orientasi karyawan baru | aikrut

Inilah Ragam Persiapan untuk Orientasi Karyawan Baru

orientasi karyawan baru | aikrut

Perusahaan pasti akan membutuhkan karyawan baru untuk memberikan semangat baru dalam merealisasikan visi misinya. Baik pihak perusahaan atau calon karyawan harus mengetahui istilah orientasi karyawan baru karena kegiatan ini sangat penting untuk proses adaptasi oleh karyawan baru di sebuah perusahaan. 

Dalam menjalankannya, terdapat beberapa persiapan yang penting. Maka dari itu, bekali diri Anda dengan pengetahuan terkait orientasi karyawan baru dengan membaca artikel ini.

Persiapan Orientasi Karyawan Baru Bagi Perusahaan

Ibaratnya Anda adalah tuan rumah yang akan kedatangan tamu. Anda akan mempersiapkan banyak hal untuk menyambut mereka.

Berangkat dari perumpamaan tersebut, Anda harus menyambutnya agar mereka terkesan. Maka dari itu, perusahaan harus mempersiapkan ini:

1. Lingkungan yang Kondusif

Situasi dan kondisi adalah penilaian pertama dari karyawan baru. Maka dari itu, persiapkan sebaik mungkin agar mereka merasa nyaman.

Lingkungan kerja saat orientasi karyawan baru beragam jenisnya. Pertama pastikan perusahaan melalui HRD telah memberikan informasi kepada bagian kebersihan untuk membereskan bagian-bagian yang tidak terpakai.

Namun pekerjaan tersebut akan lebih baik jika dikerjakan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ajak karyawan untuk membersihkan ruang kerja mereka sendiri. Agar tidak terlalu membebani staf kebersihan kantor.

2. Persiapan untuk Menambah Kognitif

Melansir dari sumber lainnya, tahapan orientasi karyawan baru bernama lain encounter. Perusahaan wajib mempersiapkan beberapa peralatan untuk memberikan informasi terkait perusahaan. Banyak sekali media untuk menyampaikan informasi tersebut salah satunya adalah Power Point.

Isi dari Power Point ini meliputi: sejarah perusahaan, fasilitas, hingga para top management.

Jika memungkinkan, Anda bisa mengajak karyawan baru tersebut untuk berkenalan dengan beberapa staff perusahaan. Ajak mereka untuk berkeliling ke beberapa divisi yang ada di perusahaan. Pada saat yang bersamaan, berikanlah informasi tambahan terkait divisi-divisi tersebut.

Disamping itu, Anda juga dapat memperkenalkan beberapa fasilitas dan bangunan-bangunan yang kantor miliki. Hal ini agar mempermudah mereka untuk hal-hal lainnya yang berkaitan dengan kantor.

Langkah lain dalam orientasi karyawan baru yaitu memberikan job description kepada calon karyawan baru. Jika perlu, Anda juga dapat menceritakan hambatan-hambatan yang pernah ditemukan oleh pendahulunya.

Selain itu, ceritakan bagaimana mereka berusaha untuk menyelesaikan permasalahannya. Hal ini sangat perlu untuk menjadi pijakan awal mereka untuk menentukan langkah selanjutnya dalam bekerja sesuai dengan cara kerja.

3. Siapkan Kit

Itu adalah sebuah peralatan yang berguna untuk menunjang kinerja mereka. Melansir dari sumber di internet, banyak alat-alat yang menunjang kinerja mereka selama di kantor. 

Namun perlengkapan tersebut tidak selalu ada saat menjalankan orientasi karyawan baru. Hal itu tergantung dengan kebutuhan dan pembiayaan setiap perusahaan. Namun jika alat-alat kit sangat perlu, maka itu harus disegerakan untuk menunjang kebutuhan karyawan baru.

Saat pemberian kit ini pastikan sesuaikan dengan kebutuhannya saat bekerja. Jika karyawan baru Anda adalah orang-orang yang banyak terlibat dan berkomunikasi dengan orang lain, maka kit yang penting adalah seragam, beberapa identitas pengenal diri, hingga kendaraan bermotor jika perlu.

Persiapan untuk Karyawan Baru

Setelah mengetahui apa saja yang perlu perusahaan siapkan, saatnya untuk mengetahui beberapa persiapan untuk karyawan baru seperti yang berikut ini:

1. Bawa Perlengkapan

Dalam meminimalisir perlengkapan yang tidak terpakai, ada baiknya untuk menanyakan ke pihak perusahaan terkait apa saja yang akan dibawa. Umumnya pada saat orientasi karyawan baru, Anda tidak disarankan untuk membawa barang-barang yang banyak. Umumnya, perusahaan hanya menginstruksikan untuk membawa peralatan tulis untuk mencatat.

Namun ada juga perusahaan yang memiliki persyaratan khusus dalam membawa peralatan pada saat orientasi karyawan baru. Apapun itu, Anda wajib untuk mengikuti semua yang diperintahkan oleh mereka.

Namun ada juga karakter perusahaan yang tidak memberikan informasi. Jika demikian, ada baiknya untuk bertanya pada pihak perusahaan. Kesempatan ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan yang akan terjadi.

2. Selalu Bawa Identitas Diri

Ini adalah sebuah benda yang harus Anda bawa kemanapun tak terkecuali saat orientasi karyawan baru. Perusahaan akan meminta Anda untuk menunjukan beberapa kartu identitas diri untuk keperluan pengisian data.

Identitas diri tersebut umumnya KTP, SIM, BPJS, dan NPWP.

Namun berikanlah konfirmasi ulang terkait apa saja yang perlu dibawa untuk memastikan identitas diri yang diperlukan telah dibawa tanpa ada yang tertinggal.

3. Gunakan Pakaian yang Rapi

Pakaian juga termasuk sebuah identitas. Kami sarankan untuk menggunakan baju yang bebas, sopan, dan rapi. Gunakan baju formal dengan perpaduan warna hitam dan putih saat pertama masuk kerja.

Selain baju, sepatu pun juga menjadi komponen yang penting. Pemilihan sepatu menyesuaikan dengan pekerjaan Anda. Jika Anda bekerja dengan kondisi berdiri maka kami sarankan untuk menggunakan sepatu yang memiliki tinggi yang normal dan baju yang nyaman dipakai.

Namun apabila tidak ada arahan dari perusahaan, Anda dapat menggunakan sepatu formal seperti pantofel dan atau sepatu yang memiliki warna dasar hitam.

4. Penting untuk Datang Tepat Waktu Saat Orientasi Karyawan Baru!

Ingatlah, ini adalah tahapan orientasi karyawan baru. Jangan sampai mereka menunggu kedatangan Anda. Akan lebih baik jika Anda menunggu mereka untuk memulai tahapan pengenalan ini.

Jangan buat diri Anda terlihat buruk oleh mereka. Berikan kesan bahwa Anda siap untuk menerima tahapan demi tahapan yang diberikan perusahaan sebelum menjadi karyawan. Jika Anda memberikan kesan yang positif, maka Anda akan mudah untuk menjalankan segala aktivitas kantor.

Namun jika Anda tidak tepat waktu, bisa saja perusahaan akan menganggap Anda sebagai seseorang yang tidak disiplin dalam bekerja. Stereotip itu yang nantinya bisa juga berimbas kepada jalannya pekerjaan.

Bersiaplah Menjalankan Masa Orientasi Karyawan Baru

Karyawan baru harus mengikuti tahapan-tahapan yang telah ditentukan oleh perusahaan.. Semua orang yang terlibat harus memiliki persiapan untuk kebaikan bersama.

Pahami dunia profesional dalam berkarir melalui artikel-artikel Aikrut. Terdapat banyak informasi yang berguna untuk meningkatkan pengetahuan terkait dunia pekerjaan.

Apabila perusahaan anda memiliki kebutuhan untuk merekrut karyawan baru, Aikrut dapat membantu anda untuk mempermudah proses rekrutmen dengan dibantu teknologi AI. Yuk coba disini. 

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mempersiapkan orientasi karyawan baru. Selamat mencoba!

Tentang Penulis

Ella Dyan Septianing Tyas