apa itu job fair | Aikrut

Apa itu Job Fair? Dan Apa yang Dipersiapkan Oleh HRD?

apa itu job fair | Aikrut

Mencari kandidat untuk mengisi posisi yang kosong pada perusahaan bukan lagi hal yang sulit. Selain menggunakan sosial media, Anda masih bisa memanfaatkan acara job fair. Lalu apa itu job fair?

Anda akan bertemu dengan banyak pencari kerja melalui job fair. Tidak hanya bertemu saja akan tetapi para pencari kerja akan memasukkan lamarannya kepada perusahaan-perusaan yang menurutnya sesuai dengan kualifikasi yang mereka miliki.

Sebagai HRD, Anda perlu melakukan beberapa persiapan saat mengikuti Job Fair. Apa sajakah itu?

1. Persiapan untuk Job Fair

Perlu Anda ketahui bahwa apa itu job fair adalah ajang banyak perusahaan yang sama-sama memiliki tujuan yang sama yaitu mendapatkan calon kandidat yang sesuai.

Namun banyaknya perusahaan perlu untuk membuat strategi untuk memikat calon kandidat agar mendatangi booth perusahaan.

Persiapan pertama adalah memetakan kebutuhan Sumber Daya manusia (SDM) yang dibutuhkan perusahaan dengan berkoordinasi dengan atasan dari posisi yang sedang kosong. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan Man Power Planning agar kualifikasi tersebut sesuai.

Ingat, jangan buat kualifikasi yang terlalu tinggi dan terkesan tida masuk akal. Hal itu membuat para calon pelamar kerja tidak tertarik untuk memasukkan berkasnya ke perusahaan Anda.

Setelah itu, pergilah ke booth beberapa hari sebelum diadakan job fair untuk meriasnya semenearik mungkin agar para pencari kerja dapat tertarik.

Jika terselenggara secara daring, pastikan koneksi internet stabil. Ini meminimalisir kejadian koneksi terputus yang memungkinkan terciptanya kesalahpahaman.

Selain itu, penampilan juga perlu untuk diperhatikan dengan menggunakan seragam dan atribut yang mencerminkan identitas perusahaan. Cara ini berguna untuk mempromosikan perusahaan Anda kepada para Jobseekers.

2. Tunjukan Budaya Perusahaan

Menggunakan atribut identitas perusahaan juga harus ditunjang dengan menampilkan budaya perusahaan. Tunjukan sisi baik perusahaan agar mereka dapat menilai bahwa perusahaan Anda menerapkan profesionalisme dalam bekerja.

Menurut sumber yang beredar, budaya peruahaan adalah hal yang penting untuk ditunjukkan. Melalui budaya perusahaan, Anda berarti sedang menunjukan citra perusahaan yang baik.

Baca Juga:

Selain itu, Anda akan menuntun mereka terkait bagaimana mereka menilai perusahaan Anda.

3. Mempersiapkan Merchandise Saat Job Fair

Dalam menarik perhatian pencari kerja, menawarkan beberapa jenis merchandise adalah hal yang juga boleh untuk persiapkan. Namun terapkan beberapa persyaratan untuk mendapatkannya. Biasanya syarat-syarat tersebut meliputi mengikuti mini games atau mengikuti challenge .

Salah satu contoh challenge yang berdampak untuk meningatkan pengunjung booth adalah meminta mereka untuk mempromosikan perusahaan Anda ke sosial media mereka. Caranya yaitu membagikan poster atau bisa membuatkan story dengan menandai perusahaan Anda.

Dengan menggunakan cara ini, Anda dan pencari kerja tersebut akan sama-sama mendapatkan keuntungan.

Manfaatkan Job Fair Untuk Perusahaan

Meskipun teknologi berkembang , namun job fair masih salah satu ajang pencari calon kandidat yang masih banyak dilakukan di kota-kota besar. Inilah keuntungan dari menggunakan acara ini:

1. Waktu Perekrutan yang Singkat

Job fair memungkinkn Anda untuk lebih mudah mendapatkan calon karyawan. Mereka yang akan menemui Anda, bukan Anda yang mencari satu per satu dari calon karyawan.

Meskipun demikian, Anda tetap harus mempublikasikan adanya perekrutan pada posisi yang kosong di perusahan Anda. Mengikuti job fair akan membantu dengan sangat baik upaya Anda untuk mempublikasikan rekrutmen terbuka itu.

Definisi dari apa itu job fair bisa menghemat waktu dan tenaga Anda dalam proses rekrutmen, yaitu menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI). Dengan teknologi tersebut, proses screening CV hingga membaca kepribadian calon kandidat dilakukan dalam satu paltform yaitu Aikrut.

2. Punya Banyak Pilihan Calon Kandidat

Tak dipungkiri, para pencari kerja banyak yang tidak mengikuti perkembangan teknologi. Anda akan menemukan beberapa calon kandidat yang tidak memiliki akun sosial media sehingga sulit untuk mencari tahu perjalanan karirnya di dinternet. Dengan pertemuan langsung, Anda dan para pencari kerja dapat memudahkan Anda untuk memilih dan mendapatkan calon kandidat yang sesuai.

3. Memperluas Relasi

Dengan acara ini, Anda bertemu dengan beragam sektor perusahaan dan dapat menjalin hubungan baik antara mereka. Anda mungkin suatu saat akan membutuhkan bantuan sektor lain untuk mrnunjang perusahaan.

Jadi, Anda tidak susah untuk mencarinya, karena sebelumnya sudah terjalin relasi yang baik lewat acara job fair tersebut.

4. Ajang Branding Untuk Perusahaan

Branding adalah hal yang penting untuk perusahaan. Selain untuk lebih terkenal oleh seluruh pencari kerja, profit perusahaan juga dapat meningkat. Hal itu karena perusahaan yang ingin bermitra dengan perusahaan Anda tidak akan ragu lagi untuk saling menjalin kerja sama bisnis.

Dukung Job Fair Dengan Teknologi untuk Proses Rekrutmen yang Maksimal

Apa itu job fair adalah salah satu cara mencari kandidat yang sesuai dengan keinginan perusahaan. Kami punya beberapa rekomendasi persiapan yang perlu Anda lakukan dalam acara ini.

Selain melalui job fair, memanfaatkan teknologi adalah solusi yang baik dalam proses rekrutmen. Dengan adanya Artificial Inteligence (AI) dapat membantu Anda mewujudkan proses #RekrutLebihCepat.

Anda dapat menggunakan platform bernama Aikrut. Dengan menggunakannya, Anda akan mendapatkan kandidat yang sesuai dengan screening CV dan membaca kepribadian lewat beberapa cara.

Aikrut bekerja dengan memberikan beberapa fitur pengenalan gerak panca indera yang terintergrasi dengan Artificial Intelligence (AI). Selain itu, Aikut juga menawarkan beberapa jenis tes yang tidak dimiliki oleh platform sejenis. Beberapa contoh tes yang kami miliki adalah tes entrepreneur, Fisiognomi, dan tes gaya kerja. 

Semakin banyak jenis asesmen, semakin selektif hasil yang Anda dapatkan. Oleh karena itu, Anda akan mendapatkan kandidat yang sesuai dengan perusahaan inginkan.

Coba Aikrut sekarang!

Tentang Penulis

Ella Dyan Septianing Tyas