Definisi Geolokasi dan Manfaatnya di HRIS by Widya Skilloka

geolokasi adalah | HRIS by Widya Skilloka

Perkembangan teknologi mampu menggeser kebiasaan kerja. Kini tiap perusahaan sudah menerapkan sistem kerja dimana saja atau Work From Anywhere (WFA). Lantas apakah perusahaan Anda masih belum yakin menerapkan sistem tersebut? Sepertinya Geolokasi adalah salah satu sistem yang harus Anda ketahui.

Selain mengetahui definisinya, kami akan ajak Anda untuk mengetahui keunggulan sistem Geolokasi dari produk terbaru Widya Skilloka yang bernama HRIS by Widya Skilloka.

Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Geolokasi Adalah

Seperti namanya, geolokasi atau geolocation adalah fitur yang berguna untuk melacak objek di sebuah lokasi. Fitur ini biasanya tertanam di smartphone.

Geolokasi akan melacak keberadaan objek melalui data-data yang terkumpul dari beberapa sumber seperti: alamat Wi-Fi, frekuensi radio, Global Positioning System, hingga ID sel GSM/CDMA. (Sumber: Terralogiq)

Melalui sumber-sumber tersebut, geolokasi akan menemukan keberadaan objek secara akurat. Detail informasi yang berhasil geolokasi dapatkan adalah meliputi zona waktu, negara, kode area, kode pos, alamat, informasi jaringan hingga informasi proxy.

Meskipun demikian, pelacakan menggunakan geolokasi lebih akurat daripada sistem penentu posisi geografis lainnya. Hal itu karena hasil yang dimunculkan oleh fitur geolokasi akan lebih spesifik dan bermakna. Berbeda dengan sistem pelacakan lainnya yang hanya menampilkan letak vertikal dan horizontal saja.

Keunggulan itulah yang kami manfaatkan untuk memudahkan proses audit perusahaan Anda. Kegiatan karyawan pun akan mudah terpantau dalam satu sistem dengen menggunakan HRIS by Widya Skilloka.

Menawarkan Absensi Karyawan Terakurat

Geolokasi di HRIS by Widya Skilloka berfungsi untuk melakukan absensi karyawan. Fitur geolokasi ini akan melacak keberadaan karyawan Anda sesaat setelah dia mengambil swafoto atau selfie. Setelah itu, informasi tersebut akan segera Anda dapatkan melalui satu sistem dalam HRIS ini.

Selain informasi keberadaannya, Anda pun dapat melihat keakuratan wajah dari karyawan tersebut. Teknologi Artificial Intelligence (AI) kami akan mendeteksi kesalahan wajah apabila terbukti tidak sesuai dengan karyawan yang bersangkutan. Secara otomatis, sistem kami akan menolak data absensi yang masuk apabila wajah tidak sesuai.

Selain itu, teknologi cerdas ini akan menolak jika karyawan menggunakan aksesoris pada muka. Agar akurat, tiap karyawan diminta untuk melepas masker dan kacamata sementara. Hal itu bertujuan agar wajah sesuai dengan data yang tersimpan.

Terlambat Namun Terhitung Masuk? Fitur Geolokasi Bisa Membantu

Geolokasi kami memudahkan karyawan untuk memberikan alasan terkait keterlambatan. Saat mengambil selfie untuk absensi, layar smartphone Anda akan memunculkan notifikasi peringatan waktu yang melebihi jam kerja.

Kami yakin ada alasan keterlambatan datang kerja tersebut. Oleh karena itu, kami memberikan bagian khusus untuk mendeskripsikan alasan atas keterlambatannya. Dengan demikian, karyawan tersebut tidak perlu mendatangi HRD untuk menyampaikan alasannya secara lisan.

Meskipun demikian, HRD tetap masih bisa melihat alasan keterlambatan melalui platform HRIS by Widya Skilloka.

Namun tidak dipungkiri, keterlambatan adalah suatu yang tidak mendapatkan toleransi dalam bekerja. Hal itu karena keterlambatan identik dengan ketidak profesionalisme kerja.

Sebagai HRD, Anda perlu mengetahui alasan keterlambatan karyawan karena berkaitan dengan kebijakan yang akan Anda ambil.

Kami Bantu Absensi Tepat Waktu

Meskipun dapat melakukan absensi dimana saja, namun ketepatan waktu adalah skala prioritas yang lebih utama. Dengan demikian, kami kembangkan fitur geolokasi ini dengan memunculkan notifikasi pada tiap jam masuk dan berakhirnya kerja. Tujuannya agar tiap karyawan dapat menyisihkan waktunya untuk absensi.

Kami jamin bahwa notifikasi akan muncul sesuai jam masuk perusahaan Anda. HRIS by Widya Skilloka akan mengikuti kebutuhan perusahaan Anda sehingga kami dapat mengkostumisasikannya.

Miliki Sistem Absensi Perkantoran Terintegrasi

Teknologi akan terus berkembang pada tiap generasi. Saatnya kita semua untuk mempersiapkan perubahan tersebut untuk mewujudkan cita-cita perusahaan. Salah satunya yaitu hadirkan sistem absensi online yang terintegrasi menggunakan HRIS by Widya Skilloka