9 Rekomendasi Barang Pendukung Ketika Anda WFH

Pandemi yang tak kunjung usai ini membuat segala aktifitas bekerja terbatas. Beberapa perkantoran harus melakukan WFH atau work from home untuk mengurangi dan mencegah klaster perkantoran. Namun adanya pandemi ini juga banyak memunculkan lapangan kerja baru dengan menerapkan work from home sebagai model kerjanya. Karena itu, banyak karyawan bahkan mungkin termasuk Anda yang bekerja di perusahaan dengan menerapkan WFH.

Budaya bekerja dari rumah atau WFH sudah mulai terbiasa di kalangan karyawan, tetapi adanya budaya ini sangat mempengaruhi keseimbangan kehidupan kerja. Karena saat bekerja di rumah, jam kerja seolah berjalan tanpa henti. Agar Anda nyaman bekerja di rumah yang seakan tanpa henti itu, Anda harus membuat suasana kerja yang membuatmu nyaman, supaya Anda pun semangat bekerja.

Untuk membuat Anda nyaman bekerja di rumah, Anda perlu memiliki barang-barang ini untuk mendukung Anda saat WFH, berikut ini adalah rekomendasi barang-barang yang perlu Anda miliki saat WFH.

1.      Meja yang nyaman

Mulai dengan meja yang nyaman untuk mendukung Anda saat bekerja dari rumah, Anda bisa menggunakan meja lipat kalau Anda suka berpindah-pindah tempat bekerja, atau meja berdiri. Apabila Anda menggunakan meja berdiri, pastikan ukuran mejanya seusai dengan ukuran tubuh Anda, agar Anda terhindar dari kebungkukan. Untuk Anda yang suka berpindah-pindah tempat, Anda bisa menggunakan meja lipat dan meja kayu, namun pastikan meja tersebut tidak terlalu berat agar tidak menyebabkan pegal-pegal pada saat berpindah-pindah tempat.

2.      Kursi yang nyaman

Selain meja, kursi yang Anda gunakan saat WFH harus nyaman juga, pastikan untuk menggunakan kursi yang tepat sehingga membuat Anda betah duduk berjam-jam. Anda dapat memilih kursi kantor beroda dengan penyanggah leher agar tidak pegal saat bekerja seharian. Untuk Anda yang bekerja menggunakan meja lipat, pasangan yang tepat adalah dengan kursi lantai lipat. Gunakanlah kursi yang nyaman sesuai dengan kebutuhan Anda saat WFH, Anda juga bisa memilih produk yang murah sesuai dengan budget Anda.

3.      Headphone

Menggunakan headphone saat WFH dapat meningkatkan fokus Anda, apalagi jika Anda bekerja sambil mendengarkanmusik kesukaanmu. Menggunakan headphone juga berguna untuk mencegah suara-suara yang dapat mengganggu Anda, terutama saat sedang melakukan video meeting dengan kantor agar Anda tetap fokus mengikuti jalannya meeting. Anda bisa menggunakan headphone wireless ataupun yang kabel sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

4.      Webcam Eksternal

Bagi Anda yang menggunakan laptop saat WFH tentu benda yang satu ini tidak terasa penting. Namun jangan salah, kualitas webcam juga sangatlah penting apabila Anda sering melakukan video meeting. Anda bisa membeli webcam dengan harga miring namun bisa dengan kualitas yang baik. Jika kurang puas dengan kualitasnya, beralihlah ke webcam yang memiliki kualitas video HD 1080p. Menggunakan webcam dengan kualitas HD dapat membuat wajahmu terlihat lebih cerah dibanding menggunakan webcam bawaan dari laptop.

5.      Mikrofon

Satu lagi barang yang Anda perlukan untuk rutin melakukan video meeting adalah mikrofon. Menggunakan mikrofon saat melakukan video meeting membuat kualitas suara Anda lebih baik, dan dapat menyaring suara dari luar yang dapat mengganggu jalannya meeting. Pilihlah mikrofon sesuai dengan kebutuhan Anda, karena terdapat berbagai macam jenis mikrofon yang bagus untuk mendukung Anda saat WFH.

6.      Buku Catatan atau Catatan Tempel

Mencatat hasil meeting dan working plan sangatlah penting, untuk mengingat hasil meeting dan apa yang akan menjadi pekerjaan Anda saat WFH, perlu dicatat dengan buku catatan atau catatan tempel (sticky notes). Saat Anda sudah menyelesaikan setiap pekerjaan yang ada di catatan, Anda bisa mencoret list yang sudah di catat, tujuannya agar Anda ingat pekerjaan apa saja yang belum dan sudah Anda kerjakan.

7.      Foot rest

Benda yang satu ini bisa menjadi rekomendasi yang dapat Anda gunakan saat WFH, menggunakan foot rest dibagian bawah meja berdiri memberikan dukungan yang kuat untuk kaki Anda. Sandaran kaki di bawah meja ini dapat membantu memastikan posisi duduk Anda tegak dan tertopang, sehingga membuat Anda nyaman saat bekerja dirumah.

8.      Tumbler berisi air minum

Menambahkan tumbler yang dapat Anda isi dengan air minum, kopi, atau teh hangat dapat menjadi benda rekomendasi saat WFH. Tujuannya adalah, ketika sedang WFH Anda tidak perlu mundar-mandir mengisi air minum dengan gelas. Menggunakan tumbler sebagai wadah untuk air minum akan lebih praktis daripada dengan gelas atau cangkir.

9.      Relaxing candle

Mungkin saat bekerja di kantor, Anda tidak boleh untuk menyalakan lilin apalagi yang menyebabkan bau tak sedap. Namun saat Anda bekerja dari di rumah, Anda bebas menyalakan lilin dengan wangi yang dapat merelaksasikan pikiranmu saat kerja. Menggunakan relaxing candle juga berguna untuk menghilangkan stress Anda.

Berikut adalah sembilan barang-barang rekomendasi yang dapat mendukung Anda saat WFH, Anda bisa membeli barang-barang tersebut sesuai dengan budget Anda. Selagi masih WFH, ciptakanlah ruang kerja yang senyaman mungkin, karena hal tersebut juga dapat meningkatkan semangat dan kinerja Anda saat WFH.

Tentang Penulis

Vian Nauval