aplikasi HRD berbasis web | aikrut

Aplikasi HRD Berbasis Web Menggunakan AI | Aikrut

aplikasi HRD berbasis web | Aikrut

Divisi HRD adalah salah satu divisi yang memiliki tugas penting dalam sebuah perusahaan. Salah satu tugasnya adalah menyeleksi kandidat terbaik untuk perusahaan. Untuk mempermudah tugas HRD dalam menyeleksi kandidat, maka gunakanlah aplikasi HRD berbasis web untuk proses #RekrutLebihCepat.

Pada umumnya, tahapan rekrutmen membutuhkan waktu yang tidak singkat. HRD harus teliti dalam menganalisa seluruh calon kandidat agar kandidat tersebut sesuai dengan visi dan misi perusahaan

Untuk bantu mempermudah proses tersebut, banyak pihak yang mulai bergerak untuk menciptakan inovasi teknologi untuk membantu HRD dan perusahaan dalam proses rekrutmen. Lalu, apa aplikasi HRD berbasis web tersebut?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, kami akan menginformasikan betapa pentingnya Artificial Intelligence (AI) dalam perekrutan karyawan baru. Berikut ini selengkapnya untuk Anda.

Manfaat AI Dalam proses Perekrutan

Kini Kecerdasan buatan mulai merambah masuk dan berusaha membantu menyelesaikan masalah di dunia kerja. Namun teknologi Artificial Intelligence yang ada setiap perusahaan dan bidang pekerjaan adalah berbeda-beda. Hal itu karena setiap teknologi berkembangan menyesuaikan kebutuhan dari bidang usaha dan pekerjaan tersebut.

Sebenarnya penggunaan AI pada bidang HRD bukan hal yang baru. Lagi pula, proses rekrutmen berbasis web bukanlah suatu penyalahgunaan teknologi. Justru hal ini adalah dobrakan penting agar AI dapat berguna untuk profesi-profesi lainnya.

Integrasi teknologi AI memudahkan Anda untuk menyeleksi kandidat yang terbaik. Bahkan teknologi AI juga berguna saat membuka lowongan pekerjaan.

Kini mengiklankan posisi tidak lagi susah. Anda hanya perlu mendaftarkan akun di beberapa platform jobseeker dan Anda pun dapat mempromosikan lowongan pekerjaan.

Bayangkan jika menjalankan rekrutmen secara manual. Proses kroscek informasi di CV membutuhkan waktu lama. Dengan menggunakan teknologi AI, keresahan itu telah dikerjakan oleh AI. Nama teknologi tersebut adalah Applicant Tracking System atau ATS.

Biarkan aplikasi HRD berbasis web yang menyeleksi berkas calon kandidat. Sembari Anda dapat melakukan tugas-tugas HRD yang tidak kalah penting lainnya.

Manfaat aplikasi HRD berbasis web lainnya adalah saat melakukan wawancara. Bukan sekedar wawancara online menggunakan aplikasi seperti Zoom atau sebagainya. Namun Anda akan terlihat layaknya robot yang sedang meng-interview calon kandidat. Teknologi tersebut telah dimiliki oleh platform Aikrut dengan nama fitur robot AI bernama Mbak Widya.

Meskipun tidak langsung di wawancara oleh HRD, namun ‘robot’ AI dapat menganalisa calon kandidat dari beberapa gesture yang mereka tampilkan. Oleh karena itu, mudah bagi Anda untuk mendapatkan hasil dari penilaian AI terhadap kandidat tersebut.

Selain jawaban wawancara yang terekam, HRD akan mendapatkan data yang lebih banyak dengan penambahan data dari teknologi AI yang membaca gerak tubuh calon karyawan.

Selain itu, pemanfaatan aplikasi HRD berbasis web antara lain untuk menghindari bias terhadap penilaian calon kandidat. Menurut Ethan Lee, aplikasi HRD berbasis AI mampu menganalisis lebih baik dengan perhitungan dan kalkulasi yang tepat sehingga penilaian tersebut dilakukan secara objektif.

Keunggulan Aplikasi HRD yang Berbasis Web

Aplikasi HRD berbasis web dan berbasis desktop adalah hasil pengembangan dari kemajuan teknologi atas pekerjaan seorang HRD. Namun berjalannya waktu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Meskipun keduanya masih eksis, namun aplikasi HRD berbasis web banyak keuntungannya daripada desktop.

Pertama, Anda tidak perlu melakukan instalasi aplikasi pada perangkat Anda. Kemudahan ini memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi menggunakan perangkat apa saja yang mendukung internet. Maka dari itu, Anda dapat mengakses aplikasi HRD berbasis web dimana saja dan kapan saja.

Anda tidak perlu khawatir jika suatu saat perangkat tersebut sedang mengalami kerusakan. Data-data tersebut telah tersimpan pada cloud sehingga Anda bisa mengaksesnya dengan perangkat lain. Pastikan telah mengetahui data terkait informasi login ke website-nya agar bisa diakses dari perangkat lain

Selain itu, pengeluaran Anda akan lebih hemat jika menggunakan aplikasi HRD berbasis web. Anda tidak perlu melakukan peningkatan perangkat agar aplikasi tersebut berjalan lancar. Hanya dengan menggunakan akses internet, Anda dapat selalu menjalankan aplikasi tersebut dan proses perekrutan Anda berjalan lancar.

Dengan adanya aplikasi HRD berbasis web, Anda tidak perlu menghabiskan waktu dalam proses rekrutmen. Hal itu karena aplikasi-aplikasi itu menanamkan Artificial Intelligence (AI) dalam setiap fiturnya.

Aplikasi HRD berbasis web yang paling rekomendasi adalah Aikrut. Kami menggunakan beberapa alat tes psikologi mutakhir dan mendeteksi kepribadian calon kandidat dengan assesmen yang presisi. Hail itulah yang dapat Anda gunakan untuk memutuskan untuk proses selanjutnya. 

Apakah Menggunakan Aplikasi HRD Berbasis Web Tergolong Aman?

Keraguan ini masih jadi pro dan kontra hingga saat ini. Banyak yang senang dengan perkembangan teknologi yang memudahkan HRD. Disisi lain, ada pula yang berpikir bahwa perkembangan teknologi ini dapat menggantikan peran manusia.

Dengan teknologi maka proses rekrutmen dapat terhindarkan dari bias perasaan yang sangat mungkin terjadi oleh manusia. Sedangkan teknologi sendiri pada dasarnya memiliki batasan, karena manusia sendirilah yang menciptakan teknologi tersebut. Jadi pada dasarnya secanggih apapun teknologi tidak akan dapat menggantikan sepenuhnya peran manusia

Terlepas dari pro dan kontra tersebut, aplikasi ini mungkin berguna karena sangat membantu produktivitas Anda. Bayangkan jika tidak menggunakan teknologi ini, apakah proses perekrutan akan berjalan lancar sesuai dengan waktu yang disepakati? dan apakah Anda mampu melakukan analisis kepribadian yang tepat terhadap ratusan bahkan ribuan pelamar? Kami rasa itu adalah hal yang susah untuk diraih.

Melihat itu, Aikrut hadir untuk menjadi solusi atas permasalahan yang HRD rasakan dalam proses rekrutmen. Aikrut menggunakan teknologi terbarukan yaitu Artificial Intelligence yang tetap berkaidah psikologi untuk menyeleksi kandidat yang sesuai dengan keinginan perusahaan. 

Aikrut Menjadi Aplikasi HRD Berbasis Web yang Paling Direkomendasi

Ini adalah aplikasi yang perlu Anda pertimbangkan untuk mendapatkan calon kandidat yang sesuai. Manfaat-manfaat AI di atas dapat Anda rasakan saat menggunakan Aikrut.

Bahkan Anda bisa menggunakan aplikasi HRD berbasis web itu untuk membuka lowongan pekerjaan.

Kami menawarkan beberapa paket yang dapat Anda sesuaikan di sini. Atau Anda mungkin ingin tahu lebih jauh tentang fitur-fitur yang kami miliki dengan klik link ini.

Mari bersama Aikrut untuk mewujudkan proses #RekrutLebihCepat dan kandidat yang sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Ella Dyan Septianing Tyas