conoth offering letter untuk karyawan baru | aikrut

Contoh Asesmen Psikologi Untuk Rekrutmen Milik Aikrut.id

Teknologi membantu efisiensi tenaga dan waktu dalam proses rekrutmen. Meskipun demikian, asesmen masih dipertahankan hingga saat ini dan terus berinovasi. Seperti kehadiran contoh asesmen psikologi ini adalah kebutuhan dalam mewujudkan karyawan yang presisi.

Aikrut sangat memahami kebutuhan HR. Dengan demikian, kami menambahkan beberapa contoh asesmen psikologi yang seluruhnya sangat berguna untuk merekrut calon karyawan yang sesuai dengan budaya perusahaan.

Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Contoh Ases Psikologi Gerakan Mata

Aikrut memberikan nama pada fitur ini adalah Eye Accesing Cues. Gerakan mata yang spontan akan dibaca oleh teknologi Artificial Intelligence (AI) kami secara real time yang berguna untuk mengetahui perasaan calon karyawan.

Gerakan mata yang spontan itu menjadi nilai tambah. Menggunakan teknik Neuro-Linguistic Programming (NLP), analisisnya aan lebih akurat tanpa rekayasa.

Mata adalah salah satu panca indera yang mampu memperlihatkan kepribadian pemiliknya. Beberapa jenis gerakan mata dapat menunjukan perasaan seseorang. Artikel di bawah ini adalah penjelasan selengkapnya.

Asesmen Gerak Tubuh

HRD juga dapat mengetahui perasaan dan kepribadian calon karyawan melalui gerakan tubuhnya. Aikrut memberi nama fitur tersebut Gesture Asesment.

Mula-mula calon karyawan melakukan wawancara dengan Mbak Widya milik Widya Skilloka. Hasil wawancara akan tersimpan dalam data Anda di platform Aikrut. Secara otomatis, teknologi AI kami menganalisa gerakan yang muncul. Kemudian sistem kami akan memberikan keterangan terkait gerakan yang kerap dilakukan.

Jangan khawatir tentang keakuratannya. Kami menyajikan data tersebut sebaik-baiknya dengan menambah presentase pada gerakan yang sering ditampilkan.

Learning Agility

Disini Anda bisa mengetahui sejauh mana kognitif dan kemampuan behavioristiknya. Kami menghadirkan fitur ini karena kognitif dan behavior adalah dua hal yang harus ada pada setiap calon karyawan yang terbaik.

Melalui contoh asesment psikologi ini, Anda akan tahu kemapanan diri calon karyawan menghadapi dunia kerja. Anda mengetahui seberapa jauh pengetahuannya yang berkaitan dengan posisi yang dilamar.

Akan tetapi hasil analisa behavioristik juga mendukung keyakinan Anda. Dalam tes ini, Anda akan mengetahui kemampuan adaptasinya di lingkungan kerja maupun lainnya.

Tes Enterpreneur

Meskipun Anda tidak sedang membuka lowongan enterpreneur, namun hal ini penting untuk Anda ketahui.

Enterpreneur memiliki sifat-sifat yang baik jika diadopsi dalam dunia kerja. Artificial Intelligence (AI) yang kami punya mampu untuk menghadirkan analisa tersebut.

Kemudian kami membagi lima sifat enterpreneur yang penting dalam dunia kerja, yaitu: Autonomy, Innovativeness, Risk Taking, Proactiveness, Competitive Aggresiveness. 

Aptitude Test

Cara mereka mengerjakan sesuatu adalah indikator yng perlu pertimbangan saat merekrut karyawan baru. Pengecekan tersebut menggunakan Tes Aptitude.

Tes ini bukan untuk mengetahui tingkat intelegtualnya. Akan tetapi tes ini cenderung berguna untuk mengetahui keterampilan dan kecederungan calon karyawan dalam mengerjakan sesuatu.

Aikrut menggunakan contoh asesment psikologis ini untuk mengetahui jenis kepribadiannya. Fitur ini terinspirasi dari tes psikologi MBTI karya Isabel Briggs Myers tahun 1940.

Namun Tes Aptitude juga memiliki fitur-fitur lain seperti dalam sumber ini sebagai berikut:

Penilaian Praktis

Kemampuan praktis seperti berkomunikasi adalah output dari tes ini.

Penilaian Tes Nomerik

Tes ini berkaitan dengan angka yang tersaji dalam berbagai bentuk seperti grafik, soal cerita dan lain sebagainya. Dengan tes ini, penilaiannya adalah kemampuannya dalam mengolah data berupa angka dan memecahkan suatu permasalahan tersebut.

Penilaian Verbal

Sama halnya dengan penilaian pada Tes Numerik, salah satu tes Aptitude ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan calon karyawan dalam memecahkan suatu masalah dengan penjabaran deskriptif terkait suatu permasalahan

Tes Diagram

Tes ini akan menyajikan beberapa gambar dan meminta calon karyawan tersebut untuk memecahkan suatu permasalahannya. Pemahaman Anda akan diuji ada salah satu contoh asesmen psikologi miliki Aptitude ini.

Tes Gaya Kerja

Merekrut orang untuk bekerja, hal yang terpenting adalah mengetahui caranya dalam bekerja. Tes ini bertujuan untuk mengetahui pola pikir, tingah laku hingga dorongan para seseorang untuk melakukan sesuatu.

Aikrut menyajikan hasil analisis tes ini berupa diagram. Ini bertujuan untuk memudahkan Anda mengetahui hasilnya dan cepat mengambil kesimpulan terkait kepribadiannya.

Contoh Asesmen Psikologi untuk Kepribadian

Contoh asesmen psikologi ini akan mengetahui bagaimana kepribadiannya dalam sehari-hari. Melalui tes ini kemungkinan Anda bisa mengetahuinya lebih jelas jarena tahu bagaimana sifat aslinya dengan mengetahui kepribadiannya di luar kantor.

Tes Kepimimpinan

Ini berfungs jika suatu saat perusahaan Anda sedang kekurangan pemimpin suatu divisi. Agar mempersingkat waktu, biasanya mereka akan menggunakan staf pada posisi tersebut untuk diangkat menjadi leader sementara.

Kami yakin tidak semua staf bisa menggantikan posisi tersebut. Oleh karena itu, perlu untuk memisahan antara karyawan yang berpotensi dalam menjadi pengganti leader, dan yang belum memiliki kesempatan tersebut.

Aikrut memiliki fitur ini, dan Anda harus mengetahuinya agar lebih mudah untuk mewujudkan keinginan perusahaan yang sesuai dengan visi dan misi.

Cognitive Ability Test

Kemampuan tes kognitif ini mempertimbangkan beberapa hal seperti: Intellectually Superior, Definitely above the Average in Intellectual Capacity, Intellectually Average, Definitely Below the Average in Intellectual Capacity, Intellectually Defective.

Semua itu kami miliki dengan lengkap. Oleh karena itu, Anda tidak perlu lagi khawatir karena sudah lengkap

Fisiognomi

Bentuk wajah dapat menggambarkan suatu kepribadian dari calon karyawan. Aikrut mampu menganalisisnya hingga Anda mampu mencocokkan terhadap value perusahaan.

Palmistry

Karakteristik juga dapat Anda lihat dari bentuk tangannya calon karyawan. AI kami akan menganalisis bagaimana kepribadian yang dia miliki.

Dengan karakteriktik ini, perusahaan akan bisa lebih mengenal sifat individu dari calon karyawan tersebut. Dengan demikian Anda akan lebih mengetahui dan bisa mengendalikan suasana kantr dengan keberagam sifat dalam perusahaan.

Contoh Asesmen Psikologi dari Sidik Jari

Contoh asesmen psikologi ini bernama tes Biometrik. Menurut ilmu yang sudah ada sejak lama, garis tangan memang bisa membaca kepribadian seseorang. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui lebih dalam mengenai calon karyawan tersebut.

Wujudkan Karyawan yang Presisi dengan Contoh Asesmen Psikologi Terlengkap Milik Aikrut

Asesmen adalah hal yang terpenting dalam melakukan proses rekrutmen. Aikrut adalah platform yang membantu Anda untuk mewujudkan karyawan yang presisi dengan membantu Anda melakukan asesmen psikologi dengan Artificial Intelligence (AI).

Apabila anda tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai Aikrut, anda dapat menjadwalkan Live demo maupun langsung mencoba trial Aikrut sekarang. Silahkan langsung menghubungi kami di nomor yang terdaftar di website ini.

Tentang Penulis

Ella Dyan Septianing Tyas