3 Faktor yang Mempengaruhi Lingkungan Kerja Kondusif

Lingkungan adalah faktor utama penentu produktivitas kerja. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi lingkungan kerja agar dapat mewujudkan perasaan yang kondusif tersebut.

Hal tersebut wajib untuk diketahui agar saling menjaga kenyamanan antar karyawan. Jika perasaan tersebut sudah terwujud, maka keberhasilan dalam mewujudkan tujuan perusahaan pun akan jauh lebih tinggi.

Namun kantor punya standar sendiri dalam menentukan lingkungan yang nyaman. Oleh karena itu pastikan kantor Anda telah memenuhi faktor-faktor ini agar tercipta lingkungan yang baik berikut ini.

1. Elemen Dalam Faktor yang Mempengaruhi Lingkungan Kerja

Elemen berkaitan dengan peralatan yang digunakan seuruh karyawan saat bekerja. Agar menunjang produktivitas kerja, pihak perusahaan wajib memenuhi elemen-elemen tersebut.

Berjalannya waktu, Anda mungkin akan menemukan beberapa elemen yang tidak berfungsi dengan baik. Demi kelancaran selama bekerja, perusahaan wajib meluangkan waktu untuk melakukan inspeksi seluruh peralatan. Hal ini bertujuan agar menghindari kerusakan peralatan yang semakin parah dan menganggu kinerja karyawan.

Bahkan Ahyari (2006) menyebutkan beberapa elemen di kantor yang seharusnya menjadi perhatian khusus. Terlebih lagi elemen tersebut adalah alat-alat yang kerap dibutuhkan dalam satu ruangan kerja.

Elemen yang Seharusnya ada di Ruangan Kerja Anda

Pertama adalah pencahayaan yang mumpuni dan sesuai dengan ruangan kerja. Jika memungkinkan, pencahayaan dapat memanfaatkan matahari dengan membuat ventilasi atau pun atap transparan di kantor. Adanya ventilasi juga berguna untuk keluar masuknya udara dalam ruangan. .

Selain itu, Anda pun dapat memanfaatkan sumber pencahayaan lain separti lampu. Gunakan lampu yang sesuai dengan ukuran ruangan. Hal itu menjadi faktor yang mempengaruhi lingkungan kerja karena memiliki penerangan yang tidak berlebihan.

Tidak lupa untuk mengecek suhu ruangan secara teratur. Jika suhunya terlampau tingggi, maka hal itu tidak dapat dikatakan sebagai faktor yang mempengaruhi lingkungan kerja yang baik. Hal itu karena dapat menurunkan produktivitas dalam menjalankan tugasnya selama perkantoran.

2. Finansial yang Stabil

Finansial perusahaan menjadi salah satu kunci lingkungan kerja yang kondusif. Itu karena berkaitan dengan kelancaran pembayaran gaji karyawannya.

Akan tetapi keuangan perusahaan yang tidak stabil adalah suatu ancaman terbesar karyawan. Mereka dikhawatirkan dengan pembayaran gaji yang tidak sesuai ekspektasi. Bahkan hal tersebut bisa lebih parah hingga pemutusan hubungan kerja secara sepihak atau layoff.

Pikiran yang tertekan akan berimbas pada produktivitas karyawan dalam bekerja. Parahnya lagi hal tersebut akan berimbas pada kesehatannya.

3. Team Work

Ini tidak selalu tentang banyaknya karyawan dalam suatu divisi. Team work adalah mereka yang benar-benar yang bisa bekerja sama dengan baik.

Faktor yang mempengaruhi lingkungan kerja yang baik adalah mereka yang sama-sama bekerja demi tujuan perusahaan.

Tak heran karyawan merasa lelah jika terus bekerja. Agar kekompakan terus terjalin, cobalah untuk menjaga relasi yang baik dengan melakukan kegiatan di luar kantor secara bersamaan.

Misalnya, melakukan liburan bersama dengan teman-teman kantor. Jika perlu, jangan libatkan anggota keluarga terlebih dahulu. Hal itu dapat menghambat komunikasi dan hanya berfokus pada keluarga masing-masing.

Kebersamaan adalah faktor yang mempengaruhi lingkungan kerja yang produktif. Dengan demikian, buatlah agenda acara keakraban saat berlibur dengan mengadakan games dan yang lain sebagainya.

Baca Juga:

Awali Faktor yang Mempengaruhi Lingkungan Kerja yang Baik Bersama Aikrut

Lingkungan kerja yang nyaman adalah kunci kesuksasan dalam mencapai tujuan perusahaan. Oleh karena itu HRD perlu menjamin lingkungan kantor yang nyaman. Salah satu caranya adalah adalah dengan dilakukan pada seleksi karyawan.

Tak dipungkiri lingkungan kerja yang nyaman bisa tercipta dengan karyawan yang presisi. Oleh karena itu perlu bagi Anda untuk menyeleksi karyawan baru sebaik mungkin dengan menggunakan Aikrut!

Fitur kami siap membantu Anda untuk mendapatakan karyawan yang presisi. Hal itu karena kami membekali fitur kami dengan teknologi Artificial Intelligence yang terbaru (AI).

Mari wujudkan karyawan yang presisi agar lingkungan kerja yang baik bersama Aikrut!

Referensi:

https://www.sodexo.co.id/faktor-yang-mempengaruhi-lingkungan-kerja/

https://www.psychologymania.com/2013/01/faktor-faktor-yang-mempengaruhi_9.html

Tentang Penulis

Ella Dyan Septianing Tyas