leadership adalah

Pentingnya Jiwa Leadership untuk Merekrut Talent

Leadership adalah fungsi manajemen vital yang akan membantu mengarahkan sumber daya organisasi demi tim yang efisien. Talent yang memiliki sifat kepemimpinan memiliki potensi untuk berpikiran jernih dan sistematis, serta dapat memotivasi dan mengarahkan organisasi untuk mencapai target. Dimanapun posisi Anda saat ini, perlu halnya untuk mengetahui pentingnya untuk merekrut seseorang yang memiliki sifat leadership.

Dalam artikel ini, kita membahas tentang pentingnya jiwa leadership untuk seorang talent.

Dilansir dari Skillana, leadership adalah skill yang dimiliki oleh seorang pemimpin yang bertanggungjawab, mudah bergaul, terorganisir, dan visioner. Berikut adalah 11 sebab pentingnya jiwa leadership untuk seorang talent.

1. Lebih Mudah untuk Mencanangkan Target

woman placing sticky notes on wall

Sifat leadership yang berhasil adalah dapat membentuk visi yang jelas tentang apa saja yang bisa dicapai oleh tim. Talent yang memiliki sifat visioner akan mempersiapkan sebuah “peta” yang dapat merinci langkah-langkah dan sumber daya yang dibutuhkan tim untuk sampai ke tujuan. Apabila talent memiliki sifat ini, talent akan lebih mudah untuk menetapkan target dan cara-cara apa saja yang akan dilakukan.

2. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Handal

Seorang leader biasanya membantu untuk mengkomunikasikan visi dan misi kepada karyawan lainnya. Talent yang memiliki keterampilan ini dapat mengarahkan dan membantu tim untuk mengidentifikasikan peran yang cocok, dilihat dari keahlian dan pengalaman. Melalui komunikasi yang jelas dan efektif, seorang talent dapat mengajak seluruh tim untuk dapat bekerja mencapai kepentingan bersama.

3. Dapat Mengambil Keputusan Secara Sistematis

people meeting in room

Decision making atau pengambilan keputusan adalah salah satu keahlian leadership terpenting. Talent yang memiliki sifat leadership akan sukses mengambil keputusan terbaik untuk tim dalam segala situasi. Ia akan mempertimbangkan potensi dan halangan untuk mengambil keputusan. Selain itu, talent juga akan lebih berhati-hari dengan memperhatikan kekuatan dan kelemahan tim, demi memastikan bahwa pilihannya akan menempatkannya pada keuntungan sekarang dan di masa depan.

4. Memiliki Semangat yang Lebih Tinggi Dibanding Talent Lainnya

Seorang leader adalah orang yang bersemangat tentang visinya dan berusaha untuk mempengaruhi orang-orang di sekitarnya. Hal ini biasa dilakukan leader untuk mencapai tujuan mereka. Dengan memiliki sifat ini, talent akan menginspirasi orang-orang di sekitarnya untuk ikut serta dalam tim. Talent juga akan menghidupkan tim dan sebagai alasan yang kuat orang-orang dapat betah untuk tetap bertahan.

5. Dapat Mengarahkan Tim

two men and four women meeting in office

Saat seseorang menyampaikan ide kepada tim, leader biasanya mengawasi pekerjaannya untuk memastikan apakah sudah sesuai atau tidak. Talent yang memiliki keahlian ini dapat mengarahkan tim, karena terbiasa untuk melihat apa yang dilakukan para anggota. Talent akan memastikan upaya tim selaras dengan target dan tujuan. Selain itu, talent juga dapat memperhatikan gaya pekerjaan tim, bahkan dapat menentukan strategi untuk meningkatkan efisiensi anggota.

6. Berkomitmen untuk Mencapai Kesuksesan

Leader yang baik akan berkomitmen atas kesuksesan tim dan karyawannya. Dengan memiliki komitmen ini, talent akan berfokus pada target jangka panjang perusahaan dan tidak membiarkan kerikil-kerikil kecil untuk mengganggu jalan mereka. Apabila talent merasa kesulitan, talent akan memotivasi timnya dan membantu untuk menghadapi masalah demi tujuan bersama.

7. Memiliki Integritas

Leadership yang sukses akan mengajarkan tentang nilai etik suatu tim. Jika talent memiliki sifat ini, ia akan sukses untuk melakukan hal yang tepat demi mencapai tujuan. Talent memiliki pandangan bahwa integritas, kebenaran, dan keadilan adalah prinsip-prinsip terpenting yang akan mereka bawa dalam hubungan ke perusahaan maupun klien.

8. Percaya Diri akan Kemampuan

Seorang talent yang memiliki sifat percaya diri akan membantu tim untuk dapat bekerja dengan baik. Talent akan mengekspresikan kepercayaan pada kemampuan semua orang dan secara tidak langsung akan memberi sugesti bahwa semua orang dapat melakukan apapun. Talent akan mendengarkan kekhawatiran tim akan kemampuan, memberikan feedback positif, dan memastikan lingkungan kantor dapat beradaptasi dengan semua karyawan.

9. Dapat Dipercaya

couple drinking coffee inside coffee shop

Leader berusaha meningkatkan moral tim dengan mendapatkan kepercayaan. Talent akan berusaha memberi contoh yang baik kepada tim dan berusaha untuk menjadi orang yang dapat dipercaya. Dengan ini, tim akan lebih terbuka kepada talent dan dapat bekerjasama dengan baik. Tim juga akan lebih bersemangat dan termotivasi dikarenakan ada talent yang telah menjadi bagian dari mereka. Semangat kerja yant tinggi di antara karyawan mengurangi gangguan dan memotivasi mereka untuk mencurahkan energi mereka untuk mencapai tujuan tim.

10. Dapat Membentuk Lingkungan yang Dapat Berkembang

four people watching on white MacBook on top of glass-top table

Leader terbaik akan membentuk lingkungan tempat semua orang dapat tumbuh. Talent yang memiliki sifat ini terbuka dengan ide-ide baru dan langkah-langkah yang bisa dilakukan. Talent juga akan mengajak tim untuk memberi masukan demi mencapai target. Dengan ini, talent dapat memotivasi tim untuk dapat berkembang menjadi lebih baik.

11. Koordinatif

Skill leadership yang efektif akan menyeimbangkan kepentingan pribadi dengan kepentingan tim. Seorang talent yang memiliki sifat ini akan lebih profesional, dikarenakan sudah tahu mana yang penting untuk dirinya sendiri maupun yang penting untuk tim. Selain itu, talent juga dapat mengerti bahwa orang-orang sekitarnya memiliki berbagai alasan untuk bekerja dalam tim. Ia akan membuat lingkungan dimana tim bisa mencapai tujuan tanpa mengorbankan kepentingan perusahaan.

Untuk membantu Anda dalam merekrut talent, Anda dapat merekrut yang memiliki jiwa leadership lewat Aikrut. Dengan mengisi asesmen di website ini, Anda dapat melihat kandidat mana yang memiliki jiwa leadership yang sejalan dengan perusahaan Anda. Jangan lewatkan kesempatan Anda untuk merekrut dengan mudah menggunakan Aikrut!

Tentang Penulis

Vina Kireina