program pelatihan karyawan | Aikrut

Program Pelatihan Karyawan yang Wajib HRD Lakukan

program pelatihan karyawan | Aikrut

Kehadiran karyawan sangat penting untuk perusahaan sehingga kemampuannya pun perlu untuk selalu ditingkatkan. Maka dari itu mengikut sertakan pada program pelatihan karyawan suatu kegiatan yang tidak boleh untuk dilewatkan.

Kegiatan pelatihan tidak akan sia-sia jika diterapkan sebagaimana mestinya. Dengan mengikuti kegiatan tersebut, sumber daya manusia pada perusahaan Anda akan meningkat dari segi kemampuan dan juga kualitas.

Dalam praktiknya, waktu yang berkala adalah durasi yang tepat saat mengadakan program pelatihan untuk karyawan. Hal itu untuk memastikan kualitas karyawan suatu perusahaan mengikuti tuntunan perusahaan yang selalu berkembang.

Sebagai HRD, Anda perlu memastikan program pelatihan tersebut didampingi oleh para ahli pada pakarnya masing-masing.

Selain sesuai dengan bidang pekerjaannya, ada pun program-program pelatihan ini yang juga perlu untuk Anda jadwalkan kepada tiap karyawan. Meskipun berbeda, banyak perusahaan yang melakukan berbagai pelatihan karyawan pada masa yang akan datang sebagai berikut ini.

1. Beragam Jenis Program Pelatihan Karyawan Bersifat Training

Istilah training atau pelatihan memang sering kita dengar saat memasuki dunia kerja. Namun, pelatihan sendiri memiliki berbagai jenis/ Semua itu dapat dijadikan sebagai program pelatihan karyawan di perusahaan Anda. Berikut selengkapnya.

Team Training

Seperti namanya, pelatihan tim adalah kumpulan karyawan dalam satu tim yang bertugas menyesaikan tugas bersama-sama dengan waktu yang telah ada. Jenis program pelatihan ini melatih untuk saling berkolaborasi dengan menerapkan komunikasi yang baik antar karyawan.

Meskipun semua anggotanya memiliki tugas untuk mencapai hasil akhir, namun setiap individu memiliki caranya sendiri dalam mencapainya. Melalui team training, mereka harus mengurangi ego untuk dapat mencapai hasil dengan cara bersama-sama.

Pada suatu sumber menyatakan bahwa setiap karyawan harus mengenal karakter satu sama lain dalam satu kelompok. Jika tidak, konflik menjadi hal yang sangat mungkin terjadi yang menyebabkan perpecahan. Akhirnya tidak berhasil mencapai target.

Pelatihan Lintas Fungsional

Jenis program pelatihan karyawan ini memilik nama lain yaitu Cross Functional Training. Karyawan tidak lagi harus memperdalam pengetahuan tentang bidangnya saja. Akan tetapi menambah pengetahuan tentang bidang pekerjaan yang lainnya adalah hal yang juga perlu dimiliki.

Pelatihan ini tidak bermaksud untuk membuat mereka menjadi mengerjakan job description yang berbeda. Dengan pelatihan ini, setiap karyawan perlu mampu memahami cara kerja perusahaan secara luas.

Pelatihan Ulang (Re-training)

Pelatihan ulang adalah jenis pelatihan yang tidak boleh ketinggalan karena bertujuan untuk membekali karyawan dengan pembelajaran yang terus berkembang pada setiap saat. Perusahaan jerap meakukan pelatihan ini untuk melakukan pembaharuan ilmu yang sesuai dengan yang sedang terjadi saat ini.

Contoh Re-training adalah ketika Anda mengadakan pelatihan kepada posisi HRD.  Dahulu rekrutmen HRD berfokus pada penguasaan alat tes, namun kini di zaman digital HRD telah dipermudah dengan adanya berbagai HR support tools.

2. Program Pelatihan untuk Karyawan yang Berprestasi

Karyawan berprestasi harus mendapat apresiasi. Tidak hanya berupa barang, mengikutinya beberapa program pelatihan adalah salah satu “hadiah” lainnya. Terdapar dua jenis pelatihan yang khusus untuk para karyawan teladan.

Pelatihan pertama adalah Program Pendidikan. Berikanlah penghargaan ini kepada karyawan yang sedang menempuh jenjang pendidikan lanjutan. Tidak hanya bagi mereka yang sedang menempuh pendidikan lanjutan. Apresiasi ini dapat Anda berikan kepada karyawan yang jenjang pendidikannya belum sepadan dengan karyawan-karyawan yang selevel.

Program pelatihan untuk karyawan berprestasi lainnya adalah Job Enrichment. Setiap perusahaan menjalankan Job Enrichment secara berbeda. Ada yang melakukan apresiasi ini dengan menambahkan tugas yang khusus seperti menggantikan tugas atasan. Ada pula yan melakukan program ini dengan memberikan keuntungan-keuntungan tersebut kepada semua karyawan yang selevel dengan mereka.

Meskipun terdengar sulit, namun pergantian tugas ini hanya mampu dilakukan oleh mereka yang memiliki kemampuan setara dengan atasan.

3. Program Magang

Program pelatihan karyawan ini tidak berbeda jauh dengan program pelatihan lintas fungsional. Baik program magang dan lintas fungsional memungkinkan setiap karyawan mempelajari tugas dari lintas bidang pekerjaan.

Namun program magang dapat Anda lakukan di dalam atau luar perusahaan. Jika dalam perusahaan, Anda dapat mengadakat program pelatihan karyawan lintas bidang pekerjaan selama 1-3 bulan. Jika diluar perusahaan, Anda dapat mengirimkan karyawan kepada perusahaan luar yang menjadi partner dengan perusaaan Anda. Mereka akan belajar sesuai dengan bidangnya.

Rekomendasi Program-Program Pelatihan Karyawan

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, pelatihan yang tidak sesuai dengan bidang kerjanya juga perlu untuk dilakukan. Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang bisa Anda jadikan sebagai program pelatihan untuk karyawan.

1. Kemampuan Komunikasi

Komunikasi dalam lingkup pekerjaan akan mempengaruhi produktivitas kerja. Selain itu, menjaga hubungan baik antar divisi dalam pekerjaan dapat dilakukan dengan menerapkan teknik komunikasi yang baik.

2. Kemampuan Presentasi

Sebagai karyawan, kemampuan ini perlu untuk Anda miliki. Saat Anda ingin menyampaikan gagasan kepada atasan, presentasi adalah cara yang kerap digunakan. Mulai gaya bahasa tubuh, intonasi nada hingga model presentasi yang menyesuaikan dengan Audiens adalah poin-poin yang penting Anda ketahui.

3. Problem Solving

Program pelatihan karyawan ini bertujuan agar karyawan dapat mengantisipasi setiap permasalahan yang pasti terjadi di perusahaan. Oleh karena itu cara untuk mengatasinya adalah hal yang wajib diketahui agar menjamin keberlangsungan perusahaan.

4. Program pelatihan kepemimpinan

Materi pembelajaran ini tidak hanya untuk para lead, namun karyawan harus punya softskill ini. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada mereka menjadi seorang pemimpin yang baik. Oleh karena itu program pelatihan karyawan ini adalah yang perlu Anda pertimbangkan untuk ada di perusahaan Anda.

Buat Program Pelatihan Karyawan yang Benar Dengan Cara ini

Adanya karyawan pada perusahaan adalah hal yang mampu menunjang visi dan misi perusahaan. Agar dapat meraihknya, seorang HRD harus mempersiapkan beberapa jenis program pelatihan karyawan di atas.

Akan tetapi Anda tidak boleh sembarangan dalam menentukan program apa yang lakan mereka ikuti. Semua itu harus menyesuaikan dengan kepribadian dari tiap karyawan agar pelatihan tersebut dapat bermanfaat.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan tes kepribadian kepada karyawan dalam waktu yang berkala menggunakan Skillana. Anda pun dapat mengetahui hasil-hasil kepribadian mereka dengan mebggunakan teknologi Artificial inteligence melalui platform Aikrut.

Gunakan semua platform Widya Skilloka untuk menjaga produktivitas kerja yang lebih baik.

Referensi:

https://www.mditack.co.id/2020/09/10/8-jenis-pelatihan-karyawan-yang-paling-dibutuhkan-saat-ini/

https://marksharetraining.co.id/contoh-program-pelatihan-karyawan/

Tentang Penulis

Ella Dyan Septianing Tyas