Kerja Kekinian! Inilah 6 Manfaat Bekerja di Coworking Space

Penulis: Alifenda Irodatu Juniorusis

Editor: Ella Dyan Septianing Tyas

Semenjak tren sistem kerja Work From Home (WFH), karyawan kini lebih senang bekerja di tempat yang “Homie”. Untuk itu, bekerja di coworking space jadi pilihan banyak perusahaan.

Coworking space memungkinkan karyawan memiliki relasi yang lebih luas. Hal itu karena tempat tersebut biasanya diisi oleh beberapa perusahaan.

Tempat itu bahkan bisa lebih besar daripada kantor. Coworking space juga dilengkapi dengan ruang terbuka yang cukup sehingga karyawan dapat bekerja secara indoor maupun outdoor. Dengan demikian, stres kerja karyawan akan berkurang sehingga meningkatkan produktivitas.

Selain itu, ada manfaat-manfaat lainnya jika Anda bekerja di coworking space. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Bekerja Jadi Lebih Fleksibel

Saat ini, generasi milenial dan generasi Z mendominasi dunia kerja. Keduanya cenderung mampu bekerja dengan cepat karena dekat dengan teknologi.

Baca juga:

Meskipun demikian, kedua generasi ini cenderung menyukai pekerjaan yang lebih bebas dan fleksibel. Ini bukan berarti identik dengan “pembangkang”, namun kebebasan ini dimaknai dengan kemampuan mereka mencapai tujuan tanpa aturan yang mengikat.

Kebebasan ini mampu meningkatkan produktivitas kerja. Apalagi bagi mereka yang tidak terlalu menyukai pekerjaan yang mengekang seperti generasi milenial dan generasi Z.

2. Komunikasi lebih efektif

Kebanyakan coworking space memiliki desain yang minim sekat. Hal ini ternyata mampu meningkatkan komunikasi yang efektif antar divisi. Dengan demikian, komunikasi yang dilakukan tidak perlu menggunakan Email atau peralatan teknologi lainnya. Mereka cukup datang ke meja karyawan yang dituju untuk melakukan komunikasi secara langsung.

Efektivitas komunikasi tersebut bermanfaat pula bagi kelangsungan perusahaan. Melalui komunikasi yang efektif, perusahaan akan terhindar dari konflik antar karyawan akibat kesalah pahaman.

3. Meningkatkan produktivitas

Bekerja di coworking space akan meningkatkan semangat. Coworking space kerap digunakan sebagai tempat berkumpul orang-orang yang serius dan fokus dalam pekerjaan.

Perilaku tersebut secara tidak langsung akan mempengaruhi dalam bekerja. Anda akan lebih berkonsentrasi karena tidak adanya gangguan kebisingan yang disebabkan oleh orang lain.

Produktivitas kerja yang baik menjadi akibat dari lingkungan kerja yang nyaman di coworking space. Udaranya yang segar, tempatnya yang luas serta pencahayaan yang cukup adalah keunggulan dari tempat ini.

4. Keamanan Bekerja di Coworking Space Sangat Terjamin

Pengelola coworking space berusaha menciptakan suasana yang mendukung keamanan penghuninya. Mereka tak lupa memperhatikan keamanan pada setiap sudut coworking space seperti menyediakan CCTV lengkap dengan ruangan monitornya.

Alat tersebut tidak boleh kelewatan saat memutuskan untuk bekerja di coworking space. Ingat, jenis tempat kerja ini mungkin akan diisi oleh lebih dari satu perusahaan. Untuk itu, keamanan adalah hal yang penting berkaitan untuk menjaga aset-aset perusahaan.

Bahkan beberapa coworking space juga mempekerjakan satpam untuk menjaga pintu masuk. Dengan begitu, keamanan kantor akan lebih terjaga dan sangat meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

5. Peralatan dan Perabotan yang Sudah Lengkap

Jika beruntung, Anda akan mendapatkan coworking space yang lengkap dengan furniturnya. Anda dan karyawan kantor hanya tinggal menempati saja karena semuanya sudah tersedia.

Meskipun demikian, Anda perlu mempertimbangkan hal lainnya seperti banyaknya karyawan. Pastikan coworking space difungsikan sebagaimana mestinya. Dengan demikian Anda dapat menanggulangi kemungkinan kapasitas space yang tidak sesuai dengan banyaknya karyawan.

6. Berkesempatan Mengikuti Community Event

Perusahaan yang menyewa coworking space biasanya memiliki kesamaan sektor industri. Untuk itu, perusahaan tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan dalam mengembangkan relasi dan pengetahuan karyawannya.

Umumnya tiap perusahaan kerap mengadakan event dan mengajak serta karyawan dari perusahaan lain di coworking space yang sama. Dalam acara ini, tiap perusahaan juga berkesempatan untuk menawarkan produknya.

Dengan mengadakan dan mengikuti event akan mempererat kekeluargaan dalam satu coworking space yang sama.

Tantangan Bekerja di Coworking Space

Bagi karyawan, bekerja di coworking space memiliki banyak manfaat. Di sisi lain hal ini menjadi tantangan bagi HRD karena keleluasaan bekerja lebih bebas daripada memiliki kantor sendiri. Karyawan tidak terpantau dengan baik karena bekerja pada tempat dan waktu yang berbeda.

Hal itu bukan jadi permasalahan yang besar di era perkembangan teknologi seperti saat ini. HRIS by Widya Skilloka dapat membantu Anda mengetahui aktivitas karyawan di hari kerja.

Mulai dari absensi hingga pengajuan cuti dapat terlihat pada satu sistem. Dengan demikian, Anda dapat memastikan kerja karyawan yang selaras dan tidak ada yang menyimpang.

Tinjau aktivitas karyawan dalam satu sistem menggunakan HRIS by Widya Skilloka.

Referensi:

https://myrobin.id/untuk-pekerja/bekerja-di-coworking-space#Kelebihan_Bekerja_Di_Coworking_Space

https://www.listerine.co.id/artikel/ini-3-alasan-memilih-bekerja-di-coworking-space