karakteristik karyawan yang baik | Aikrut

HRD Melihat Karakteristik Karyawan yang Baik Dari Hal Ini!

karakteristik karyawan yang baik | Aikrut

Proses rekrutmen adalah proses yang penting bagi perusahaan Anda untuk dapat menemukan kandidat yang sesuai. Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan pada tahapan ini adalah karakteristik karyawan yang baik untuk perusahaan.

Ciri-ciri itu bisa Anda dapatkan melalui proses interview. Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan karena berkaitan dengan masa depan perusahaan. Bayangkan jika Anda belum bisa mewujudkan karyawan yang presisi, hal itu akan menyebabkan turnover yang tinggi dan kesusahan merealisasikan visi dan misi perusahaan di masa yang akan datang.

Melalui artikel ini, kami mengajak Anda untuk mengetahui 4 hal yang perlu Anda perhatikan pada saat interview untuk menilai kecocokan calon kandidat dengan value perusahaan. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Dilihat Dari Persiapan Awal

Setiap Anda menemukan kandidat yang cocok tentunya Anda akan mengirimkan undangan sebelum memulai sesi interview. Seharusnya tidak hanya informasi saja yang Anda berikan pada undangan tersebut. Dalam undangan tersebut, selipkan juga permintaan untuk merespon undangan tersebut.

Hal ini mungin terdengar sederhana, namun hal ini bisa membantu Anda dalam menilai karakteristik karyawan yang baik. Respon mereka mencerminkan semangat tinggi untuk bekerja di perusahaan Anda.

Jika dia merespon dengan jawaban ketidak hadiran, itu adalah hal yang wajar. Pemberitahuan tersebut adalah bentuk tanggung jawabnya terhadap hal yang pernah dia lakukan. Selain itu, dia telah menunjukan sifat yang sopan karena telah memberikan keputusan sehingga Anda tidak perlu lagi menunggunya.

Jika Anda masih mempertimbangkan kandidat tersebut, cobalah untuk reschedule jadwal interview. Namun sebelum itu berikan informasi kepadanya dan menanyakan kesediaannya untuk melakukan interview ulang.

Namun jika calon kandidat tidak memberikan respon apapun kepada Anda, fokuskan mencari kandidat lainnya. Hal itu karena sikap tersebut sudah menunjukan bahwa dia tidak bertanggung jawab dengan pilihan yang dia buat.

2. Kompetensi yang Sesuai

Pernahkah Anda menemukan ketidaksesuaian kompetensi dan lowongan kerja yang dilamar?

Jika Anda menemukan hal itu, jangan lagi buang-buang waktu. Calon kandidat itu tidak layak untuk dilanjutkan pada proses interview. Keputusan itu perlu diambil karena calon kandidat tidak teliti dalam membaca kualifikasi pekerjaan. Padahal ketelitian adalah hal yang sangat penting dalam dunia kerja.

Namun keputusan itu akan berbeda jika Anda membuka lowongan pekerjaan untuk fresh graduate. Kompetensi yang dia punya dianggap sebagai bonus saja.

Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir merekrut karyawan fresh graduate. Kami pernah menuliskan sebelumnya bahwa, meskipun tidak memiliki kemampuan yang sesuai dengan bidang yang dia lamar, namun mereka punya semangat belajar yang tinggi. Oleh karena itu, sifat itu bisa menjadi karakterisiktik karyawan yang baik untuk perusahaan Anda.

Semangat itu bermanfaat karena dia ingin belajar hal-hal yang baru. Kemampuan dan pengetahuannya akan bertambah seiring berjalannya waktu. Itulah yang akan bermanfaat untuk perusahaan kedepannya. Calon kandidat tersebut bisa saling membantu pekerjaan divisi lainnya.

3. Karakter Karyawan yang Baik Dilihat Dari Penampilan

Memang betul, penampilan adalah salah satu hal Anda perlu pertimbangkan. Penampilan atau Grooming adalah “alat penunjang” bagi mereka yang bekerja dengan banyak bertemu dengan orang lain. Oleh karena itu, penampilan yang menarik adalah nilai jual yang penting bagi beberapa posisi pekerjaan.

Jika perusahaan Anda sedang membuka lowongan bidang tersebut, berhati-hatilah dalam merekrut calon kandidat berdasarkan dengan penampilannya. Tak menutup kemungkinan, penampilan adalah salah satu penilaian yang rawan subjektif.

Penilaian inilah yang menjadi salah satu kelemahan dari proses rekrutmen yang murni yang dilakukan oleh manusia. Oleh karena itu, tingkatkan proses rekrutmen untuk mendapatkan karyawan yang bebas bias dengan menggunakan robot AI.

Teknologi itu telah tertanam pada paltform Aikrut. Kami memiliki beberapa jenis tes yang menanamkan Artificial Intelligence yang berguna untuk meminimalisir bias karena penilian yang subjektif oleh HRD. Jika terus dibiarkan, perusahaan akan mengalami turn over yang tinggi dan menyebabkan tidak bisa mempertahankana karyawan.

4. Karakteristik Karyawan yang Baik dari Motivasi Kerjanya

Anda bisa melihat motivasi kerja pada saat sesi interview kerja. Hal itu terlihat ketika dia mencoba untuk lebih tahu dengan perusahaan Anda. Umumnya pertanyaan yang kerap mereka tanyakan tentang bagaimana budaya perusahaan, bagaimana cara kerja karyawan di perusahaan atau hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan. Jika mereka bersemangat untuk mengetahui hal-hal itu, maka pertahankanlah. Hal itu menjadi tanda bahwa dia punya semangat untuk belajar dan menyesuaikan diri dengan value dan budaya perusahaan.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut juga termasuk langkah untuk menempatkan diri dan berusaha untuk menyadarkan diri apakah dia layak untuk meneruskan proses ini atau tidak.

Motivasi kerja tidak hanya dari hal itu saja. Hal itu bisa Anda lihat dari jawabannya yang selalu mengacu kepada data. Jawaban cerdas ini mencerminkan bahwa dia adalah orang yang berhati-hati. Dia berusaha untuk jujur berdasarkan data yang dia dapatkan karena termasuk karakteristik karyawan yang baik yang bagi perusahaan Anda.

Dapatkan Karakteristik Karyawan yang Baik dengan Bantuan AI

Interview adalah satu-satunya cara untuk melihat kelayakan calon kandidat. Jika layak, maka calon kandidat tersebut akan diteruskan pada proses selanjutnya.

Selain menyesuaikan dengan posisi yang kosong, penilaian tersebut berdasarkan dari sifat-sifat yang dia tampilkan selama interview. Namun sayangnya, keempat hal di atas rentan untuk mendapatkan hasil yang subjektif. Pemilihan yang subjektif akan berdampak pada masa depan perusahaan.

Oleh karena itu, gunakan Aikrut untuk mendapatkan karyawan yang presisi. Tidak hanya memiliki karakteristik karyawan yang baik dari empat hal di atas, akan tetapi kayawan yang presisi adalah karyawan yang sesuai dengan budaya perusahaan.

Kami menanamkan teknologi AI pada beberapa fitur yang berguna untuk memperlihatkan kepribadian para calon kandidat melalui indera tubuh. Kemudian gerakan tersebut akan dianalisa menggunakan teknologi AI yang Aikrut miliki.

Kami yakin, karyawan yang sesuai dengan value perusahaan adalah aset perusahaan. Dengan demikian, manfaatkan Aikrut untuk mewujudkannya.

Raih visi dan misi perusahaan di masa yang akan datang dengan meminimalisir turnover pada perusahaan bersama Aikrut!

Referensi:

https://vocasia.id/blog/kriteria-penilaian-hrd/

Tentang Penulis

Ella Dyan Septianing Tyas