talent pool adalah | aikrut

Talent Pool: Pengertian Hingga Cara Membangunnya

talent pool adalah | aikrut

Perusahaan membutuhkan karyawan untuk mewujudkan keinginan perusahaan di masa depan. Agar mudah mencapainya, Anda perlu untuk mencari orang-orang yang sesuai dengan kemampuan dari suatu posisi pekerjaan. Mereka kemudian akan berada dalam satu database yang bernama Talent Pool.

Anda tidak akan terlewat kandidat yang kompeten berkat kumpulan data tersebut. Calon kandidat yang masuk dalam sistem tersebut adalah orang-orang terpilih yang sesuai dengan keinginan perusahaan. Namun dalam mendapatkannya, Anda perlu melakukan beberapa hal untuk membangunnya.

Melalui artikel ini, Anda akan mengetahui lebih lanjut mengenai definisi Talent Pool dan cara membangunnya. Bacalah hingga akhir.

Talent Pool Adalah?

Sederhananya, Talent Pool adalah calon karyawan yang perlu untuk dipertimbangkan lebih lanjut. Pertimbangan tersebut berdasarkan kemampuan hingga dedikasinya yang sesuai dengan keinginan perusahaan.

Akan tetapi, menggolongkannya agar masuk dalam database ini bukanlah hal yang mudah. Lihatlah beberapa hal yang bisa menjadi penilaian utama tentang kemampuannya, yaitu: profil, hardskill, softskill dan kecocokannya terhadap budaya perusahaan.

Uniknya, Talent Pool bukan hanya dari mereka yang pernah melamat pada perusahaan Anda. Sebagai HRD, Anda juga perlu mencarinya dengan mengandalkan platform pencari kerja terpopuler seperti Linkedin. Platform yang telah ada pada tahun 2002 ini bermanfaat sebagai “pertemuan” antara pencari kerja dan penyedia kerja. Fitur-fiturnya pun menguntungkan kedua pihak sama-sama mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengumpulkan karyawan berpotensi adalah melalui referensi karyawan lain. Mereka akan merekomendasikan seseorang yang dikenalnya untuk mengisi kekosongan divisi yang sedang membuka karyawan baru.

Referensi lain yang dapat berguna untuk mendapatkan Talent Pool adalah mendapatkan rekomendasi dari perusahaan lain. Selain mampu menambah daftar profil karyawan yang potensial, Anda pun dapat menjaga hubungan baik dengan perusahaan lain. Hubungan tersebut akan mendapatkan keuntungan lainnya.

Kapan Waktu yang Tepat Saat Menggunakan Talent Pool?

Talent Pool tidak langsung berdampak pada perusahaan. Namun database tersebut sangat dibutuhkan saat perusahaan tengah kehilangan karyawan pada suatu posisi tertentu.

Melalui Talent Pool, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mencari karyawan mulai dari awal. Anda perlu menghubunginya kembali menanyakan kesediaannya untuk mengikuti runtutan proses rekrutmen pada perusahaan Anda.

Perlu Anda ingat bahwa Talent Pool tidak menghilangkan tahapan rekrutmen, namun mempersingkat pencarian talent potensial untuk mengisi kekosongan divisi pekerjaan di perusahaan Anda. Lakukanlah proses rekrutmenyang runtut agar mendapatkan karyawan yang sesuai kebutuhan perusahaan.

Cara Membangun Talent Pool

Kumpulan para talent ini tidak mudah untuk didapatkan. Anda harus melakukan beberapa hal agar mendapatkan kumpulan-kumpulan calon karyawan yang berpotensi untuk masuk dalam perusahaan Anda. Berikut ini cara-cara yang bisa Anda lakukan:

1. Marketing Rekrutmen

HRD bertanggung jawab terhadap nama baik perusahaan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah membangun citra melalui karyawan atau Employee Branding.

Lewat cara ini, Anda berusaha untuk memberikan kompetensi yang sesuai dengan bidang pekerjaannya melalui pelatihan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan perasaan nyaman dari karyawan dan mengurangi niatnya untuk keluar dari perusahaan Anda.

Selain itu, Employee Branding dapat bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan calon karyawan yang ingin memasukan lowongannya di perusahaan Anda. Marketing rekrutmen juga bisa menggunakan website untuk memasukan satu bagian untuk memasukan lowongan mereka.

2. Selalu Pertahankan Relasi Kepada Mereka

Jika Anda tidak meloloskan beberapa calon karyawan, jangan langsung memutuskan hubungan komunikasi terhadap mereka. Tetaplah menjalin komunikasi yang memungkinkan seperti saling mengikuti Linkedin. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui kegiatan dan kesibukannya. Relasi itulah yang akan memudahkan Anda untuk menjalin komunikasi jika dia adalah salah satu orang yang masuk dalam golongan Talent Pool Anda..

Relasi ini juga bisa Anda gunakan untuk melakukan branding dengan mengajak mereka untuk mengikuti beberapa event perusahaan hingga pesan-pesan singkat yang dikirimkan melalui Email. Cara ini bertujuan agar mereka mengetahui budaya kerja dari perusahaan Anda.

3. Siapkan Talent Pool Dalam Perusahaan

Memenuhi Talent Pool bisa dari karyawan perusahaan Anda. Karyawan tersebut akan diseleksi dengan menggunakan cara Succession Planning.

Istilah itu merujuk kepada cara Anda dalam mengembangkan kemampuan karyawan untuk menggantikan posisi leader pada suatu divisi.

Dengan metode ini, Anda tidak perlu lagi untuk melakukan onboarding seperti pada karyawan baru. Hal itu karena hanya melanjutkan tugas dari leader sebelumnya.

Talent Pool Juga Bisa Melalui Recruitment Tools

Mendapatkan kumpulan calon karyawan yang potensi harus diimbangi dengan beberapa tes yang harus dia ikuti. Alangkah lebih baik jika tes tersebut diimbangi dengan penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI).

Teknologi AI akan membantu Anda untuk mengetahui kepribadian mereka melalui berbagai tes yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang dimiliki Aikrut.

Melalui hasil analisis tersebut, Anda akan lebih dipermudah dengan menentukan calon karyawan yang tergolong dalam Talent Pool. Dengan demikian Anda tidak perlu lagi kesusahan untuk menentukan siapa saja yang ingin dimasukan ke dalam database tersebut.

Segera kumpulkan calon karyawan yang potensial Anda dengan bantuan AI yang terbaik bersama Aikrut!

Referensi:

https://employers.glints.com/id-id/blog/pengertian-talent-pool-dan-manfaatnya/

https://www.kitalulus.com/bisnis/talent-pool-adalah#toc-2

Tentang Penulis

Ella Dyan Septianing Tyas