Rekrut Kandidat Terbaik dengan Budget Minim

Pelajari cara merekrut talenta terbaik dengan anggaran kecil! Temukan cara kreatif dan hemat biaya untuk menarik dan merekrut kandidat terbaik. Mempekerjakan bakat yang sempurna untuk perusahaan, jika Anda tidak memiliki anggaran yang besar.

Pentingnya employer branding

Perekrutan adalah mengenai iklan yang mencolok, dan menarik audiens yang tepat dengan pesan yang tepat. Dengan membuat karyawan Anda senang, mengikuti sosial media Anda, dan memastikan pesan Anda konsisten, citra eksternal perusahaan Anda akan positif dan Anda akan membangun merek perusahaan yang menarik.Berdasarkan data dari Deloitte, didapat bahwa kebanyakan kandidat sebanyak 75% tidak akan mengambil pekerjaan yang memiliki reputasi yang buruk. 

Karena itu, calon pencari kerja akan tertarik dengan posisi dan perusahaan secara keseluruhan. Ingatlah bahwa ada cara hemat biaya untuk menempatkan bisnis Anda di luar sana, jadi jangan merasa terbatas karena anggaran Anda.

Bagaimana cara merekrut dengan anggaran kecil?

Ada banyak metode perekrutan yang berhasil. Untuk merekrut program perangkat lunak, tempat-tempat seperti aikrut.id dan LinkedIn Talent membuatnya cukup mudah untuk secara efektif menargetkan kandidat yang memenuhi syarat.

Jika Anda menginginkan pendekatan yang lebih pribadi, perguruan tinggi dan sekolah menengah menawarkan Job fair bagi orang-orang yang secara aktif mencari pekerjaan atau magang. Saat ini, banyak perguruan tinggi dan universitas juga mengadakan online job fair.

4 metode perekrutan berbiaya rendah teratas

Referral program, Job Fair, perekrutan sosial media, dan posting pekerjaan secara rutin adalah semua cara yang membuat orang tertarik pada perusahaan Anda. Tidak lama lagi, Anda akan dapat menarik karyawan yang berkomitmen dan setia untuk ditambahkan ke perusahaan Anda. Bergantung pada media mana yang Anda pilih dan sukai, cara-cara di bawah ini menjelaskan lebih detail tentang cara mendekatinya dengan biaya yang efektif.

Metode rekrutmen #1: Buat postingan lowongan yang menarik

Sebuah studi Glassdoor menunjukkan 5 hal teratas yang diperhatikan orang saat meneliti perusahaan dan membuka posisi pekerjaan.

Poin-poin di bawah ini adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan untuk membuat posting pekerjaan yang menarik saat membuat postingan lowongan kerja da pesan yang ditunjukkan

  • Gaji (67%)
  • Manfaat (63%)
  • Lokasi (59%)
  • Waktu perjalanan (43%)
  • Ulasan karyawan (32%).
  • Statistik deskripsi pekerjaan

Metode rekrutmen #2: Pergi ke Job fair. 

Job fair adalah cara yang berdampak untuk berkomunikasi tatap muka dengan orang-orang yang secara aktif mencari pekerjaan. Anda dapat meneliti perguruan tinggi di dekat Anda, dan tergantung pada industri apa yang dicari oleh perusahaan Anda, Anda dapat pergi ke career fair jurusan tertentu.

Misalnya, dengan membuka posisi pemasaran, fakultas komunikasi dan sekolah bisnis. Hal ini menjadi cara yang efektif untuk menemukan kandidat yang memenuhi syarat. Ini juga merupakan pendekatan yang hemat biaya. Terlebih saat ini, dengan COVID-19 yang berlaku penuh, banyak tempat telah mengalihkan ke online job fair, jadi cara pencarian kandidat ini masih relevan dengan keadaan pandemi.

Metode rekrutmen #3: Minta karyawan Anda untuk memakai referral program

Menurut Glassdoor, 45% orang telah menemukan pekerjaan mereka dari referensi teman. Program referral karyawan adalah peluang besar untuk mendapatkan orang-orang yang berpikiran sama di perusahaan Anda. Sehingga risiko bentrok dengan karyawan dapat dikurangi. Ini juga memberikan wajah pada bisnis Anda dan juga berfungsi sebagai testimoni yang dipersonalisasi.

Untuk meningkatkan inisiatif ini, mungkin ada baiknya untuk memberikan penghargaan atas program referral kepada karyawan Anda. Hal ini untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan lebih banyak orang di dalamnya. Insentif referral teman dapat mencakup pendukung kuat yang menerima berbagai hal tergantung pada anggaran Anda:

  • Kartu hadiah
  • Manfaat tunai
  • Menyumbangkan uang untuk suatu tujuan
  • Tiket kelas untuk yoga, pilates, dll
  • Pilihan bekerja dari rumah
  • Hari libur tertentu.

Metode rekrutmen #4: Perbarui platform sosial media

Dengan semua hal hebat yang Anda dan bisnis Anda lakukan, kehadiran sosial media menjadi sangat penting sekarang. Ini membantu kandidat untuk mengetahui siapa karyawannya, apa yang perusahaan lakukan, dan kehidupan sehari-hari di tempat kerja. Tanpa kehadiran sosial media, ini mungkin membuat para pencari kerja berpikir bahwa bisnis Anda tertutup dan tidak terpercaya.

Saat ini, orang tampaknya lebih tertarik pada perusahaan yang menghargai karyawan mereka, yang transparan dan juga memiliki exposure sosial media yang kuat. Menurut sebuah studi di Resume Lab, setelah seseorang menerima tawaran pekerjaan, 37% mengatakan mereka akan pindah ke tawaran pekerjaan lain jika mereka tidak dapat menemukan informasi yang cukup tentang perusahaan secara online.

Hal ni menunjukkan bahwa ada berbagai hal yang harus diprioritaskan saat membuat perusahaan Anda dapat dipasarkan dan menarik bagi pencari kerja, dan itu tidak selalu merupakan hal yang akan merusak anggaran Anda. Sosial media adalah alat gratis yang merupakan bagian besar dari pencarian pekerjaan orang, jadi pastikan untuk memulai platform bisnis Anda (atau mengubah yang sudah Anda miliki).

2 cara yang terbukti untuk menarik talenta terbaik.

Dengan karyawan yang puas menyuarakan testimoni mereka secara online, secara otomatis membuat pekerjaan itu lebih menarik bagi orang-orang yang terlibat pada posisi itu sendiri. Ada bisnis yang mungkin tampak bagus di seluruh situs web dan deskripsi pekerjaan mereka, tetapi kenyataannya tidak.

Pencari kerja peduli dengan hal ini, dan itulah mengapa penting untuk fokus pada kepuasan karyawan internal. Ada cara lain untuk membuat perusahaan lebih menarik juga. Daftar di bawah ini memberikan 2 cara tambahan untuk membuat karyawan tetap bahagia di dalam organisasi, dan cara untuk mempromosikan hal-hal secara eksternal juga agar dapat dilihat oleh pencari kerja.

1. Tingkatkan rasa percaya Anda dengan perusahaan.

Tempat yang mengangkat orang dan membuat mereka merasa dikenali adalah tempat yang tidak luput dari perhatian. Melalui gratifikasi dalam organisasi, Anda akan menciptakan karyawan yang bahagia dan lebih termotivasi. Hal itu bisa disampaikan melalui sosial media atau tempat-tempat seperti Glassdoor, di mana karyawan dapat menulis ulasan mereka tentang bagaimana pengalaman mereka di perusahaan selama ini.

Dengan situs web seperti Glassdoor yang membuat testimoni orang-orang terhadap perusahaan menjadi publik, penting untuk membuat perusahaan Anda menarik di dalam organisasi, agar menarik secara eksternal. Ada cara untuk membuat karyawan merasa diakui dan diperhatikan, dan kata-kata terima kasih adalah awal yang baik.

2. Sediakan waktu luang

Untuk mempromosikan healthy work-life balance, cuti berbayar yang murah hati penting bagi banyak karyawan. Ini memungkinkan mereka untuk beristirahat dari pekerjaan dan fokus pada kesehatan mental dan fisik mereka.

Pekerjaan adalah bagian besar dari kehidupan orang, dan perusahaan yang benar-benar peduli dengan kesejahteraan karyawannya adalah pekerjaan yang diinginkan orang. Ini adalah manfaat yang mungkin akan dilihat, diperhatikan, dan diharapkan mendorong mereka untuk melamar.

Pentingnya tunjangan karyawan untuk perekrutan

Meskipun perusahaan-perusahaan di bawah biasanya memiliki anggaran yang besar, mereka telah menemukan cara-cara inovatif untuk menjadi hemat biaya dan kompetitif pada saat yang sama. Ini adalah sesuatu yang dapat dipelajari oleh bisnis mana pun, kecil atau besar.

Membuat versi Anda sendiri yang unik dapat membantu Anda menjangkau orang yang Anda inginkan untuk posisi pekerjaan tersebut. Dari Facebook hingga Google, perusahaan besar ini dapat memberikan inspirasi untuk apa yang ingin Anda mulai terapkan.

Contoh #1: Facebook

Proses rekrutmen Facebook membanggakan dirinya karena serba cepat. Ini tidak hanya menunjukkan siapa kandidat yang cepat dan tepat waktu, tetapi ini memastikan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk iklan dan mempertahankan posting pekerjaan, diturunkan.

Efisiensi adalah kunci jika Anda ingin menjaga harga tetap rendah, dan menghabiskan waktu secara produktif. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa pencarian kerja karyawan terbaru biasanya berlangsung kurang dari 2 bulan, jadi penting untuk memberikan tanggapan cepat dan membuat orang tetap terhubung.

Jika Anda memiliki proses rekrutmen yang lama, diperpanjang, dan tertunda, orang mungkin menerima tawaran lain di tempat lain selama periode waktu tersebut.

Contoh #2: Tesla

Merek kendaraan Amerika memiliki wawancara yang unik dan sedikit berbeda dari banyak tempat lain. Mereka menemukan kandidat yang siap menghadapi tantangan, dan benar-benar mengetahui seluk beluk posisi tersebut. Ini membutuhkan lebih sedikit jam yang dihabiskan untuk pelatihan, yang dapat membantu dengan biaya perekrutan.

Menurut posting Wikibuy, rata-rata biaya per sewa adalah $3.000, yang bisa sangat banyak untuk perusahaan pemula yang lebih kecil.

Contoh #3: Google

Google sangat terorganisir dalam hal proses rekrutmen mereka. Ini tidak menyisakan ruang untuk kebingungan atau inkonsistensi, yang juga penting bagi kandidat.

Mereka mulai dengan pemutaran telepon, kemudian wawancara langsung, dengan skala peringkat empat poin yang dimiliki pewawancara.

Menemukan kandidat yang tepat bisa jadi sulit, dan dengan organisasi dan proses yang tepat seperti yang dimiliki Google, hal itu membuat segalanya lebih terstruktur dan efisien.

Takeaway utama: Tidak ada anggaran perekrutan? Menjadi kreatif!

Penting untuk menemukan karyawan yang tepat. Untungnya, menemukan bakat yang sempurna untuk perusahaan Anda tidak perlu diselesaikan jika Anda tidak memiliki anggaran yang besar.

Tentang Penulis

Denan Alifia