Meningkatkan Keberagaman dengan AI

Meningkatkan Keberagaman dengan AI

Proses Rekrutmen yang Paling Adil?

Seperti yang kita pahami sendiri bahwa kita semua manusia yang mungkin menciptakan sebuah bias. Meskipun kita berusaha seobjektif mungkin, hanya dengan menjadi manusia otomatis kita menjadi subyektif. Oleh karena itu, di dunia kita selalu berusaha keras untuk membuat keputusan yang objektif hanya berdasarkan fakta dan kompetensi, kita perlu mendapatkan bantuan.

Terlepas dari meningkatnya kebutuhan untuk merekrut talenta yang beragam untuk mengurangi ketidakadilan dan perbedaan di dunia, penelitian telah menunjukkan bahwa perusahaan yang merekrut talenta yang beragam juga berkinerja lebih baik secara finansial. Lebih khusus lagi, perusahaan di kuartil teratas untuk keragaman ras dan etnis 35% lebih mungkin untuk memiliki pengembalian finansial di atas rata-rata industri nasional masing-masing.

Dalam paragraf berikut, kita akan membahas semua aspek AI yang menjadikan teknologi ini sangat membantu dalam meningkatkan keragaman dan inklusi.

Manusia = Bias

Sebagai manusia, kita semua pasti bias. Apakah itu jenis bias yang disadari atau tidak, sangat sulit untuk sepenuhnya objektif ketika merekrut talent baru. Setiap langkah dari proses aplikasi dapat memicu semacam bias terhadap kandidat. Apakah itu jenis kelamin, ras, kebangsaan, penampilan, atau cara mereka mengungkapkan beberapa elemen dalam CV mereka.

Namun, ini tidak memerlukan jenis solusi deus ex machina dengan teknologi AI sebagai peran utama. Ini adalah kolaborasi yang kuat antara manusia dan teknologi untuk membuat keputusan yang optimal.

Ubah unconscious bias Anda dengan pelatihan

Agar rekruter (dan siapa pun dalam perusahaan) dapat meminimalkan bias mereka, semakin populer untuk menerapkan pelatihan unconscious bias. Bias tidak sadar sudah menjadi istilah terkenal yang sering terlihat sebagai stereotip sosial tentang kelompok orang tertentu yang dibentuk individu di luar kesadaran mereka sendiri.

Berikut adalah beberapa wawasan menarik tentang apa yang ditemukan penelitian sebelumnya tentang bias bawah sadar:

  • Bias dapat berkembang pada usia dini – selama masa pertengahan kanak-kanak dan muncul berkembang di masa kanak-kanak (Dore, 2014).
  • Bias ini memiliki efek dunia nyata pada perilaku (Dasgupta, 2004).
  • Unconscious bias dapat hilang dengan berlatih – seseorang dapat berlatih untuk meminimalkan dampak unconscious bias (Dasgupta, 2013; Dasgupta & Greenwald, 2013).

Karakteristik inilah yang membuat pelatihan unconscious bias di organisasi manapun penting untuk diterapkan. Pelatihan semacam membantu orang-orang menjadi sadar dan membentuk kembali pemikiran mereka. Hanya dengan menyadari kesalahan kita, kita dapat secara aktif mulai bekerja untuk mengubah beberapa pola perilaku.

Namun, pelatihan bias bawah sadar tidak akan menyelesaikan semua masalah Anda, karen ketika faktor manusia masih menyelinap masuk, datanglah teknologi yang sangat terampil untuk menyelamatkan.

Memiliki ATS dengan AI dapat membantu!

Menerapkan AI sebagai bagian dari perangkat lunak rekrutmen memperkenalkan tingkat objektivitas yang tidak dapat tercapai oleh manusia. Kemampuannya untuk hanya melihat kompetensi individu dan berdasarkan mereka membuat sistem peringkat yang objektif, membuat perangkat lunak ini sangat kuat. Oleh karena itu, menggunakan teknologi cerdas untuk tujuan pemilihan dan pengadaan sepenuhnya mendefinisikan ulang strategi dan praktik SDM di seluruh dunia – menjadikan seluruh proses lebih produktif sambil memberi perusahaan keunggulan kompetitif.

Baca juga: Bagaimana ATS Bisa Membantu Anda

Ada beberapa cara di mana perusahaan dapat menerapkan AI agar proses rekrutmen  tidak terlalu bias:

1. AI dengan tidak mengenal penampilan.

Ketika menggunakan perangkat lunak , itu berarti rekruter tidak lagi akan mencari kandidat secara manual. Menggunakan AI bukan hanya peluang menghemat waktu yang luar biasa, tetapi juga merupakan opsi bebas bias. Alih-alih seseorang melihat melalui lautan profil, wajah, negara asal mereka dan ras mereka, AI menggunakan operator pencarian teknologi canggih untuk menemukan kandidat dengan keterampilan yang tepat. 

2. Mencocokkan AI tidak mengenal preferensi.

AI dalam rekrutmen sering menggunakan teknologi penguraian yang membantu mengidentifikasi kandidat yang relevan. Kemudian mesin akan mencocokkannya dengan deskripsi pekerjaan tertentu. Cara AI melakukannya adalah dengan menganalisis isi CV dan deskripsi pekerjaan dan mencari elemen yang cocok. Selain itu, ketika CV ter-upload ke platform yang terdapat AI, itu mengubah seluruh kontennya menjadi kalimat. Gambar, usia, ras, jenis kelamin, atau elemen lain yang tidak relevan dengan posisi tidak membuatnya bingung dalam proses pencocokan.

3. Memberi peringkat kandidat dengan AI untuk peringkat yang tidak bias

Akhirnya, setelah AI mencari dan mencocokkan sekelompok kandidat, itu membuat peringkat berdasarkan karakteristik kandidat. Ini berarti bahwa bagi seorang rekruter, tugas memilih kandidat untuk langkah-langkah berikut , ulai dengan melihat peringkat objektif yang dengan teknologi. Dalam peringkat ini, kandidat yang muncul pertama adalah yang menunjukkan tingkat kesesuaian tertinggi dengan deskripsi pekerjaan berdasarkan keahlian mereka dan kandidat terakhir mewakili tingkat kompatibilitas terburuk dengan deskripsi pekerjaan tertentu.

Hati-hati dengan penyalahgunaan AI!

Ketika AI mulai mengambil bagian dalam berbagai sektor yang berbeda untuk menggantikan kesalahan manusia, menjadi sangat penting untuk memastikan bahwa teknologi yang kuat ini tidak disalahgunakan. Penyalahgunaan dalam pengertian ini mengacu pada fakta bahwa teknologi masih dilatih oleh manusia dan penting untuk diingat. Meskipun dalam beberapa aspek keputusannya jauh lebih dapat diandalkan daripada yang dibuat oleh manusia, tetap penting untuk memeriksa perangkat lunak untuk bias.

Meskipun artikel ini memiliki premis utama bahwa teknologi AI jauh lebih objektif daripada manusia, hal ini tidak harus terjadi dalam kenyataan. Karena kenyataan bahwa perangkat lunak sedang dilatih oleh manusia, tingkat objektivitasnya terletak pada kualitas informasi yang telah diberikan. Jika perangkat lunak menggunakan data bias untuk membuat keputusan, keputusannya juga akan bias (seperti yang dibahas sebelumnya dalam kasus Amazon).

Jadi berhati-hatilah, karena mempercayai perangkat lunak secara membabi buta tanpa secara teratur mengujinya dan memeriksa ketidakberesan, dapat mengurangi proses rekrutmen dan semua manfaat menggunakan AI!

Tentang Penulis

Denan Alifia

1 Komentar

  1. […] Baca Juga: Meningkatkan Keberagaman dengan AI […]

Komentar ditutup.