Ini Cara Menjadi Komunikator yang Baik Agar Kantor “Sehat”

cara menjadi komunikator yang baik | aikrut

Komunikasi adalah soft skill yang penting karena dapat menyelesaikan segala masalah. Bahkan saat ini tiap perusahaan membutuhkan karyawan yang memiliki kemampuan menjadi komunikator pada tiap divisi kerja. Dengan demikian karyawan perlu membekali ilmu tentang cara menjadi komunikator yang baik.

Saat memasuki dunia kerja, tuntutan komunikator tidak hanya menyelesaikan masalah namun harus mampu menyampaikan pesan. Oleh karena itu kehadiran komunikator yang baik dapat menunjang terciptanya suasana yang kondusif dalam bekerja.

Suasana tersebut kemudian menghasilkan kolaborasi yang holistik untuk mencapai cita-cita perusahaan. Oleh karena itu, berikut ini cara untuk menjadi komunikator yang baik di kantor:

1. Jadilah Bagian dari Komunikan

Jika diberi kesempatan untuk menyelesaikan masalah, cara ini dapat Anda lakukan agar menjadi komunikator yang baik. Buatlah mereka nyaman saat menyampaikan keluh kesahnya kepada Anda.

Jika perlu, mintalah waktu khusus kepada mereka untuk berbincang satu per satu secara empat mata. Kemudian, sediakan tempat yang nyaman agar dia mampu menyampaikan keluhannya secara bebas.

Setelah itu, bangunlah komunikasi yang baik dengan memposisikan diri sebagai teman curhatnya. Berusahalah untuk ikut merasakan apa yang dia rasakan. Jadilah pendengar yang baik dengan memberikan solusi terhadap permasalahannya di kantor.

Baca juga:

Saat sudah mendapatkan permasalahan dari kedua belah pihak, ajaklah mereka untuk bertemu. Sampaikanlah keluh kesah mereka kepada yang bersangkutan. Cara ini diharapkan dapat menemukan titik terang dalam permasalahan divisi Anda dan mudah menemukan solusi atas permasalahan tersebut.

2. Sesuaikan Pesan dengan Karakter Pendengar

Sampaikan pesan yang Anda terima kepada komunikan dengan mempertimbangkan karakternya. Komunikator yang baik adalah mereka mampu menyampaikan pesan yang sesuai dengan karakter pendengar.

Anda akan menemukan berbagai karakter komunikan sehingga berhati-hatilah dalam menyampaikan pesan. Meskipun pesan tersebut sudah benar, namun hal itu akan berbeda makna pada pendengar dengan karakter yang berbeda.

Sebelum menyampaikan pesan, cara menjadi komunikator yang baik adalah mengetahui sifat pendengarnya. Hal itu seharusnya cukup mudah untuk dilakukan. Apalagi Anda kerap bertemu di kantor sehingga mengetahui karakternya.

3. Lengkapi Cara Menjadi Komunikator yang Baik dengan Menggunakan Komunikasi Non Verbal

Menyampaikan pesan tidak cukup dengan lisan. Agar menjadi komunikator yang meyakinkan, lengkapi komunikasi tersebut dengan bahasa tubuh yang sesuai.

Lakukanlah komunikasi non verbal dengan yang menggunakan gerak tubuh seperti tatapan mata, gerakan tangan dan lain sebagainya. Cara ini bertujuan agar pesan yang Anda sampaikan lebih bermakna.

Komunikasi non verbal juga berguna bagi komunikator dari divisi yang berhubungan dengan masyarakat. Umumnya mereka adalah karyawan yang posisinya sebagai Sales. Divisi ini membutuhkan komunikasi verbal dan non verbal agar meyakinkan calon kliennya.

Komunikator yang mampu menggunakan dua model komunikasi ini dapat dengan mudah membangun kepercayaan calon klien dan rekan kerja. Jika kantor Anda memiliki karyawan yang seperti itu harusnya dipertahankan karena mampu menyampaikan pesan yang baik kepada calon klien.

Dengan kemampuan tersebut, perusahaan Anda akan jauh lebih baik. Itu karena perusahaan mampu mendapatkan pemasukan karena karyawannya menerapkan cara menjadi komunikator yang baik ini.

4. Bicaralah Dengan Intonasi yang jelas

Yakinlah bahwa lawan bicara Anda butuh diyakinkan terhadap hal yang disampaikan. Lawan bicara akan menilai kebenaran terhadap hal yang Anda sampaikan. Oleh karena itu, buatlah dia yakin dengan mengatur intonasi cara bicara yang baik.

Anda dapat mengatur intonasi bicara dengan melihat situasi dan konteks yang ingin disampaikan. Jika Anda berbicara bersama rekan kerja akan berbeda jika Anda berbicara dengan atasan atau klien sekalipun.

Sama halnya dengan saat menyampaikan pesan yang ingin Anda sampaikan. Sesuaikan dengan komunikan Anda dan kebutuhannya. Jika tujuan Anda adalah untuk menyelesaikan suatu masalah, cara menjadi komunikator yang baik adalah tidak meninggikan suara sehingga terkesan menggurui.

Kantor Tidak Butuh (Hanya) Komunikator yang Baik

Komunikator adalah kemampuan yang harusnya dimiliki oleh tiap pekerja. Keempat cara menjadi komunikator yang baik tersebut seharusnya Anda terapkan agar dapat menyelesaikan permasalahan dan membantu menambah pemasukan perusahaan.

Namun komunikator yang baik bukanlah semata-mata kebutuhan perusahaan yang didapatkan dari setiap karyawan. Perusahaan yang sehat adalah perusahaan yang mampu bertahan dan mampu mencapai cita-citanya. Agar berjalan seiringan, perusahaan harus memiliki karyawan yang presisi.

Aikrut akan membantu Anda untuk mendapat karyawan yang yang sesuai dengan keinginan perusahaan.

Baca Juga:

Dengan teknologi Artificial Intelligence (AI), Aikrut akan memberikan analisis yang tepat terhadap calon karyawan. Kemudian hasil tersebut akan disajikan dalam format mudah dibaca agar Anda dapat menentukan pilihan calon karyawan dengan menyesuaikan kebutuhan perusahaan.

Referensi:

https://www.studilmu.com/blogs/details/3-cara-menjadi-komunikator-yang-baik-cara-ke-2-mengejutkan