hrd

Pentingnya HR untuk Bisnis UMKM Anda

white printer paper on brown wooden table

Seperti pemilik usaha lainnya, Anda pasti awalnya mengurus semua kegiatan usaha sendirian. Ini termasuk kegiatan Human Resourcing, atau HR.

Karyawan HR ahli dalam menangani masalah HR, termasuk hubungan dan motivasi karyawan. Tim HR Anda sendiri tidak hanya membantu Anda mengikuti undang-undang ketenagakerjaan, akan tetapi juga memastikan kesehatan dan keselamatan staf Anda.

Tim HR Anda juga dapat mengembangkan kebijakan yang mengarah pada kesejahteraan dan keterlibatan karyawan. Kepuasan karyawan yang telah diatur oleh HR membantu Anda ciptakan sangat penting untuk kesuksesan bisnis Anda.

Sebenarnya, apa pentingnya staff HR?

man using smartphone on chair

Tim HR Anda akan membantu perusahaan Anda lebih dari sekedar menangani karyawan yang sulit dan menangani keluhan mereka. Mereka dapat membantu Anda untuk menciptakan kondisi di mana staff berkembang. Ini dapat menjadikan Anda sebagai image perusahaan yang kuat.

Dilansir dari The Hartford, berikut adalah beberapa peran yang akan dilakukan oleh HR Anda.

Memastikan Kepatuhan terhadap Hukum Ketenagakerjaan

HR memastikan bisnis Anda dapat mematuhi semua undang-undang ketenagakerjaan daerah dan nasional. Ini termasuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang ada dan memeriksa background dari setiap karyawan.

HR juga memelihara file karyawan, memastikan semua dokumen selalu rapi. Beberapa dokumen yang Anda perlukan untuk staff Anda termasuk resume, ijazah dan sertifikat pelatihan, tinjauan pekerjaan, dan pajak dan catatan medis.

Anda juga akan memerlukan banyak dokumen jika karyawan Anda memiliki disabilitas atau kebutuhan khusus lainnya. Membiarkan tim HR Anda menangani masalah ini akan membantu bisnis Anda menghindari masalah hukum yang dapat menghabiskan biaya.

Mempekerjakan & Mempertahankan Karyawan Baru

man in blue dress shirt beside man in white dress shirt

Pengalaman karyawan yang hebat dimulai dengan proses perekrutan. HR bekerja dengan Anda untuk mengelola perekrutan karyawan baru. Mereka menciptakan metode untuk menarik dan merekrut talenta yang terbaik untuk bisnis Anda. Ini termasuk:

  • Menulis deskripsi pekerjaan
  • Menempatkan iklan
  • Resume dan pengumpulan aplikasi
  • Wawancara dan pemeriksaan referensi
  • Tawaran pekerjaan

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan Aikrut sebagai partner Anda untuk mempermudah perekrutan karyawan. Daftar di sini.

Peran HR juga termasuk mengelola Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Prosedur-prosedur ini memiliki implikasi peraturan yang sudah diketahui oleh HR.

Mereka juga tahu kapan harus mempekerjakan orang lain yang ahli di bidang-bidang seperti mempekerjakan sementara atau tenaga teknis.

Pelatihan & Pengembangan Karyawan

man standing in front of group of men

Pengalaman karyawan yang positif akan memberi pengaruh yang lebih besar dibanding perekrutan. Bagaimana perusahaan Anda dapat mengatur, melatih, dan mengembangkan karyawan adalah kunci untuk mempertahankan karyawan. Kegiatan ini juga dapat membandung reputasi bisnis Anda sebagai pemberi kerja yang luar biasa.

HR menerapkan praktik dan prosedur serta mengembangkan sumber daya khusus pemberi kerja. Mereka menerapkan orientasi, pendidikan dan pelatihan, dan cara perencanaan karir terbaik. Mereka juga membawa profesional yang tepat untuk membantu. Ini memastikan karyawan mendapatkan apa yang mereka butuhkan untuk tetap bahagia dan produktif di tempat kerja.

Kompensasi & Manfaat

Ini dapat berakibat buruk, jika tidak dilakukan secara profesional, yang dapat menyebabkan kesengsaraan peraturan bagi pemilik usaha kecil. Personil HR ahli dalam menangani kompensasi karyawan dan tunjangan karyawan yang diatur oleh pemerintah. Ini juga termasuk tunjangan tambahan, seperti biaya kesehatan. HR mengelola semua tugas penting yang terkait dengan pembayaran karyawan. Mereka juga mengelola biaya penggajian dan tunjangan, mengambil tugas-tugas itu dari tangan Anda.

Membuat Buku Pegangan Karyawan

Buku pegangan karyawan sangat penting untuk pengelolaan staf. Di sinilah Anda membagikan kebijakan, praktek, dan prosedur perusahaan Anda secara tertulis. Selain kode etik perusahaan Anda, buku pegangan ini juga harus mencakup aturan-aturan penting. Beberapa contohnya adalah keragaman dan anti-diskriminasi, pelecehan seksual, perekrutan, disiplin, dan pelaporan pengaduan.

Buku pedoman karyawan ini menjawab pertanyaan staff dan membantu mencegah kesalahpahaman. Ini juga merupakan alat untuk mengomunikasikan visi, misi, dan nilai inti perusaaan Anda. HR dapat mengelola buku pegangan karyawan dan membantu Anda mengembangkannya.

Menangani Tinjauan Kinerja

Salah satu yang harus dilakukan pemilik UMKM adalah melakukan tinjauan kinerja. HR membantu menghilangkan hambatan terhadap hubungan karyawan yang positif dengan mengawasi fungsi ini. Itu termasuk evaluasi karyawan, tinjauan tahunan, dan wawancara.

Sejauh mana mereka menangani ini tergantung pada ukuran bisnis Anda. Tetapi personel HR akan menentukan otoritas dalam menentukan tindakan apa yang seharusnya dilakukan. Mereka dapat melakukan proses ini dengan cara yang mempertahankan pengalaman karyawan yang positif juga.

Misalnya, HR dapat memberikan alat dan pelatihan kepada karyawan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas. HR juga membantu Anda melacak kemajuan profesional staff, sehingga karyawan Anda dapat tumbuh. Ini dapat membantu mempertahankan talenta terbaik.

Membentuk Pengalaman dan Budaya Perusahaan

Pengalaman karyawan yang positif mencakup fokus pada keterlibatan dan kesejahteraan karyawan. Ini datang dari penciptaan budaya yang positif yang menangani kebutuhan profesional dan tantangan pribadi setiap karyawan.

Studi menunjukkan bahwa karyawan saat ini lebih mementingkan orang daripada keuntungan. Mereka mengharapkan organisasi untuk mempromosikan nilai-nilai yang dapat mereka ikuti. Mereka juga peduli dengan bagaimana organisasi memperlakukan karyawan.

Itulah sebabnya HRD profesional seringkali dijadikan sebagai “pembentuk budaya” di bisnis Anda. Jika mereka melakukan pekerjaan ini secara efektif, Anda memiliki dasar untuk tempat kerja yang unggul.

Ingatlah, semakin berkembangnya bisnis Anda, Anda semakin membutuhkan seseorang untuk mengorganisir karyawan Anda. Untuk membantu Anda, Anda dapat menggunakan Aikrut sebagai aplikasi untuk mempermudah Anda dalam merekrut karyawan.

Tentang Penulis

Vina Kireina