aplikasi wfh

Aplikasi Work from Home untuk Menunjang Pekerjaan

Aplikasi HR muncul dalam beragai bentuk dan ukuran. Ditambah lagi, karena adanya pandemi COVID-19, kami memutuskan akan membantu Anda untuk memilih aplikasi-aplikasi terbaik yang dapat mempermudah Anda untuk menunjang pekerjaan Anda.

Aplikasi absensi karyawan

Aplikasi absensi karyawan adalah solusi yang sangat membantu untuk semua bidang bisnis. Menurut statistik, aplikasi absensi dapat membantu perusahaan mengeliminasi produktivitas yang hilang dengan mengamati waktu yang dipakai.

Aplikasi absensi sangat berguna dalam mengelola kehadiran karyawan WFH dan juga karyawan yang bekerja di kantor seperti biasa. Untuk karyawan yang bekerja dari kantor, aplikasi absen yang dapat diunduh melalui smartphone akan lebih praktis dan aman digunakan, dibandingkan dengan mesin fingerprint yang digunakan oleh banyak orang dan berresiko menularkan penyakit.

Widya Skilloka by Widya Skilloka

Aplikasi absensi online terbaik adalah Widya Skilloka, yaitu aplikasi yang dapat memudahkan Anda maupun karyawan Anda untuk absen lebih aman. Anda tidak perlu takut, cukup unduh aplikasinya di smartphone Anda, baik yang berbasis Android maupun iOS.

Pelaporan kehadiran dilakukan dengan selfie di aplikasi Widya Skilloka, lalu teknologi face recognition dan GPS akan mengidentifikasi data biometrik dan lokasi karyawan.Anda akan mengenali apakah kehadiran karyawan sesuai dengan yang dilaporkan atau tidak. Data kehadiran tercatat secara real-time, sehingga Anda dapat mengetahui siapa yang tidak hadir pada saat jam kerja.

Aplikasi Surat Menyurat

Dalam berhubungan dengan perusahaan lain, Anda dapat menggunakan email sebagai sarana komunikasi. Dibandingkan surat fisik, email dapat digunakan jauh lebih baik karena dikirim secara real-time. Beberapa perusahaan menggunakan email kantor untuk kebutuhan surat-menyurat maupun bekerja.

1. Gmail

Gmail has a new logo that's a lot more Google - The Verge

Gmail adalah layanan email gratis yang disediakan oleh Google. Dalam banyak hal, Gmail seperti layanan email lainnya: Anda dapat mengirim dan menerima email, memblokir spam, membuat buku alamat, dan melakukan tugas email dasar lainnya. Tetapi juga memiliki beberapa fitur unik yang membantu menjadikannya salah satu layanan email online paling populer.

Saat diluncurkan pada tahun 2004, Gmail menyediakan kapasitas penyimpanan satu gigabyte per pengguna, yang jauh lebih tinggi daripada yang ditawarkan pesaingnya dulu. Saat ini, layanan ini hadir dengan penyimpanan 15 gigabyte. Pengguna dapat menerima email hingga ukuran 50 megabyte, termasuk lampiran, sementara mereka dapat mengirim email hingga 25 megabyte. Untuk mengirim file yang lebih besar, pengguna dapat memasukkan file dari Google Drive ke dalam pesan.

Harga:

Gratis, Anda hanya perlu mengisi data diri Anda.

Fitur Unggulan:

  • Simple dan user friendly
  • Penyimpanan yang besar
  • Dapat mendeteksi pesan spam
  • Mudah untuk mencari data apa saja
  • Mendukung berbagai bahasa

Aplikasi Percakapan

Tidak setiap organisasi memiliki orang atau tim Internal Communications (IC) yang berdedikasi. Akibatnya, seringkali HR yang harus mengurus ini, di atas segalanya. Berikut adalah tools yang dapat Anda gunakan untuk membuat tim Anda tetap terhubung.

1. WhatsApp

WhatsApp - Wikipedia

WhatsApp adalah aplikasi gratis yang menyediakan layanan bertukar pesan dan panggilan yang sederhana, aman, dan dapat diandalkan serta tersedia pada berbagai telepon di seluruh dunia.

Aplikasi ini dimulai sebagai alternatif untuk SMS. Produknya sekarang memungkinkan untuk mengirim dan menerima berbagai media: teks, foto, video, dokumen, dan lokasi, juga panggilan suara.

Harga:

Gratis, hanya perlu daftar dengan nomor telepon yang digunakan.

Fitur Unggulan:

  • Koneksi yang stabil
  • Notifikasi yang real-time
  • Nomor ponsel sebagai username
  • Tanda pesan apabila sudah terkirim ataupun sudah terbaca
  • Dapat mengirim file dalam bentuk foto, video, audio, lokasi, bahkan kontak.

2. Telegram

Telegram Messenger - Crunchbase Company Profile & Funding

Telegram adalah aplikasi komunikasi dengan fokus pada kecepatan dan keamanan, sangat cepat, sederhana, dan gratis. Anda dapat menggunakan Telegram di semua perangkat Anda secara bersamaan, pesan Anda disinkronkan dengan mulus di sejumlah ponsel, tablet, atau komputer Anda. Telegram memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif bulanan dan merupakan salah satu dari 10 aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia.

Dengan Telegram, Anda dapat mengirim pesan, foto, video, dan file jenis apa pun (doc, zip, mp3, dll.), serta membuat grup hingga 200.000 orang atau saluran untuk disiarkan ke audiens tak terbatas. Anda dapat menulis ke kontak telepon Anda dan menemukan orang-orang dengan nama pengguna mereka. Hasilnya, Telegram seperti gabungan SMS dan email, dan dapat menangani semua kebutuhan perpesanan pribadi atau bisnis Anda. Selain itu, Telegram mendukung panggilan suara dan video terenkripsi secara ujung ke ujung, serta obrolan suara dalam grup untuk ribuan peserta.

Harga:

Gratis, hanya perlu daftar dengan nomor telpon yang digunakan.

Fitur Unggulan:

  • Dapat diakses dari berbagai macam perangkat dalam waktu yang bersamaan, termasuk tablet dan komputer
  • Mampu membagikan foto, video, dan file dalam jumlah tak terbatas (doc, zip, mp3, dll.) masing-masing hingga 2 GB.
  • Membutuhkan kapasitas yang kecil, yaitu kurang dari 100 MB.
  • Pengiriman pesan yang cepat dan aman

3. Slack

What Is Slack, and Why Do People Love It?

Slack adalah aplikasi kolaborasi yang menyatukan orang, informasi, dan alat yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan. Dari berbagai perusahaan, jutaan orang di seluruh dunia menggunakan Slack untuk menghubungkan tim mereka, menyatukan sistem mereka, dan memajukan bisnis mereka.

Harga:

Gratis, hanya perlu mendaftarkan email yang digunakan.

Fitur unggulan:

  • Memungkinkan komunitas, grup, atau tim untuk bergabung dengan “ruang kerja” melalui URL atau undangan tertentu yang dikirim oleh admin atau pemilik tim.
  • Terdapat berbagai fitur seperti Public Channel (seperti grup chat), Private Channel (grup pribadi), dan Direct Message (pesan langsung).
  • Terintegrasi dengan banyak layanan pihak ketiga dan mendukung integrasi yang dibangun komunitas, termasuk Google Drive, Trello, Dropbox, Box, Heroku, IBM Bluemix, Crashlytics, GitHub, Runscope, Zendesk dan Zapier.

Aplikasi Conference/Meeting

Meeting adalah hal yang tidak dapat dihilangkan di dunia kerja, bahkan di saat WFH sekalipun.

1. Google Meet

Meet | Google Blog

Google Meet (sebelumnya dikenal Hangouts Meet) adalah layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google.

Selama pandemi COVID-19, penggunaan Meet tumbuh 30 kali lipat antara Januari dan April 2020, dengan 100 juta pengguna per hari mengakses Meet, dibandingkan dengan 200 juta penggunaan harian untuk Zoom pada minggu terakhir April 2020. Google menangguhkan batas 60 menit yang biasa untuk akun yang belum dibayar.

Harga:

Gratis untuk pengguna Gmail. Serta tersedia juga versi berbayar mulai dari $4.20 / bulan untuk fitur yang lebih komplit.

Fitur Unggulan:

  • Terintegrasi dengan Google Calendar dan Google Contacts
  • Filter audio noise-cancelling
  • Mode low-light untuk video
  • Kemampuan untuk bergabung ke rapat melalui browser web atau melalui aplikasi Android atau iOS
  • Dapat membagikan tampilan dokumen, spreadsheet, presentasi, atau halaman website.

Baca juga: Apa itu Zoom dan Bagaimana Cara Memakainya?

Demikian aplikasi Work From Home yang dapat mempermudah Anda untuk menunjang pekerjaan Anda. Kira-kira, mana yang Anda pilih untuk menunjang pekerjaan Anda? Apapun pilihannya, aplikasi-aplikasi di atas akan membantu Anda dalam kegiatan Work From Home Anda.

Tentang Penulis

Vina Kireina