Bikin Betah, Inilah Cara Menata Ruangan Kantor yang Sempit

Penulis: Alifenda Irodatu Juniorusis

Editor: Ella Dyan Septianing Tyas

cara menata ruangan kantor yang sempit | Aikrut

Karyawan banyak menghabiskan waktunya di kantor sehingga membutuhkan ruangan yang nyaman. Bicara soal kenyamanan, ruangan yang besar adalah satu yang mendukung perasaan tersebut. Namun jika ruangannya kecil, lantas bagaimana cara menata ruangan kantor yang sempit?

Meskipun ruangannya tidak seberapa besar, namun Anda dapat mengaturnya dengan beberapa cara agar tidak terlihat sempit. Langkah ini akan membantu karyawan lain untuk merasa nyaman sehingga produktivitas kerja tidak ada yang terganggu.

Artikel ini akan menginformasikan beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengelola ruangan kantor yang sempit terlihat lebih lebar:

Gunakan Furnitur yang Multifungsi

Furnitur multifungsi adalah perabotan yang memiliki banyak manfaat. Benda ini dapat digunakan pada ruangan kantor yang terbatas. Contoh furnitur ini adalah meja yang memiliki rak tambahan dan atau lemari yang bertingkat.

Namun tambahan tersebut biasanya tidak langsung tersedia sehingga Anda perlu membelinya secara custom. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan bentuk, ukuran, warna atau lainnya sesuai keinginan perusahaan Anda.

Bahkan beberapa perusahaan punya trik cara menata ruangan kantor yang sempit dengan memperhatikan keindahan ruangan. Mulai dari bentuk hingga warna pun juga menjadi pertimbangan perusahaan yang menginginkan tampilan yang estetik pada kantornya.

Hindari Sekat Saat Menjalankan Cara Menata Ruangan Kantor yang Sempit

Jika kantor Anda ingin membagi ruangan, perhatikan beberapa hal dalam menata ruangan kantor yang sempit.

Pilih Warna

Warna yang berbeda membantu ruangan terlihat luas. Lebih baik pilihlah yang masih dalam satu tone warna. Cara ini bertujuan agar ruangan terlihat natural dan lebih nyaman untuk dilihat. (sumber: Kompas)

Ketinggian Plafon

Plafon dengan ketinggian yang berbeda dapat membantu ruangan terkesan lebar. Selain itu, sirkulasi udara yang berbeda menambah kenyamanan karyawan pada ruangan tersebut.

Melakukan kedua cara menata ruangan kantor yang sempit di atas membutuhkan waktu yang lama. Banyak dari perusahaan yang memutuskan untuk memindah kantornya ke coworking space.

Selain lebih besar, coworking space juga memiliki manfaat bagi karyawan. Artikel di bawah adalah penjelasan selengkapnya:

Baca juga

Kurangi Hiasan yang Berlebihan

Hiasan memang menambah kesan “hidup” pada ruangan kantor. Akan tetapi menjalankan cara menata ruangan kantor yang sempit tidak membutuhkan ornamen yang berlebihan.

Jika ingin mengurangi suasana yang sepi pada ruangan, hiasan dinding adalah pilihan yang baik agar ruangan terlihat lebih luas. Selain itu, hiasan dinding juga menjadi pembeda ruangan kantor Anda dengan yang lainnya.

Pastikan tidak terlalu banyak menambahkan ornamen dinding. Hal itu akan membuat ruangan sempit dan tidak rapi.

Maksimalkan Setiap Sudut Ruangan

Sudut ruangan adalah bagian yang paling jarang diperhatikan oleh karyawan. Hal ini dapat dimanfaatkan dengan meletakkan furnitur seperti rak buku atau dekorasi tanaman indoor

Meskipun sejatinya penggunaan aksesoris akan membuat ruang kantor menjadi lebih kecil, tetapi menggunakan aksesoris yang tepat seperti tanaman indoor akan membuat suasana kantor tidak monoton dan memberi kesan lebar.

Mengelola Karyawan Tidak Semudah Mengelola Kantor

Seperti yang diketahui, karyawan memiliki kepribadian dan pola pikir yang berbeda-beda. Mereka adalah makhluk yang dinamis, tidak seperti furnitur di kantor yang statis. Oleh karena itu, tentu akan lebih sulit mengelola karyawan.

Namun, hal ini tidak akan terjadi apabila Anda mendapatkan karyawan yang berkualitas yang dapat dilihat dari caranya menyelesaikan asesmen dan interview

Aikrut hadir untuk membantu Anda mencari kandidat yang berkualitas. Dengan bantuan teknologi artificial intelligence AI, Anda dapat mengetahui bagaimana kandidat Anda menyelesaikan asesmen dan melakukan interview.

Referensi:

https://www.ruparupa.com/blog/tips-menata-ruang-kantor-yang-sempit-menjadi-nyaman/#8_Manfaatkan_setiap_sudut_secara_optimal