contoh form kinerja karyawan | aikrut

Full! Inilah Contoh Form Kinerja Karyawan Dengan Gambar

contoh form kinerja karyawan | aikrut

Karyawan adalah salah satu resource di perusahaan yang penting untuk dioptimalisasi dengan pengukuran. Pengukuran tersebut bertujuan agar kinerja karyawan lebih optimal dan menjadi lebih baik. Sebagai HRD, Anda perlu tahu beberapa contoh form kinerja karyawan untuk alat ukur setiap karyawan dalam perusahaan Anda.

Kinerja karyawan adalah salah satu variabel yang harus Anda ketahui pada setiap periode. Anda bertanggung jawab dengan pada setiap hak dan kewajiban dari karyawan. Oleh karena itu form kinerja ini dapat menjadi bukti perkembangan karyawan pada perusahaan.

Dengan form tersebut, Anda dapat mengetahui apa yang perlu ditingkatkan pada karyawan. Berkas ini juga bermanfaat bagi karyawan baru untuk mengetahui perkembangannya.

Agar kinerja karyawan dapat diukur dengan baik, Anda harus mengetahui contoh form kinerja karyawan pada artikel ini. Aikrut juga memberikan beberapa poin penting yang harus ada pada form kinerja karyawan tersebut.

Baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Poin yang Ada Pada Formulir Kinerja Karyawan

Gunakanlah formulir ini untuk mengukur kinerja tiap karyawan dengan memasukkan beberapa poin berikut ini:

Identitas Karyawan

Bagian ini adalah contoh form kinerja karyawan yang paling penting. Beberapa hal yang harus ada adalah sebagai berikut:

  • Nama Lengkap: Berguna untuk membedakan nama karyawan yang memiliki kesamaan nama dengan karyawan lainnya.
  • Demografi Karyawan: Meliputi alamat, jenis kelamin dan usia agar informasi tentang karyawan tersebut lebih jelas.
  • Jabatan: Ini penting karena berkaitan dengan poin-poin yang menjadi indikator dalam penilaian kinerja
  • Nomor Induk Karyawan: Ini menunjukan bahwa karyawan Anda telah terdaftar resmi di perusahaan tersebut.

Aspek Penilaian

Pada bagian ini, setiap divisi memiliki perbedaan. Agar lebih maksimal dalam menilainya, cobalah untuk berkoordinasi oleh lead dari setiap divisi tersebut. Kemudian, sajikan beberapa aspek yang menjadi penlaian tersebut menjadi bentuk kolom dengan beberapa pilihan.

Terdapat dua model yang berkaitan dengan cara menilai dari aspek-aspek tersebut. Anda bisa menggunakan skala penlaian berupa angka atau dengan beberapa kata.

Umumnya, skala angka yang ada tersebut dibagi menjadi beberapa golongan. Anda mungkin bisa menggunakan skala angka berikut ini: (10-8), (7-5), (4-2), (1). Dimana angka yang terbesar menunjukan penilaian yang terbaik.

Jika menggunakan skala skor dengan menggunakan kata-kata, Anda bisa menggunakan saran ini:

  • Baik (B)
  • Cukup Baik (CB)
  • Cukup (C)
  • Kurang Baik (KB)

Namun saran tersebut dapat berubah. Contoh form penilaian kinerja karyawan ini dapat menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan tujuan penilaian tersebut.

Apapun pilihan skor yang Anda pilih, berikan keterangan di bawah kolom. Hal itu untuk mencegah terjadi kesalahpahaman dalam menilai seseorang.

Rekomendasi Dari Atasan

Menilai seseorang akan lebih baik jika diikuti dengan saran dari Anda untuk karyawan tersebut. Saran tersebut berguna untuk perusahaan dan juga karyawan terebut.

Setelah atasannya memberikan rekomendasi, saatnya Anda untuk menjadi penengah antara penilaian atasan dengan karyawan tersebut. Jika Anda melihat penilain tersebut ternyata lebih rendah dari pada ekspektasi perusahaan, Anda bisa melakukan diskusi kepadanya untuk menyampaikan tentang penialaian atasnya terhadapnya.

Jika perusahaan masih sangat membutuhkan karyawan tersebut, Anda perlu memberikan beberapa pelatihan yang berkaitan dengan jabatannya. Hal itu agar menunjang kemampuannya dan bisa membantu perusahaan di masa depan.

Contoh Form Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Gambar

Mungkin Anda sulit untuk merealisasikan bentuk formulirnya. Jika demikian, Aikrut berikan beberapa referensi contoh form untuk kinerja karyawan. Kami mengambilnya dari berbagai sumber terpercaya.

Ketiga contoh form kinerja karyawan tersebut diharapkan dapat menjadi referesni membuat penalaian kinerja karyawan yang bisa diukur.

Namun, kapan waktu yang cocok untuk memberikan form tersebut? Ini penjelasan lengkapnya.

Waktu yang Tepat untuk Membuat Formulir Seperti Contoh Form Kinerja Karyawan Di Atas

Evalusi kinerja karyawan adalah suatu hal yang tidak hilang dalam perusahan. Tujuannya adalah untuk lebih cepat “mengobati” beberapa permasalahan yang dapat mempengaruhi masa depan perusahaan.

Berikut ini adalah beberapa rekomendaasi waktu yang tepat untuk Anda dan pimpinan suatu divisi.

1. Per 3 Bulan

Tiga bulan adalah waktu yang umum untuk dilakukan penilaian kinerja tiap karyawan. Periode ini biasanya disebut sebagai “1 Kuartal”.

Dalam satu kuartal, perusahaan akan melihat performance dari tiap karyawan. Hak itu agar mengantisipasi perubahan yang mungkin akan terjadi pada perusahaan Anda.

2. Pertengahan Tahun

Setiap enam bulan sekali, perusahaan juga berhak membuat formulir kinerja karyawan. Waktu ini banyak dipilih HRD karena berkaitan dengan masa kontrak karyawan yang umumnya paling sedikit adalah 6 bulan. Dengan demikian, Anda dapat mempertimbangkan masa depan karyawan pada perusahaan Anda yang bersamaan dengan masa kontraknya.

3. Full Year

Ini artinya perusahaan Anda melakukan evaluasi selama bekerja dari Januari hingga Desember pada satu tahun. Cara ini banyak digunakan oleh banyak perusahaan karena perusahaan ditiap tahunnya memiliki acara lain untuk kebutuhan perusahaan.

Karyawan baru juga tidak luput dari pengawasan HR pada durasi ini. Satu tahun pertamanya bekerja adalah waktu yang baik untuk mengevaluasi perkembangannya di perusahaan.

Buat Contoh Form Kinerja Karyawan Tanpa Susah Dengan Widya Skilloka

Karyawan adalah aset terpenting untuk semua perusahaan. Perkembangannya pun harus selalu dipantau agar berjalan sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Untuk mengukurnya, Anda perlu membuat form kinerja karyawan seperti contoh pada artikel ini.

Saat ini menilai kinerja karyawan bukan lagi hal yang sulit. Dengan teknologi, mengevaluasi kerja karyawan lebih mudah, efisien dan cepat.

Keuntungan tersebut bisa Anda dapatkan dengan menggunakan HRIS by Widya Skilloka. Dengan produk tersebut, Anda bisa mengetahui kinerja karyawan hanya dalam satu platform dan dikerjakan oleh Artificial Intelligence (AI).

Widya Skilloka juga memiliki Aikrut yang membantu Anda merekrut karyawan yang presisi dengan visi dan misi perusahaan.

Mari gunakan teknologi terbarukan dalam setiap proses kinerja perusahaan Anda menggunakan produk dari Widya Skilloka!

Refrensi:

https://pro-int.co.id/2021/08/19/mengenal-penilaian-kinerja-karyawan-dan-cara-mengukurnya/

Tentang Penulis

Ella Dyan Septianing Tyas