cara membaca pikiran orang | aikrut

Cara Membaca Pikiran Orang Dengan Fitur Kekinian | Aikrut

cara membaca pikiran orang | aikrut

Proses rekrutmen adalah salah satu kunci mewujudkan visi misi perusahaan dari kandidat yang sesuai dengan yang perusahaan inginkan. Sebagai HRD, Anda perlu teliti untuk menyeleksi semua kandidat dengan melihat garak tubuh, salah satunya adalah gerakan mata. Maka dari itu mengetahui cara membaca pikiran orang lewat metode gerakan mata adalah hal yang tidak boleh terlewatkan.

Tak dipungkiri, proses rekrutmen tidak hanya screening Curriculum Vitae (CV). Curriculum Vitae menyajikan kepada kita catatan tentang kemampuan dan pengalaman dari calon kandidat dan tidak menyertakann informasi tentang kepribadian kandidat. Oleh karena itu, membaca lewat pola mata juga tidak kalah penting.

Anda perlu tahu beberapa gerakan mata dan artinya dalam postingan artikel berikut ini. Tidak lupa, tunjang penilaian yang lebih akurat dengan menggunakan teknologi Artificial Intelligent (AI) yang dimiliki Aikrut.

Cara Membaca Pikiran Orang Lewat Tatapan Mata

Tatapan dan gerakan mata adalah hal yang berbeda. Meskipun berbeda, namun setiap tatapan mata mampu menunjukan terkait apa yang dia pikirkan. Seperti beberapa tatapan mata dan artinya berikut ini.

Menatap konsisten adalah tatapan mata yang dengan arahan depan dan pasti. . Cara membaca pikiran orang ini memperlihatkan bahwa calon karyawan tersebut mulai tertarikan dengan topikPembicaraan

Berbanding terbalik jika kandidat tersebut menatap dengan tatapan yang pendek dengan memalingkan wajah dan tidak menatap mata Anda. Jika demikian, bisa jadi tidak nyaman dengan pertanyaan yang sedang Anda tanyakan.

Alis Mata Memperkuatkan Cara Membaca Pikiran Orang

Alis adalah salah satu hal yang penting untuk memperkuat penilaian tentang kepribadian calon karyawan. Jika alisnya terangkat dan melengkung, maka dia sedang terkejut dengan pertanyaan yang Anda tanyakan. Terkadang gerakan ini berarti bahwa mereka juga tertarik dengan apa yang Anda sampaikan atau tanyakan.

Akan tetapi jika alisnya terangkat sebelah saja, itu berarti calon karyawan bisa saja tidak suka dengan pertanyaan yang Anda berikan.

Bentuk alis adalah “alat bantu” untuk membantu Anda mengerti kepribadian mereka. Namun yang lebih penting adalah pergerakan pola mata. Berikut ini penjelasan terkait cara membaca pikiran orang lewat gerakan mata.

1. Gerakan Mata Ke Atas

Jika calon karyawan memperlihatkan gerakan pola mata ini, berarti dia sedang merasa bosan dengan proses wawancara yang sedang Anda lakukan. Pergerakan mata ini juga berarti untuk menghentikan pembicaraan yang sedang Anda bahas.

2. Menunduk Ke Bawah

Cara membaca pikiran orang yang patuh adalah ketika matanya sedang melihat ke bawah. Namun gerakan tersebut tidak selalu diartikan orang yang patuh.

Anda harus mengantisipasi gerakan pola mata ini jika Anda sudah berbicara terlalu banyak atau mungkin telah menanyakan sesuatu yang membuatnya tidak nyaman. Oleh karena itu, Anda harus menghentikannya.

3. Cara Membaca Pikiran Orang dari Matanya yang Melihat Kanan dan Kiri

Gerakan mata ini terbagi menjadi beberapa model seperti yang berikut ini.

Ketika calon kandidat menunjukan mata ke kanan atau ke kiri pada bagian tengah. Jika calon kandidat memperlihatkan gerakan mata ke kanan tengah, maka dia sedang berusaha untuk mengingat sumber suara yang sedang di dengar.

Jika pergerakannya kepada kiri tengah, berarti dia sedang menghayati suara yang belum dia dengar sebelumnya.

Beda dengan sebelumnya, jika calon kandidat sedang melihat ke arah kanan kiri bawah, dia berusaha untuk mengingat-ingat sebuah percakapan.

Bentuk Mata Juga Memiliki Makna

Mata adalah salah satu indera mata yang menyimpan banyak teka-teki. Tidak hanya gerakannya, bentuk mata pun juga bisa digunakan untuk menerapkan cara membaca pikiran orang.

Dalam sumber yang beredar menyatakan bahwa para ahli juga mengandalkan bentuk mata untuk menilai kepribadian seseorang. Lantas bentuk mata seperti apa yang bisa mengidentifikasikan pikiran seseorang?

1. Mata Berbinar dan Lebar

Kepribadian seseorang yang memiliki bentuk mata ini adalah mereka tidak terlalu mengutamakan detail. Dengan demikian, mereka hanya mementingkan sesuatu hal yang dilihat secara keseluruhan. Meskipun demikian, dia adalah orang yang mudah untuk beradaptasi dengan perubahan.

Cara membaca pikiran orang ini berarti dia adalah orang yang berimajinasi yang tinggi. Dengan didukung sikap optimis yang tinggi, dia mampu untuk beradaptasi dengan perubahan.

Sifat itu tidak membuatnya sombong dan selalu merasa tinggi. Dia yang bermata lebar dan berbinar memiliki jiwa sosial yang tinggi dan berpikiran terbuka. Sifat inilah yang membuatnya disukai oleh banyak orang. 

2. Cara Membaca Pikiran Orang yang Bermata Kecil

Jika Anda menemukan kandidat yang seperti ini, dia adalah orang yang tidak bergantung dengan orang lain. Dia lebih mandiri dari ciri-ciri orang dengan bentuk mata lainnya.

Sayangnya sifatnya ini memiliki kekurangan yaitu mudah untuk menyombongkan diri. Sifat buruk tersebut muncul karena dia merasa lebih dari orang-orang sekitarnya sehingga perlu untuk dipamerkan.

3. Bentuk Mata Serigala

Dia adalah orang-orang yang memiliki karakter yang kuat dalam berbagai hal tak terkecuali spiritual. Jangan heran ketika orang yang memiliki bentuk mata ini adalah orang yang kaku. Kuatnya karakter yang dia miliki membuatnya susah untuk mempercayai orang lain. 

Akan tetapi, orang seperti ini cenderung lebih ketergantungan dengan orang lain. Hal itu karena dia telah berharap penuh dengan seseorang sehingga muncul sifat ketergantungan tersebut. 

Lalu Bagaimana Cara Membaca Pikiran Orang yang Akurat?

Seseorang mungkin bisa saja berbohong secara lisan, namun gerak dan bentuk mata tidak pernah berbohong.

Jika Anda membutuhkan hasil yang akurat, teknologi adalah sesuatu yang perlu untuk kamu gunakan. Salah satu teknologi tersebut adalah Artificial Intelligence (AI).

Aikrut adalah platform HRD berbasis teknologi mutakhir ini memiliki fitur cara membaca pikiran orang lewat gerakan mata yaitu Eye Accesing Cues.

Bahkan Anda bisa langsung mendapatkan hasilnya langsung sesaat dia melakukan interview online. Aikrut adalah pilihan yang tepat untuk mewujudkan proses #RekrutLebihCepat.

Coba sekarang!

Referensi:

https://www.sonora.id/read/422761974/tes-kepribadian-ketahui-karakter-seseorang-melalui-tatapan-matanya

https://tekno.tempo.co/read/417426/benarkah-mata-tak-bisa-bohong

https://www.rancah.com/tips-dan-trik/25788/membaca-karakter-lewat-mata/

Tentang Penulis

Ella Dyan Septianing Tyas