gaji karyawan magang | aikrut

Begini Cara Menentukan Gaji Karyawan Magang yang Tepat

gaji karyawan magang | aikrut

Kolaborasi menjadi hal yang penting dalam pekerjaan. Terkadang cara tersebut terhalang karena adanya posisi yang tidak terisi. Tak jarang perusahaan membuka lowongan untuk karyawan magang namun tak mengetahui bagaimana sistem pemberian gaji karyawan magang tersebut.

Padahal aturan tersebut telah tertuang dalam  UU Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2003 Pasal 21 sampai 29. Peraturan lain yang mengatur karyawan magang adalah Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 36 Tahun 2016 berkaitan tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri. 

Namun kedua peraturan tersebut tidak menjelaskan secara detail terkait nominal gaji karyawan magang. Oleh karena itu, lakukanlah beberapa cara berikut untuk mempertimbangkan gaji yang sesuai untuk para karyawan magang.

Artikel ini akan menjelaskannya lebih jelas berikut ini:

Reputasi Perusahaan

Tak dipungkiri jika reputasi adalah nilai perusahaan yang mempengaruhi keputusan seseorang terkait kebutuhan tertentu, misalnya magang. Karyawan magang akan mencari perusahaan dengan reputasi baik untuk mendapatkan manfaat yang baik pula.

Jika sudah demikian, perusahaan bereputasi baik tidak akan kesulitan dalam mendapatkan karyawan magang. Di sisi lain perusahaan harus tetap waspada dengan cara memilih karyawan magang yang sesuai dengan visi misi perusahaan. Itulah yang mendorong Aikrut untuk membantu perusahaan menghasilkan karyawan yang presisi.

Melalui Aikrut, Anda akan mendapatkan kandidat yang sesuai dengan nilai perusahaan yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI).

Setelah mendapatkan karyawan magang yang presisi menggunakan Aikrut, saatnya untuk menentukan gaji karyawan magang dengan tepat. Jika perusahaan Anda memiliki reputasi yang baik maka sebaiknya berikan gaji yang berbeda daripada perusahaan startup.

Keuntungan tersebut dapat memberikan reputasi yang baik dari karyawan magang tersebut. Mereka akan memberikan testimoni karena merasa puas dengan keuntungan dari perusahaan Anda.

Sesuaikan Gaji Karyawan Magang dengan Cash Flow Perusahaan

Saat menggaji karyawan, perusahaan perlu menyesuaikan dana pemasukan dan pengeluaran. Hal itu penting karena dana-dana tersebut berguna untuk keperluan biaya operasional lainnya. Oleh karena itu, perusahaan perlu melakukan analisa mendalam mengenai aliran dana tersebut untuk mempertimbangkan gaji yang tepat untuk karyawan magang.

Cash flow perusahaan sangat dipengaruhi oleh perhitungan gaji karyawan. Apalagi perusahaan startup adalah perusahaan yang membutuhkan perhitungan finansial yang benar agar tidak terjad sesuatu yang bisa merugikan perusahaan.

Regulasi Pemerintah

Peraturan pemerintah yang bisa jadi pertimbangan Anda dalam menentukan gaji bagi karyawan magang adalah peraturan pemerintahan daerah. Faktnya tiap wilayah kabupaten memiliki jumlah tersendiri dalam memberikan gaji karyawan magang.

Peraturan tersebut juga mengatur apa saja keuntungan untuk karyawan magang. Pemerintah daerah juga mengatur beberapa keuntungan untuk karyawan magang seperti pemberian jaminan kesehatan, jam kerja dan keuntungan lainnya.

Kualifikasi Pekerjaannya

Pemberian gaji karyawan magang juga menyesuaikan dengan divisi pekerjaannya. Jika divisi tersebut ternyata penting bagiperusahaan, maka dia berhak mendapakan nominal gaji yang berbeda dengan karyawan magang pada divisi lainnya.

Tingginya gaji tersebut akan mempengaruhi beban kerja yang dia alami. Tak dipungkiri karyawan magang pada divisi yang krusial pada sebuah perusahaan akan memiliki work load yang setara dengan karyawan tetap.

Anda perlu untuk mengetahui beban kerja karyawan magang tersebut. Jika beban kerjanya sebanding dengan hasil yang sesuai target, maka Anda harusnya memberikan mereka keuntungan lainnya.

Namun tidak ada aturan yang mengikat terkait bonus tersebut. Dengan demikian perusahaan Anda lah yang dapat menyesuaikannya.

Bandingkan dengan Perusahaan Sejenis

Jangan terburu-buru memberikan gaji untuk karyawan magang. Lakukanlah perbandingan dengan perusahaan yang sejenis. Perusahaan ini haruslah bergerak di bidang yang sama.

Selain itu, perbandingan yang Anda lakukan adalah dengan melihat lokasi perusahaan tersebut. Pastikan keduanya sama-sama berada di provinsi yang sama. Itu akan lebih baik jika kedua perusahaan tersebut berada di satu kabupaten yang sama.

Perbedaan gaji pada tiap wilayah didasari dengan perhitungan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) masyarakat di wilayah tertentu. Dalam menentukan perbedaan tersebut, pihak terkait akan mempertimbangkan kebutuhan pokok seperti sandang, pangan dan kebutuhan lainnya.

Ya, sebagian karyawan magang belum membutuhkan hal tersebut. Meskipun demikian, pertimbangkan kembali dengan beberapa hal lain dalam memberikan gaji yang sesuai standar.

Tak dipungkiri bahwa gaji karyawan adalah rahasia dalam suatu perusahaan. Jika demikian, jangan memaksakan seorang HRD suatu perusahaan untuk menyebutkan gaji karyawannya.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mempertanyakan ke forum online. Anda akan menemukan beberapa jawaban dari beragam pengalamn pengguna forum online tersebut. Kemudian Anda dapat mempertimbangkan jawaban tersebut untuk memberikan gaji yang sesuai.

Berikanlah Gaji Karyawan Magang yang Tepat Dengan Bantuan Alat Perekrut Kandidat Karyawan

Meskipun tidak terikat dangan perusahaa Anda, namun karyawan magang tetap harus mendatkan perlakuan sebagai mana mestinya. Oleh karena itu pemberian gaji bagi karyawan magang haruslah berdasarkan beberapa hal yang telah dalam artikel ini.

Sejatinya, gaji adalah upah yang dibayarkan oleh perusahaan kepada karyawanya. Namun sebelum itu harusnya Anda memilih karyawan dengan baik agar mudah dalam mewujudkan cita-cita perusahaan.

Oleh karena itu lakukanlah pengecekan karyawan yang presisi dengan menggunakan Aikrut.

Aikrut adalah platform yang membantu menganalisis kepribadian dan kognitif calon karyawan sehingga mudah dalam mencocokkan dengan kebutuhan perusahaan. Cara tersebut berguna untuk mewujudkan keuntungan kedua belah pihak.

Oleh karena itu, gunakanlah Aikrut untuk meraih visi misi perusahaan dengan bantuan karyawan magang!

Referensi:

https://www.qubisa.com/article/berapa-gaji-anak-magang

Tentang Penulis

Ella Dyan Septianing Tyas