4 Top Pilihan Tanaman Indoor Mini Cantik untuk Meja Kantor

Meja kerja menjadi tempat meletakkan segala tugas di kantor. Tak heran, jenuh dan mudah lelah adalah perasaan yang kerap timbul oleh pekerja. Meskipun demikian, kita dapat mengurangi kejenuhan dengan menghias meja kerja dengan menambahkan tanaman indoor mini dengan beragam keunikannya.

Selain keindahannya, Anda pun perlu mempertimbangkan perawatan, tampilan, cara tumbuh dan sebagainya. Jika unsur-unsur tersebut telah terpenuhi dan sesuai dengan kriteria, maka pemilihan tanaman indoor tersebut dapat menunjang produktivitas selama berada di kantor.

Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa rekomendasi pilihan tanaman mini yang cocok untuk di atas meja kerja Anda. Berikut ini penjelasan selengkapnya:

1. Kaktus Mini

Mungkin sebagian Anda tidak habis pikir bahwa tanaman berduri ini dapat menjadi pilihan tanaman indoor mini yang cocok untuk kantor. Berkah campur tangan para ahli, kaktus mini adalah tanaman yang cocok untuk meja kantor Anda.

Model kaktus ini mendapatkan perhatian dari kalangan pecinta tanaman hias karena bentuknya yang mungil. Bentuk yang kecil tersebut membuat penikmatnya tidak ragu untuk meletakkan dimanapun ia inginkan.

Selain bentuknya yang unik, cara perawatannya tidak susah daripada tanaman hias mini lainnya. Tanaman kaktus mini ini tidak perlu banyak membutuhkan air. Pada habitat aslinya yang tinggal di gurun, kaktus adalah salah satu tanaman yang awet karena mampu menyimpan cadangan mineral air yang lebih baik.

Bagi Anda yang sangat sibuk dengan urusan kantor sehingga tidak sempat untuk menyiramnya, maka tanaman ini adalah pilihannya.

2. Tanaman Indoor Mini Kelompok Sukulen – Echeveria

Echeveria adalah tanaman mini yang berbentuk unik. Letak keindahan dari tanaman ini adalah dari bentuk daunnya yang bertumpuk. Tanaman indoor mini ini justru diminati karena bentuk daunnya yang menyerupai mulut bebek yang melancip.

Meskipun tanaman ini tidak berbunga, namun keindahannya justru ada di tumpukan daun yang menyerupai bunga tersebut. Jika Anda memilih tanaman ini untuk menjadi hiasan, Anda mungkin akan memiliki beragam warna yang bisa disesuaikan seperti merah, kuning, ungu, abu-abu kehijauan.

Jika ingin lebih estetik , Anda harus mengganti model pot dengan model yang lebih menarik seperti terrarium atau wadah.

3. Heart Philodendron

Bagi Anda yang jenuh dengan model tanaman mini indoor yang biasa, mungkin tanaman ini bisa menjadi rekomendasi. Anda dapat menanam Heart Philodendron dengan bermediakan air dalam aquarium berbentuk botol.

Tanaman ini memiliki keunikan tersendiri yaitu tumbuhnya yang merambat. Disamping unik, jika ingin menanam tanaman ini maka Anda juga harus benar-benar merawatnya dengan baik. Hal itu karena tanaman merambat ini membutuhkan perawatan yang banyak di bandingkan yang lain. Jika Anda tidak merawatnya secara berkala, maka tanaman ini akan merambat liar dan mengganggu keindahan meja kantor.

Meskipun membutuhkan perawatan ekstra, namun percayalah Anda akan mendapatkan beberapa manfaatnya. Pertama adalah unik karena akarnya bergantung di atas media air. Bentuk daunnya yang menyerupai hati atau heart akan membuat rekan kerja Anda terkesan melihat tanaman itu.

Manfaat yang kedua adalah mampu mengurangi udara yang kering dalam ruangan kantor Anda. Tanaman indoor mini ini menambah rasa lembap dalam ruangan yang kering karena kemampuan transpirasi yang lebih baik daripada lainnya. Namun Anda perlu menyemprotkan air sebanyak seminggu sekali pada daunnya. (sumber: Kompas)

4. Lithops – Tanaman Indoor Mini Mirip Batu Karang

Sekilas terlihat seperti batu karang yang kerap dijumpai di pantai. Padahal ini adalah tanaman indoor mini yang kami rekomendasikan di meja kantor.

Tanaman ini akan memikat rekan kerja yang penasaran dengan benda yang ada di meja kerja tersebut. Selain bentuknya yang unik, warnanya yang lucu mampu menambah estetika meja kantor. Warna itulah yang membuat Anda dapat mengalihkan pandangan untuk melihat tanaman unik ini agar pikiran Anda lebih rileks.

Agar lebih menarik, hiasi pot tanaman ini menambahkan ornamen batu kerikil. Hal itu agar terkesan seperti batu karang yang menyerupai bentuknya.

Karena unik, tanaman ini sempat ramai diperbincangkan pada tahun lalu. Tanaman asal Benua Afrika ini memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan jenis tanaman indoor mini yang sebelumnya.

Selain itu, perawatannya pun tergolong lebih susah. Hal itu karena mempertimbangkan suhu ruangan, pemcahayaan, penyiraman dan penggunaan pupuk yang tidak boleh sembarangan.

Letakkan Pula Harapan Tinggi untuk Perusahaan di Atas Meja Kerja Anda

Tanaman indoor mini dapat menunjang konsentrasi karena bentuknya yang unik. Namun tak dipungkiri, di atas meja kantor Anda pasti ada perangkat elektronik hingga berkas-berkas yang berurusan dengan tugas Anda.

Meja kantor juga menjadi tempat dimana Anda mengerjakan segala sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya. Sebagai HRD, tempat itulah yang menjadi tantangan bagi Anda untuk menghasilkan karyawan yang presisi sesuai dengan keinginan perusahaan.

Anda melihat secara teliti CV tiap kandidat, hingga sampai ke tahapan interview. Oleh karena itu, agar lebih mudah dan tepat, perusahaan Anda membutuhkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk mengetahui sikap dan kemampuan kognitifnya dengan menggunakan Aikrut.

Dengan menggunakan teknologi AI pada tiap asesmen, Anda mendapatkan hasil yang memuaskan dalam menentukan karyawan yang sesuai dengan keinginan perusahaan

Referensi:

https://www.hipwee.com/tips/tanaman-hias-untuk-meja-kerja/

https://berkeluarga.id/2021/11/15/7-tanaman-hias-mini-untuk-di-atas-meja-kerja/

https://www.haibunda.com/moms-life/20201204145830-76-177840/7-tanaman-hias-mini-di-pot-putih-cocok-untuk-meja-kerja

Tentang Penulis

Ella Dyan Septianing Tyas