cara rekrut karyawan yang berkualitas | Aikrut

6 Cara Rekrut Karyawan yang Berkualitas. HRD Wajib Tahu!

cara rekrut karyawan yang berkualitas | Aikrut

Apapun jenis dan bidang perusahaannya, karyawan adalah satu komponen yang paling penting untuk menunjang jalannya usaha. Karyawan yang berkualitas dapat membantu perusahaan untuk mencapai visi dan misi perusahaan. Sebagai HRD cara merekrut karyawan yang berkualitas adalah langkah-langkah penting untuk Anda ketahui.

Tak dipungkiri, proses ini tidak mudah untuk dijalankan. HRD memiliki tanggung jawab untuk menyeleksi karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Memang betul, proses ini adalah sebuah penilaian yang subjektif bagi HRD. Meskipun demikian, Anda perlu melalui beberapa tahapan untuk mendapatkan hasil akhir yang sesuai dengan keinginan. Untuk itu kami memberikan beberapa cara perekrutan yang Anda perlu untuk lakukan.

Selain itu, Anda akan mengetahui salah satu aplikasi yang dapat membantu produktivitas Anda sebagai HRD yang sedang merekrut karyawan-karyawan baru. Dalam artikel ini Anda akan mendapat informasi tentang keduanya. Beikut penjelasan selengkapnya.

1. Cara Rekrut Karyawan yang Berkualitas dengan Beriklan

Anda tidak perlu lagi menempelkan selembaran informasi lowongan pekerjan di beberap fasiltas umum. Kini beriklan melalui media dan internet adalah cara yang baik.

Saat ini memang banyak platform yang menawarkan untuk memberikan kemudahan menyebarkan informasi rekrutmen, tapi gunakanlah yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Pastikan Anda memilih beberapa platform yang memberikan kemudahan, namun tetap memprioritaskan presisi dalam rekrutmen seperti Aikrut.

Salah satu plafrom rekrutmen yang dapat Anda gunakan adalah Aikrut. Selain membuat lowogan, Anda juga bisa melakukan analisis terhadap kandidat tersebut menggunakan Artificial Intelligent (AI). Maka dari itu, cara rekrut karyawan yang berkualitas ini bisa memudahkan Anda dalam proses perekrutan yang maksimal.

2. Pilih Media Iklan yang Sesuai

Tak heran, menggunakan media adalah cara rekrut karyawan berkualitas yang paling ampuh. Meskipun ada sosial media, namun saat ini masih banyak yang menggunakan koran sebagai alat untuk beriklan.

Sayangnya meskipun masih banyak yang mempromosikan ke dalam koran, namun pengguna koran yang semakin sedikit sehingga platform ini perlu Anda pertimbangkan.

Apalagi keterbatasan kalimat pada iklan koran membuat informasinya tidak maksimal. Ketidak maksimalan tersebut rentan terhadap mis komunikasi antara perusahaan dan calon kandidat.

Maka dari itu, kami tidak menyarankan untuk beriklan lowongan kerja dengan koran. Namun jika hal itu sangat diperlukan, pilihlah media yang memiliki reputasi yang baik dan dapat menarik calon kandidat untuk melamar di perusahaan Anda.

3. Cara Rekrut Karyawan yang Berkualitas Dengan Seleksi CV

Seleksi CV adalah salah satu cara rekrut karyawan yang berkualitas paling mudah, namun jangan terpaku dengan desain CV yang mereka gunakan. Jangan kaget jika nantinya Anda menemukan beberapa model CV yang misalnya CV desain dan CV ATS Friendly.

Namun perbedaan itu tidak seharusnya jadi masalah karena anda tetap dapat menjalankan proses rekrut karyawan yang baik.

Seharusnya HRD tidak mempermasalahkan desain apa yang mereka gunakan, karena pada dasarnya yang paling penting adalah membacanya dan mendapatkan informasi yang mereka tuliskan dalam CV tersebut.

Pastikan kandidat tersebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, hal lain yang Anda perlu pertimbangkan dalam hal ini adalah pengalamannya dalam belajar hal-hal yang berkaitan dengan kualifikasi posisi.

4. Cek Sosial Media Para Kandidat

Saat ini sosial media kerap digunakan sebagai personal branding. Seperti pada artikel ini, penggunaan sosial media untuk personal branding sangat berguna bagi mereka yang melamar pada posisi Desain Grafis.

Melalui sosial media, Anda dapat melihat portofolio karya-karya desain yang mereka publikasi. Dengan melihat langsung karya-karyanya yang sudah terpublikasi Anda dapat langsung membandingkan karyanya dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda.

Selain itu, platform yang mungkin Anda harus gunakan untuk melihat perjalanan karir calon kandidat yaitu Linkedin. Jika mereka menyantumkan akun ini, maka ini adalah sosial media yang potensial untuk Anda lihat dengan perjalanan karirnya. Cara itu yang kemudian dapat berguna untuk memastikan ulang apakah sesuai dengan informasi yang mereka berikan pada CV.

5. Berikan Calon Kandidat Tetang Beberapa Pertanyaan

Jika keempat langkah diatas telah Anda lalui dan merasa cocok, lakukanlah interview agar lebih tahu lebih dalam.

Interview melalui telepon adalah salah satu interview yang kerap digunakan karena lebih efisien waktu dan tenaga. Ingat, Anda sedang melakukan interview telepon. Maka dari itu siapkan pertanyaan yang singkat dan jelas.

Anda tidak perlu lagi menanyakan beberapa profil mereka, namun yang perlu Anda tanyakan adalah tentang pengetahuan dan pengalamannya dalam bidang yang sesuai dengan posisi. Pertanyaan yang singkat dan to the point itu berguna untuk menyingkat waktu dalam proses rekrutmen.

6. Menggunakan Alat Tes Kepribadian

Calon kandidat punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kecocokan latar belakang pendidikan hingga pengalaman bukan menjadi satu-satunya penilaian yang mutlak dalam merekrut karyawan yang baik.

Anda juga perlu tahu bagaimana kepribadian yang kandidat miliki. Maka dari itu, Anda perlu menggunakan salah satu platform khusus HRD bernama Aikrut. Saat menggunakan ini, Anda tidak dapat menganalisa dengan bantuan Artificial Intelligence (AI). Nantiya, hasil tersebut akan dijadikan patokan apakah Anda akan melanjutkan kelangkah berikutnya atau tidak.

Cara rekrut karyawan yang baik ini perlu untuk Anda lakukan. Dari kepribadian, Anda bisa menilai bagaimana cara kerjanya di perusahaan Anda.

7. Ujilah Kompetensi Mereka

Setelah resmi diterima, cobalah untuk membuat tantangan kepada mereka. Dalam melakukan tahapan ini, pastikan Anda telah merekrut orang lebih dari satu pada posisi tersebut. Anda akan memberikan waktu beberapa bulan untuk masa percobaan atau masa probation.

Dalam waktu-waktu itu, Anda akan melakukan pekerjaan sesuai dengan Key Performance Indicator (KPI). Anda dan rekan satu tim akan saling berebut untuk mencapai KPI yang telah disepakati. Jika lolos, maka Anda berhak naik jabatan yang telah dijanjikan sebelumnya.

Terapkan Cara Rekrut Karyawan yang Berkualitas Dengan Bantuan Ini

Karyawan adalah elemen terpenting dalam sebuah perusahaan. Bagaimana bisa mencapai misi perusahaan jika tanpa orang-orang yang berkompeten pada bidang-bidang tertentu. Maka dari itu, HRD adalah bagian yang tersibuk dalam menggunakan 6 cara rekrut karyawan yang berkualitas di atas.

Namun proses yang lama dalam merekrut karyawan baru adalah hal yang melelahkan. Anda perlu menggunakan Aikrut untuk proses #RekrutLebihCepat.

Kami melakukan analisa calon kandidat dengan menggunakan artificial intelligence dengan beberapa metode ini.

Mari wujudkan misi perusahaan bersama karyawan yang berkualitas dengan metode-metode di atas dan Aikrut.

Coba sekarang!

Tentang Penulis

Ella Dyan Septianing Tyas