplin, dan penuh dengan komitmen. Posisi pekerjaan yang cocok untuk tipe ini diantaranya entrepreneur, pengacara, hakim, konsultan, dan agen asuransi.

Tes kepribadian MBTI untuk rekrutmen tenaga kerja menuai pro dan kontra karena dianggap tidak etis. Namun tes ini akan sangat berguna bagi Anda yang membutuhkan kandidat dengan salah satu dari 16 kepribadian MBTI. Tes ini dapat memberikan Anda gambaran yang jelas mengenai posisi yang kosong di perusahaan Anda, dan kandidat seperti apa yang Anda butuhkan.

Tentang Penulis

Vian Nauval