olahraga di kantor | aikrut

Ragam Olahraga di Kantor yang Praktis dan Sederhana

olahraga di kantor | aikrut

Pekerjaan seorang HR sangat melelahkan karena harus mengerjakan tumpukan tugas-tugas yang berkaitan dengan karyawan di perusahaan. Apabila Anda hanya mengutamakan pekerjaan dan menyampingkan kesehatan dengan tidak olahraga dan beresiko terkena  berbagai jenis penyakit. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan beberapa jenis olahraga di kantor.

Meskipun di kantor, perlu untuk melakukan olahraga ringan agar dapat terhindar dari penyakit berbahaya seperti serangan jantung, diabetes hingga kanker. Meskipun tidak terjadi secara langsung, tapi penyakit tersebut akan terjadi jika Anda menerapkan gaya hidup yang sehat ini.

Lantas, apa saja jenis olahraga tersebut? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Posisi Duduk-Berdiri

Olahraga di kantor ini mudah untuk dilakukan. Mula-mula posisikan badan yang duduk dengan baik dan posisi kaki harus dalam 90 derajat. Setelah itu, posisikan tangan maju ke depan selebar bahu Anda.

Kemudian berdirilah dan tahan selama beberapa detik. Atur kembali posisi duduk Anda dan lakukan langkah tersebut secara berulang sebanyak 5-10 kali.

2. Olahraga di Kantor Dengan Peregangan Leher

Duduk berjam-jam di depan laptop atau komputer membuat Anda cepat lelah. Leher Anda akan merasa tegang dan sangat mengganggu pekerjaan. Dengan demikian, olahraga di kantor ini bisa Anda lakukan dengan mudah.

Langkah-langkah yang Anda lakukan pertama adalah memperbaiki posisi duduk yang benar. Kemudian letakkan tangan kanan ke atas kepala dan arahkan kepala dekat bahu. Tahan posisi tersebut selama 10 detik. Lakukan tahapan pada posisi yang berbeda dengan langkah yang sama.

3. Peregangan untuk Badan

Olahraga di kantor untuk peregangan yang pertama adalah lakukanlah pada bagian bahu. Angkat kedua bahu secara bersamaan sampai mendekati telinga. Jangan lupa melakukan gerakan tersebut secara berulang.

Peregangan lainnya yang dapat Anda lakukan seluruh bagian tangan. Angkat kedua tangan dan menyatukannya dengan jari-jari Anda. Pergelangan tangan juga perlu untuk dilakukan perenggangan. Anda cukup putar-putarkan pergelangan tangan.

Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang mudah merasa capek. Apalagi ketika Anda banyak mendapatkan tugas untuk memasukkan data karyawan. Padahal pekerjaan itu bisa dilakukan dengan sekali klik, dan Anda bisa mengerjakan tugas-tugas yang lainnya.

Aikrut adalah platform HR Tools yang membantu Anda dalam proses rekrutmen dan administrasi data. Dibekali dengan Artificial Intelligence, Anda akan mendapatkan memiliki hasil yang presisi.

4. Menjinjit Juga termasuk Olahraga di Kantor

Dengan melakukan gerakan ini, peredaran darah Anda menjadi lebih lancar dan Anda menjadi lebih konsentrasi.

Fokus dan konsentrasi adalah hal yang penting untuk HR. Dengan fokus tersebut, Anda akan terhindar dari pemilihan kandidat yang subjektif. Jika demikian, karyawan yang presisi menjadi ekspektasi yang susah untuk terwujud.

Selain konsentrasi, Anda perlu menggunakan bantuan teknologi agar merekrut karyawan yang bebas bias. Aikrut adalah platform yang jadi solusi untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan budaya perusahaan.

5. Jalan kaki

Jika Anda bosan olahraga di meja kerja, cobalah berjalan keruangan divisi lainnya. Dengan berjalan kaki, Anda akan mengurangi resiko kematian lebih dari 50%. Bagaimana bisa?

Menurut penelitian dari hasil kolaborasi Universitas ternama di luar negeri (University of Sydney, Cambridge, Edinburgh, Limerick, dan Ulster) menemukan bahwa melakukan jalan kaki ringan sebanyak 100 langkah per menit, Anda akan menghindari resiko kematian lebih besar. Jumlah tersebut bisa Anda dapatkan dengan metode jalan cepat.

Namun Anda tidak perlu menghitung langkah kaki secara manual. Gunakan smartwatch untuk hasil yang lebih optimal karena telah tersedia secara otomatis.

6. Olahraga yang Bertumpu Pada Tubuh

Jenis dari olahraga di kantor ini seperti sit up, push up dan jumping jack. Namun desk push up yang bisa Anda terapkan di kantor. Hal itu karena olahraga ini menggunakan meja untuk tempat tumpuan badan Anda.

Caranya sama seperti melakukan push up pada umumnya. Hanya saja yang membedakan adalah menggunakan meja kantor untuk alat tumpuan push up Anda.

Lakukan Olahraga di Kantor Ditengah Banyaknya Tugas Anda Sebagai HR

Olahraga memang baik namun tidak semua pekerja punya waktu untuk berolahraga. Apakah Anda salah satunya?

Melakukan olahraga-olahraga tersebut mampu meningkatkan konsentrasi Anda. Sebagai seorang HR, fokus adalah hal yang penting, apalagi saat memilih calon kandidat agar tidak menimbulkan bias.

Konsentrasi tidak akan pernah cukup jika ingin mendapatkan karyawan yang presisi. Oleh karena itu bantuan Artificial Intelligence di platform Aikrut adalah alternatif yang sangat berguna agar bebas bias dalam menentukan karyawan.

Melalui platform ini, Anda dapat mengetahui kepribadian calon kandidat dan mencocokan dengan value perusahaan. Kami percaya karyawan yang sesuai dengan value perusahaan adalah aset berharga yang dimiliki oleh perusahaan. Berkat mereka, perusahaan Anda terus maju di tengah banyaknya kompetitor yang terus bermunculan.

Mari wujudkan visi dan misi perusahaan dengan rekrut karyawan tanpa bias bersama kami!

Referensi:

https://www.halodoc.com/artikel/super-sibuk-ini-7-jenis-olahraga-yang-bisa-dilakukan-di-kantor

https://www.idntimes.com/health/fitness/izza-namira-1/olahraga-ringan-di-kantor-yang-efektif?page=all

Tentang Penulis

Ella Dyan Septianing Tyas

1 Komentar

  1. […] berangkat ke kantor. Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukannya, ragam olahraga di kantor ini dapat Anda lakukan. Meskipun sederhana, namun gerakan-gerakan tersebut dapat mengurangi resiko […]

Komentar ditutup.