alasan kenapa resign | aikrut

8 Alasan Kenapa Resign yang Diterima Oleh Perusahaan

Penulis: Alifenda Irodatu Juniorusis

Editor: Ella Dyan Septianing Tyas

alasan kenapa resign | aikrut

Berganti pekerjaan adalah hal biasa dalam perjalanan karir seseorang Mungkin hal itu tengah Anda hadapi saat ini. Jika Anda ingin keluar dari perusahaan, ketahuilah alasan kenapa resign yang masih diterima oleh perusahaan.

Beberapa perusahaan mungkin memiliki kerumitan saat mengetahui karyawannya ingin resign. Oleh karena itu, sampaikanlah alasan pengunduran diri yang masuk akal kepada HRD.

Lalu apa sajakah alasannya? Berikut informasi selengkapnya.

1. Cari Pengalaman Baru untuk Berkembang 

Ini adalah alasan kenapa resign yang kerap disampaikan oleh karyawan. Meskipun terdengar sudah awam, namun perusahaan pasti membutuhkan alasan yang lebih rinci lagi.

Jika perusahaan meminta penjelasan, ada baiknya untuk jujur kepada HRD. Mungkin bekerja di sana adalah sesuatu yang membosankan karena monoton. Atas dasar itulah, Anda memutuskan untuk pengalaman lain yang berbeda dengan perusahaan sebelumnya.

Alasan tersebut seharusnya bisa menjadi evaluasi perusahaan terhadap kinerja masing-masing karyawan. Di sisi lain, alasan ini dapat menjadi masukan yang baik bagi perusahaan untuk melakukan analisa keseluruhan tiap karyawannya.

2. Mengejar Karir untuk Alasan Kenapa Resign

Bagi Anda yang bekerja di perusahaan skala kecil, alasan ini asih bisa menjadi bahan pertimbangan HRD. Rekan Aikruters pasti tahu bahwa perusahaan startup sulit untuk mengembangkan karir karyawannya.

Dengan alasan ini, perusahaan Anda mungkin tidak akan banyak membantah. Hal itu karena berkaitan dengan keadaan finansial yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan perusahaan skala besar.

Namun tidak mudah mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang besar. Untuk itu, Anda perlu skill set yang baik agar HRD menilai Anda sebagai calon karyawan yang tepat.

Saat ini proses rekrutmen sudah menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI). Penggunaan tersebut membantu perusahaan mendapatkan karyawan yang presisi dengan analisa gerak tubuh calon karyawan secara spontan. Itulah keunggulan yang dimiliki oleh Aikrut.

3. Ingin Berpenghasilan Lebih

Tujuan bekerja adalah untuk mendapatkan penghasilan. Namun tiap pekerja memiliki penghasilan yang berbeda karena beberapa alasan. Ada beberapa pekerja yang belum puas dengan gaji yang dimilikinya.

Alasan kenapa resign inilah yang kerap digunakan bagi orang yang ingin career switch menjadi Pebisnis. Hal itu karena Pebisnis memiliki keunggulan tersendiri daripada menjadi karyawan.

Baca Juga:

Namun, HRD mungkin dapat memandang Anda sebagai orang yang materialistis. Oleh karena itu kombinasikanlah alasan lainnya yang masih berkaitan dengan situasi Anda. Hal itu berguna untuk meminimalisir pemikiran negatif terhadap diri Anda.

4. Tertarik Dengan Bidang Pekerjaan yang Lain

Ketertarikan seseorang terhadap sesuatu dapat berubah seiring waktu karena kebosanan. Karyawan akan rawan merasa bosan karena beberapa hal. Untuk itu, berpindah bekerja di bidang lain dapat terpikirkan olehnya.

Alasan kenapa resign ini mungkin masih dipertanyakan oleh HRD. Namun jika Anda memiliki pembuktian sertifikasi bidang tertentu, HRD akan “merelakan” Anda untuk mengundurkan diri.

5. Alasan Kenapa Resign Karena Perpindahan Posisi

Perubahan posisi adalah wewenang dari perusahaan. Namun tak selamanya hal itu mendapatkan respon positif dari seluruh karyawan. Oleh karena itu, alasan kenapa resign akan kuat bagi karyawan yang tidak menginginkannya.

Baginya, perubahan posisi ini akan menyulitkannya dalam bekerja. Tidak memiliki bakat pada posisi yang baru adalah alasan yang kerap disampaikan oleh karyawan yang ingin resign.

Meskipun demikian, beberapa perusahaan harus menggunakan pilihan itu. Sumber daya manusia yang sedikit membuat perusahaan terpaksa melakukan hal ini.

Agar perusahaan tak kehilangan karyawan yang semakin banyak, ada baiknya untuk mengadakan pelatihan. Cara ini berguna untuk meningkatkan dan menambahkan pengetahuan tiap karyawan. Harapannya, karyawan akan siap jika suatu saat perusahaan akan memindahkannya pada posisi tertentu.

6. Fokus pada Pendidikan

Bagi sebagian orang, pendidikan yang tinggi adalah hal yang penting. Mereka beranggapan bahwa pendidikan tinggi sejalan dengan pekerjaan yang akan dia dapatkan. Jika demikian HRD tidak berhak membatasi pilihan karyawannya.

Namun beberapa perusahaan tidak menghiraukan alasan ini. Dalam kasus tertentu, perusahaan bahkan berani untuk menaikkan jabatan karyawan tersebut demi bertahan di perusahaannya.

7. Masalah keluarga

Masalah ini dapat menjadi beban bagi pribadi yang terlibat. HRD membutuhkan kejelasan terhadap alasan kenapa resign ini.

Terbukalah kepada HRD atas masalah yang terjadi. Meskipun ini personal namun diharapkan keterbukaan ini dapat menghasilkan negosiasi yang baik antara karyawan dan perusahaan

8. Mencari Kantor yang Lebih Dekat dari Rumah 

Jarak kantor yang jauh membuat karyawan mudah merasa letih. Apalagi kantor tidak memberikan tunjangan transportasi yang membuat Anda berpikir dua kali untuk menempuh perjalanan yang jauh.

Selain itu jarak yang jauh lebih rawan mendapatkan beberapa hal yang tidak terduga. Atas alasan keselamatan, kesehatan hingga jam kerja, alasan ini bisa Anda gunakan saat mengundurkan diri.

Sebelum Mengetahui Alasan Kenapa Resign, Ketahui Kepribadiannya Terlebih Dahulu

Jangan terburu-buru untuk menyetujui pengunduran diri karyawan. Cobalah untuk mengetahui kepribadian tiap karyawan. Cara ini berguna untuk bahan evaluasi perusahaan terkait kinerja karyawannya.

Berbekal teknologi Artificial Intelligence (AI), Aikrut membantu Anda mengetahuinya. Kami menyediakan berbagai asesmen untuk mengetahuinya.

Gunakanlah Aikrut sekarang juga!

Tentang Penulis

Admin Aikrut

1 Komentar

  1. […] 8 Alasan Kenapa Resign yang Diterima Oleh Perusahaan […]

Komentar ditutup.