penyebab kurang fokus | aikrut

Penyebab Kurang Fokus yang Mengganggu Pekerjaan Kantor

penyebab kurang fokus | aikrut

Fokus adalah hal utama saat mengerjakan tugas di kantor. Terkadang hal itu masih belum dirasakan oleh setiap karyawan. Oleh karena itu penyebab kurang fokus harus Anda minimalisir sebaik mungkin.

Tak dipungkiri, fokus adalah kunci dalam produktivitas kerja yang baik. Dengan konsentrasi yang tinggi, Anda akan mampu mengerjakan tugas-tugas kantor dengan baik. Namun apakah Anda salah satu orang yang tidak fokus dan bingung akan penyebabnya?

Artikel ini akan membantu Anda untuk mencari tahu jawabannya. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Penyebab Kurang Fokus Karena Gadget

Tak dipungkiri, berkembangnya teknologi juga berdampak pada produktivitas kerja Anda. Selain mempercepat pekerjakan, Gadget juga dapat menjadi penyebab kurang fokus saat bekerja. Hal ini bukan semata-mata karena perangkatnya, namun beragamnya aplikasi di gadget Anda yang menjadi penyebabnya.

Saat notifikasi muncul, umumnya gadget Anda akan menampilkan pop up pemberitahuan. Bahkan ada pula yang disertai dengan suara. Kedua hal itulah yang menyebabkan Anda mengalihkan pandangan menjadi ke gadget yang berbunyi tersebut dan fokus akan terpecah.

Kenyataan tersebut tidak bisa kita hindari. Bagaimanapun kekurangannya, gadget adalah teknologi yang harus ada pada setiap pekerjaan. Akan tetapi Anda dapat meminimalisirnya dengan memetikan dering gadget, menggunakan mode “jangan ganggu”.

Menerapkan dua cara tersebut tidak membuat Anda ketinggalan informasi penting. Anda dapat mengkostumisasi mode tersebut dengan memilih beberap aplikasi yang tetap perlu untuk dibunyikan.

Over time

Menjadi pekerja harus siap dengan segala situasi yang tidak terprediksi sebelumnya. Salah satu situasi tersebut adalah begadang.

Over time atau lembur kerrap terjadi karena tugas yang tidak mampu terselesaikan dalam waktu tertentu. Bisa jadi, penyebab kurang fokus ini adalah tambahan tugas dari atasan sehingga Anda sulit untuk mengatur pekerjaan yang harus segera terselesaikan.

Begadang ini membuat Anda kurang beristirahat.Padahal istirahat penting untuk dilakukan oleh karyawan. Jika situasinya tidak memungkinkan, cobalah untuk beristirahat 15-30 menit saat jam istirahat kantor. Hal ini berguna untuk mengembalikan energi yang terkuras saat mengerjakan tugas yang menumpuk.

Tdak hanya tugas, absensi pun terkadang terlewatkan karena kurang fokus. Agar meminimalisir kejadian tersebut, perusahaan Anda wajib menggunakan fitur absesensi berbasis Artificial Inteligence bernama HRIS by Widya Skilloka.

Selain memudahkan absensi, jadwal lebur dapat dikontrol hanya dalam satu aplikasi. Dengan demikian, Anda lebih mudah untuk mengetahui data-data karyawan terkait over time atau lembur.

Tempat Kerja yang Tidak Nyaman

Tempat kerja yang nyaman dapat mengurangi penyebab kurang fokus yang mengganggu produktivitas. Kantor yang tidak nyaman dapat disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya:

Terlalu kecil

Ruangan yang kecil memang memudahkan Anda untuk berkoordinasi. Namun akan mengganggu konsentrasi jika ruangan tersebut tidak seimbang dengan jumlah karyawan kantor Anda.

Ruangan kecil ini membuat tidak ada privasi dalam kantor. Misalnya saja meeting antar divisi, mau tidak mau divisi lain akan mengetahui hasil rapatnya. Selain itu, informasi yang akan disampaikan akan ias karena kurang gangguan dari divisi lainnya.

Berisik

Kebisingan yang timbul bisa dari gangguan-gangguan seperti menyalakan musik terlalu kencang. Bahkan bisa jadi gangguan tersebut karena perayawaan satu divisi yang mengganggu konsentrasi Anda.

Jika kedua kemungkinan terjadi pada perusahaan Anda, sebaiknya buatlah peraturan yang mengatur para karyawan. Dengan peraturan tersebut, para karyawan akan sama-sama menjaga situasi yang kondusif demi kebaikan bersama.

Terpaksa Mengerjakan Tugas

Efisiensi perusahaan membuat beberapa orang mengerjakan tugas yang berlebihan. Sayangnya, hal tersebut dapat terjadi hingga karyawan dituntut untuk mengerjakan tugas yang bukan keahliannya.

Sebagai HRD, Anda seharusnya dapat membuat peraturan sama-sama mendapatkan keadilan dalam kantor. Meskipun efisiensi tenaga kerja dan mengharuskan demikian, Ketahuilah bahkan tidak semua karyawan mampu mengerjakan tugas tersebut.

Penyebab kurang fokus ini bisa menjadi pemicu turnover yang tinggi. Atas pertimbangan itu, Anda perlu mengambil asesmen yang ada di Aikrut.

Asesmen ini membantu Anda untuk mengetahui model kepemimpinan, cara kerja hingga bakat mereka. Setelah itu, pilihlah kembali karyawan-karyawan yang sekiranya bisa melakukan pekerjaan tugas berlebihan. Dengan demikian, karyawan tersebut dapat mengerjakan tugas sesuai dengan keahliannya.

Aikrut Membantu Anda Mengurangi Penyebab Kurang Fokus Di Kantor

Kurang fokus dapat terjadi akibat hal-hal tersebut. Kita tidak mungkin untuk menghindarinya, namun kita dapat menguranginya.

Sebagai HRD, salah satu tugas Anda adalah memastikan seluruh karyawan mengerjakan tugasnya dengan baik. Oleh karena itu, platform Aikrut dengan beragam metode tesnya dapat mengurangi penyebab kurang fokus tersebut.

Aikrut bekerja menggunakan Artificial Intelligence (AI) saat karyawan menjawab tes-tes yang kami berikan. Hasil analisa tersebut dapat Anda gunakan untuk hal-hal penting yang berkaitan dengan kantor dan karyawan.

Gunakanlah Aikrut agar perusahaan berjakan kondusif dan produktivitas meningkat.

Referensi:

https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/sehat-bugar/penyebab-tidak-fokus-saat-bekerja-dan-solusinya

Tentang Penulis

Ella Dyan Septianing Tyas