Cara Mengatasi Ngantuk di Kantor Agar Selalu Produktif

cara mengatasi ngantuk di kantor | aikrut

Mengantuk adalah perasaan alamiah yang menimpa pekerja. Jika dibiarkan hal ini akan mengganggu produktivitas kerja sehingga Anda perlu mengetahui cara mengatasi ngantuk di kantor.

Mungkin sebagian dari para pekerja Anda memilih untuk menyeduh secangkir kopi setiap pagi menjelang ke kantor. Faktanya tidak semua orang suka meminum kopi. Apakah Anda adalah salah satunya?

Jika iya, mungkin Anda dapat melakukan cara yang lain. Melalui artikel ini rekan Aikurters akan mengetahui cara mengatasi rasa kantuk di kantor selain meminum kopi. Berikut ini selengkapnya.

1. Hindari Bermalas-malasan

Ada kalanya pekerja merasa malas untuk mengerjakan tugas. Jangan biarkan perasaan tersebut terus mengganggu pikiran. Jika tidak segera memperbaikinya maka kinerja Anda di kantor akan terganggu. Hal ini mungkin saja bisa memperburuk komunikasi antar karyawan karena tidak adanya semangat bekerja.

Jika terbesit pikiran ini, cobalah untuk langsung beranjak dari tempat duduk dan berjalan santai. Keluarlah dari ruang kerja dan hampiri ruang kerja karyawan lain. Langkah ini bertujuan agar Anda mendapatkan teman “ngobrol” untuk mengatasi perasaan ngantuk. Atau sekedar ke toilet adalah cara mengatasi ngantuk di kantor yang umum dilakukan oleh karyawan.

Ingatlah, jangan membuang waktu terlalu banyak dengan alasan mengatasi ngantuk selama di kantor. Anda perlu untuk memiliki batasan waktu agar tugas dan rasa ngantuk dapat dihilangkan secara bersamaan.

2. Hindari Menatap Layar Terlalu Lama

Kami tahu bahwa tiap karyawan punya porsi kesibukan masing-masing. Bagi karyawan yang bekerja depan komputer, mengalihkan pandangan sejenak adalah salah satu hal yang sulit dilakukan. Dengan cara itu beberapa karyawan merasakan konsentrasi yang lebih meningkat. Akan tetapi cara itu membuat Anda lebih cepat mengantuk.

Mata yang lelah serta pikiran yang kemelut membuat Anda susah mencari solusi. Alhasil ngantuk adalah perasaan yang timbul akibat kedua hal tersebut.

Jika mata merasa lelah, cobalah untuk menghindari handphone untuk sementara waktu dan matikan suaranya. Berilah waktu tubuh Anda untuk beristirahat sejenak selama 15 menit. Bila perlu pejamkan mata Anda dan cobalah untuk tidur.

3. Musik Adalah Cara Mengatasi Ngantuk di Kantor yang Ampuh

Musik memang dapat menenangkan jiwa dan bahkan meningkatkan konsentrasi. Namun tahukah Anda bahwa tidak semua jenis musik dapat tergolong sebagai cara mengatasi ngantuk di kantor yang baik.

Musik dengan lantunan melodi yang lembut membuat Anda semakin terlelap. Oleh karena itu lagu dengan melodi yang keras membuat kita terpacu untuk mengerjakan tugas selama di kantor.

Anda dapat merasakan iramanya dengan menggunakan earphone karena dentuman drum dan bass yang sangat terasa. Pilihan lagu yang cocok untuk mengatasi ngantuk di kantor adalah Rock dan Pop.

Apakah Anda memiliki saran aliran lagu yang dapat mengurangi ngantuk? Beri komentar di bawah.

4. Cara Mengatasi Ngantuk di Kantor Dengan Camilan Sehat

Camilan adalah makanan ringan yang dapat menjadi pilihan bagi Anda yang tidak sempat membuat makanan berat. Namun pastikan camilan tersebut dapat menunjang produktivitas Anda selama bekerja. Camilan sehat dengan kandungan gizi yang baik adalah pilihannya.

Berbicara soal camilan, makanan ringan ini tidak selalu berbentuk makanan yang dikunyah saja. Anda mungkin dapat mempertimbangkan membawa camilan buah-buahan segar atau olahan susu seperti yogurt. Apalagi makanan ringan tersebut dapat Anda beli di Minimarket terdekat.

Para ahli telah menganjurkan untuk membawa camilan sehat daripada makanan dengan kadar gula yang tinggi. Menurut The Asian Parents, makanan dengan gula yang tinggi akan membuat Anda kekenyangan dan mudah mengantuk. Oleh karena itu produktivitas Anda akan terganggu karena perasaan yang mengantuk.

Ada Faktor Lain yang Mengganggu Produktivitas di Kantor

Mengantuk memang menghambat kolaborasi antar karyawan dalam kantor. Akan tetapi hal tersebut bukan semata-mata faktor yang mengganggu produktivitas kerja.

Kinerja yang terhambat bisa saja diakibatkan oleh karyawan yang tidak profesional. Bahkan kejadian ini dapat menghambat tercapainya cita-cita perusahaan.

Oleh karena itu, lakukanlah pengecekan kepada tiap calon karyawan yang akan bergabung. Aikrut akan membantu Anda mendapatkan sumber daya manusia yang handal sesuai kebutuhan perusahaan.

Dengan menanam teknologi Artificial Intelligence (AI), seluruh tahapan rekrutmen Anda akan terbantu dengan teknologi terbaru tersebut.

referensi:

https://www.halodoc.com/artikel/7-cara-menghilangkan-kantuk-saat-bekerja