karyawan yang baik | aikrut

Ciri Karyawan yang Baik yang Disukai Para Karyawan

Penulis: Alifenda Irodatu Juniorusis

Editor: Ella Dyan Septianing Tyas

ciri karyawan yang baik | aikrut

Memiliki karyawan yang baik adalah idaman setiap perusahaan. Perusahaan akan lebih mudah mewujudkan visi dan misinya. Sebagai karyawan, Anda pasti ingin menjadi yang terbaik. Hal ini karena karyawan yang baik akan disegani oleh seluruh rekan kerja. Lantas apa saja ciri karyawan yang baik? Berikut beberapa di antaranya:

1. Beretika Baik

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), etika erat kaitannya dengan akhlak. Memiliki etika adalah ciri karyawan yang baik yang paling utama.

Contoh perilaku karyawan yang beretika adalah mampu menaati peraturan yang berlaku. Akan tetapi, peraturan perusahaan tidak selamanya tertulis. Anda pun harus menaati peraturan yang tidak tertulis yang berlaku di tempat kerja Anda.

Karyawan yang beretika akan mengajak teman kantor lainnya untuk melakukan tindakan sesuai peraturan. Dengan demikian, Anda telah melakukan cara sederhana untuk menghasilkan situasi yang nyaman karena bekerja sesuai peraturan.

2. Ciri Karyawan yang Baik Terkait Manajemen Waktu

Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya sebagai tanggung jawabnya. Dalam hal ini, kedisiplinan dalam kerja dapat berupa mematuhi jam masuk hingga pulang kantor.

Ciri karyawan yang baik lainnya adalah tidak menunda pekerjaan sehingga dapat selesai tepat waktu. Kedisiplinan tersebut membuat Anda disukai oleh seluruh karyawan.

Keuntungan lainnya karena manajemen waktu yang baik adalah Anda menjadi orang yang dapat dipercaya. Dengan demikian atasan Anda tidak meragukan kredibilitas Anda.

3. Jujur

Kejujuran adalah hal mutlak yang wajib dimiliki oleh setiap pekerja. Apabila karyawan memiliki kedisiplinan yang baik, tetapi tidak jujur, maka karyawan tersebut tidak dapat digolongkan sebagai karyawan yang baik. 

Karyawan yang menjunjung tinggi kejujuran menjadi kebutuhan utama dalam dunia kerja. Perusahaan akan menaruh kepercayaan yang besar terhadap karyawan yang memiliki sifat ini.

Perusahaan juga mengharapkan kejujuran karyawannya dengan mengakui kesalahan. Hal ini pun dapat memudahkan perusahaan dengan sesegera mungkin melakukan audit kesalahan. Dengan demikian, karyawan yang jujur dapat menolong perusahaan untuk terus bertahan dan memperbaiki kesalahan.

4. Ciri Karyawan yang Baik Dari Caranya Berkomunikasi

Ciri karyawan yang baik ini bukan hanya berlaku bagi karyawan lulusan jurusan tertentu. Faktanya saat ini karyawan harus membeli kemampuan komunikasi yang baik untuk beberapa hal saat bekerja.

Karyawan dengan kemampuan berkomunikasi yang baik dapat mewujudkan terciptanya suasana kerja yang kondusif. Hal itu karena ciri karyawan yang baik ini mampu menghindari kesalahpahaman berkomunikasi. Caranya adalah dengan menjadi “konsultan” terhadap rekan kerja yang sedang konflik.

Pandai komunikasi juga memudahkan karyawan untuk menyampaikan tiap gagasannya untuk kemajuan perusahaan. Tak heran perusahaan yang memiliki kredibilitas terbaik memiliki ciri karyawan yang baik dalam hal berkomunikasi.

5. Mampu Berkolaboratif

Bekerja menuntut kita untuk mampu bekerja sama dengan lintas divisi. Hal itu karena setiap divisi saling membutuhkan untuk mampu mewujudkan cita-cita perusahaan.

Sebaliknya, karyawan yang tidak memiliki ciri ini akan menyulitkan divisinya. Pekerjaan yang sudah terencana akan sulit terwujud karena salah satu karyawannya tidak mampu berkolaborasi.

Oleh karena itu, HRD harus memastikan bahwa ciri karyawan yang baik ini dimiliki oleh calon karyawan perusahaan. Dengan demikian, Aikrut dapat membantu untuk mengetahuinya. Oleh karena itu, simak pembahasan ini sampai selesai.

6. Mudah Beradaptasi

Anda akan bertemu orang baru saat pertama kali masuk kerja. Canggung menjadi hal yang wajar namun jangan biarkan itu terjadi dalam waktu yang lama.

Ciri karyawan yang baik ini dapat berupa adaptasi dengan rekan kerja dan adaptasi dengan pekerjaan. Karyawan harus mampu untuk mampu melakukan keduanya. Hal itu bertujuan untuk menjaga produktivitas kerja yang baik.

Dapatkan Keenam Ciri Karyawan yang Baik Dengan Bantuan Aikrut

Perusahaan membutuhkan karyawan yang setidaknya memiliki 6 (enam) ciri-ciri di atas. Tujuannya adalah agar mampu mencapai tujuan perusahaan dan menjaga situasi kantor yang kondusif.

Kedua bahkan dapat terwujud mulai dari pemilihan karyawan yang tepat. Dengan demikian, Anda harus menggunakan Aikrut, solusi rekrutmen berteknologi Artificial Intelligence (AI).

Dengan Aikrut, ciri karyawan yang baik menjadi hal yang mudah untuk dicapai tanpa khawatir!

Referensi:

https://glints.com/id/lowongan/ciri-rekan-kerja-baik/#.Y3GnInZBy00

Tentang Penulis

Admin Aikrut